alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Diajak Berantas Terorisme, Komnas HAM: Dalam Kapasitas Apa TNI Ajak Kami?
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4eb28b82d4950b2c2a9df8/diajak-berantas-terorisme-komnas-ham-dalam-kapasitas-apa-tni-ajak-kami

Diajak Berantas Terorisme, Komnas HAM: Dalam Kapasitas Apa TNI Ajak Kami?

Medanbisnisdaily.com-Jakarta. TNI mengajak Komnas HAM untuk bersama-sama dalam penanggulangan teroris. Namun, menurut Komnas HAM TNI tidak memiliki kepentingan dalam mengajak Komnas HAM karena penanggulangan terorisme itu masuk pada ranah pidana.

"Kalau mau ajak Komnas, dalam kapasitas apa TNI ajak Komnas? Ya karena Komnas berprinsip dalam negara hukum, kita harus jelas siapa yang bertugas melakukan penegakan hukum, siapa yang urusan penegakan hukum," Wakil Ketua Bidang Eksternal Komnas HAM Sandrayati Moniaga saat dihubungi, Jumat (9/8/2019) malam.

Sandra menjelaskan alasan Komnas HAM meminta presiden tidak menandatangani draf Perpres agar TNI tidak dilibatkan dalam penanganan terorisme. Alasannya, itu masuk ke ranah pidana khusus, di mana ranah pidana itu ditangani oleh kepolisian.

TNI, kata Sandra, punya tugas tersendiri dalam undang-undang. Dia mengatakan tugas TNI adalah menjaga keamanan negara, bukan dalam penegakan hukum.

"Jadi alasan Komnas menolak itu kan karena kita konsisten dengan konstitusi, bahwa di negara, di mana supremasi hukum menjadi basis, artinya kita harus konsisten urusan pidana itu adalah urusan polisi," katanya.

"TNI itu datang kalau benar-benar diminta oleh polisi. Kan gini dugaan terorisme kan harus dibuktikan, prinsip asas praduga tak bersalah harus ada, nah di dalam konteks ini, TNI kan nggak ada itu. TNI kan berdasarkan undang-undang mereka sendiri tanggung jawabnya ada di menjaga keamanan negara kan. Jadi bukan untuk penegakan hukum," lanjutnya.

Dia juga menyebut Komnas HAM turut mengawasi penegakan hukum yang dilakukan oleh Kepolisian. Menurutnya, yang lebih tepat mengajak Komnas HAM ikut serta dalam pemberantasan terorisme adalah Polri.

"Soal HAM di dalam konteks penegakan hukum itu kan tanggung jawab polisi, kami polisi pun kami awasi terus kan, kalau TNI urusan teroris dalam kapasitas apa?, jadi kalau mau, dia tidak yang bisa mengajak komnas, (yang pantas mengajak) itu adalah Polri untuk memberantas terorisme. Kalau polisi sudah sampai meminta keterlibatan dari TNI, baru TNI bisa mengajak semua pihak. Dan komnas diajak atau tidak diajak, ya pasti harus ikut mengawasi," tegasnya.

Seperti diketahui, Komnas HAM bersurat kepada Presiden Jokowi untuk tidak menandatangani draf perpres TNI agar tidak dilibatkan dalam penanganan terorisme. TNI, melalui Kapuspen TNI Mayjen TNI Sisriadi menjelaskan dengan Perpres itu, TNI yang secara struktural memiliki kemampuan penanggulangan terorisme, dapat dikerahkan secara legal oleh pemerintah dengan batas-batas hukum positif yang berlaku dalam sistem penanggulangan terorisme.

Sisriadi kemudian mengajak Komnas HAM untuk ikut dalam penanggulangan terorisme.

"Tentu akan lebih baik manakala Komnas HAM sebagai bagian dari bangsa Indonesia dapat berkiprah lebih banyak dalam penanggulangan terorisme, seiring dengan perannya dalam menjamin dihormatinya hak asasi manusia," ucap Sisriadi saat dihubungi, Kamis (8/8/2019).

