alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PSI: Jangan Agamakan Pancasila dan Jangan Negarakan Syariah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4ea6f882d4957ee32de34e/psi-jangan-agamakan-pancasila-dan-jangan-negarakan-syariah

PSI: Jangan Agamakan Pancasila dan Jangan Negarakan Syariah

Beritacenter.COM – Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mohamad Guntur Romli menyinggung seruan hasil Ijtima Ulama 4 yang menginginkan NKRI bersyariah berdasarkan ideologi Pancasila. Menurut Gun Romli, sapaannya, gagasan tersebut tak ayal hanyalah kedok palsu demi menegakkan sistem khilafah di Tanah Air.

Ia memandang, Ijtima Ulama 4 melahirkan propaganda palsu yang disebar oleh koalisi Front Pembela Islam (FPI) dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

“NKRI Syariah Berlandasakan Pancasila’ adalah propaganda palsu & bodoh, tujuan mereka kan tetap tegaknya Khilafah, propaganda palsu ini berasal dari koalisi FPI & Hizbut Tahrir. Menyebut NKRI & Pancasila cuma kedok saja,” cuitnya dalam akun Twitter @GunRomli, Selasa, 6 Agustus 2019.

Pria berusia 41 tahun ini menilai, antara ideologi Pancasila dengan Syariah tidak bisa disatukan. Sebab, Negara Kesatuan Republik Indonesia terlahir dari kesepakatan yang tertuang dalam lima poin Pancasila, yang berkonstitusi pada Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 45).

Gun Romli tidak sejalan dengan konsep NKRI syariah berdasarkan Pancasila yang dihembuskan dalam hasil Ijtima Ulama 4 yang berlangsung Senin, 5 Agustus di Hotel Lorin, Bogor, Jawa Barat.

Menurutnya, syariah berdasar dari Al Quran, Sunnah, Ijma’, dan Qiyas. “Gak usah seret-seret syariah yang hanya sebagai kedok politik,” ujarnya.

Ia menegaskan, prinsip bernegara di Indonesia adalah menjalankan dan mematuhi segala ketentuan yang terangkum dalam Pancasila, UUD 45, dan yang tidak kalah pentingnya adalah merawat Bhinneka Tunggal Ika.

“Gak usah seret-seret syariah yang hanya sebagai kedok politik, nah dalam berislam, ya tetap syariah, landasannya: Quran, Sunnah, Ijma’, Qiyas,” ujarnya.

Jadi, kata Gun Romli, jangan agamakan Pancasila dan jangan negarakan syariah. Sebab, keduanya memiliki koridor terpisah.

“Jangan dicampur aduk meski saling berhubungan,” kata dia.

https://mv.beritacenter.com/news-222...n-syariah.html
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan bajier memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
terbuka
Jangan Agamakan pancasila ?????
Jangan Negarakan Syariah ?????

Jadi selama ini kalian berketuhanan dengan siapa ?
Jadi selama ini kalian beribadah tujuannya apa ?

Kalo emang Phobia dengan Islam bilang aja terus terang

Pantesan aja Par tai kalian itu sepi

Banyak orang-orang munafik rupanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Balasan post lupa.nama.
Quote:


fan boy kilafah ini kelojotan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
holejohn dan 5 lainnya memberi reputasi
Balasan post lupa.nama.
Quote:


PSI: Jangan Agamakan Pancasila dan Jangan Negarakan Syariah
profile-picture
profile-picture
adrianfuzagame dan ustad.syam memberi reputasi
Quote:




Sebenernya gak kelonjotan gan, cuman memang merawat ideologi pancasila butuh semangat, pancasila pun mengandung kontradiksi, poin 1 mengajarkan konsep ketuhanan, setiap agama mengajarkan hal yg berbeda beda, ya mungkin islam mengajarkan konsep syariah dan ingin di praktikan
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan lupa.nama. memberi reputasi
Quote:


1. Dengan tuhan , tuhan yang hanya 1 tapi orang bijak menyebutnya dengan berbagai nama , dan disembah dengan cara berbeda

2. Untuk biar keluarga selalu diberikan keselamatan dan sehat jasmani rohani , damai selalu , kuat menghadapi segala cobaan hidup

Ya betul gan , pancasila bukan agama .

Syariah is fine , tuh ada bank syariah , lombok dengan wisata syariah

Tapi untuk negara , tentu kurang pas klo situasinya majemuk

Yang penting semua bisa bebas beribadah dng damai

Sudahlah cukup itu semua

Kembalikan agama fungsinya sebagai hub.personal antara manusia dan tuhan

emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
hantumasam dan lupa.nama. memberi reputasi
Balasan post lupa.nama.
Meweknya kenceng amat , pegangan yg erat tuh, ntar terguncang bahaya.
Balasan post ustad.syam
Quote:


Par tai
Par tai
Par tai
Par taikkk
Itu efpei udah mulai di hatei kan , kapan dipekaikan sekalian ? tanggung amat dah. emoticon-Hammer2
profile-picture
bajier memberi reputasi
Sebenarnya agak kurang tepat sih statement mereka. Poin satu sudah cukup, dan memang seharusnya negeri ini sudah cukup syariah untuk umat muslim. Nggak perlu diSuriahkan lagi.

Spirit dari mereka benar: bahaya laten HTI
profile-picture
hantumasam memberi reputasi
Bikin agama baru dong namanya pancasila? emoticon-Hammer2

Syariah sebenernya ga masalah, yang jadi masalah caranya.
Quote:


isinye apa tuh
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
terserah orang dong namanya demokrasi jangan memaksakan kehendak cuk
profile-picture
ntapzzz memberi reputasi
Quote:


tetep aja ya gan ada yg ngotot ganti sistem negara ini berlandaskan islam. kan EGOIS namanya. pancasila udah adil itu.
profile-picture
bajier memberi reputasi
Quote:


Jangan bandingkan Al Quran dengan Pancasila... Karena tidak apple to apple.. tidak ada kontradiksi di keduanya, bedakan hidup beragama dan bernegara... Jalankan keduanya tanpa menyinggung yang lain... Tunduk terhadap perintah Tuhan, dan Tunduk terhadap Konstitusi adalah