"Tunjukkan mana yang jadi potensi pelanggaran HAM. Bagaimana langkah penanganan terorisme yang berdasarkan HAM. Kita tidak antipati pada HAM, kita malah hormati HAM. Zaman Pak Munir, kita sering diberi pelajaran soal HAM dari Pak Munir. Komnas HAM semestinya menunjukkan kepada kita bagaimana memasukkan HAM dalam klausul operasi. Bukan malah memikirkan hak asasi teroris," tambah Sisriadi.(dtc)

http://www.medanbisnisdaily.com/m/ne...tni_ajak_kami/

Hak Asasi Teroris (HAT) emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imba.ruiner dan 3 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Ngajak berantas terorisme tapi itu si blasteran simpatisan isis gak dipecat, kan ironi! emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Balasan post youdoyouknow
Quote:


Bener juga ente, ironi dan aneh emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
Susah.

Mereka manusia. Teroris masih manusia.
Tapi mereka kan berupaya melukai manusia lainnya.

Ane percaya akan kebaikan manusia, tapi kalau begini, apa perlu Bom Solo terulang lagi dan Jokowi marah dan keluarkan Perpres untuk ijinkan penghabisan teroris?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan 2 lainnya memberi reputasi
krn u yg paling bawel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
Balasan post youdoyouknow
TNI bisa ga dipercaya rakyat lagi kalau gini. Apalagi kaum radikal terkenal suka menjilat-jilat TNI setinggi langit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 4 lainnya memberi reputasi
Persoalan terorisme bukan semata urusan TNI/Polri, akan tetapi tanggungjawab dan kepentingan bersama.
profile-picture
ekaputra19 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Diajak Berantas Terorisme, Komnas HAM: Dalam Kapasitas Apa TNI Ajak Kami?
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kapasitasnya ya biar komnas ham bisa bedakan lah mana yang harus dibela atau tidak hak asasi nye. emoticon-Cape d...

Kita semua juga tau masing2 manusia punya hak asasi sebagai manusia. Tapi harus liat dulu lah kriminal dalam aspek apa. Kalau jatuhnya udah terrorist atau yang mengancam negara. Gak perlu iming-iming hak asasi. Sikat aje

bata only
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kontholl dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh red.putation
hmmmmmm...
ya sudah kalau gitu
Balasan post youdoyouknow
Quote:


ngajak berantas terorisme, tp kemaren ada pejabat negara yg nemuin taliban dan duduk semeja....
super ironi
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MafTrack dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post sweetjulia
Quote:


Mantul kakak. emoticon-Leh Uga
profile-picture
youdoyouknow memberi reputasi
Mungkin gak pengen diajak takut dilema
Wkwkwk ngapain juga sih ngajak komnashamburger...bangsad semua tuh komnas ham babi keparat...hoaaakkk cuih
profile-picture
MafTrack memberi reputasi
kan cuma latian doank,

bawel amat
Diubah oleh kojojotojo
Quote:


ironinya di mana yaah, emang dilarang apa, ketemuan ama taliban?

emoticon-Bingung

lagian pejabat yg ente maksud satu satunya pejabat yg bukan dari kalangan militer, yg berani masuk wilayah konflik dan bersinggungan dgn pemberontak
Lihat 1 balasan
jiahahaha, takut kena bedil

emoticon-Cool
Quote:



Lah,,bukannya klo dh kaitannya ama terorisme itu berhubungan ama keamanan negara ya emoticon-Bingung
Balasan post youdoyouknow
Quote:


Sssst.

Ga usah diungkit lagi.

Nanti dibilang luh iri dan gagal masuk TNI.

profile-picture
profile-picture
entecavir dan youdoyouknow memberi reputasi
Ini ibarat lsm lingkungan hidup
Setiap ada pembangunan di atas lahan yg menyebabkan ada tanaman mati dia protes
basa basi ajah biar kelen mulut nya gak ngobos ajah
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di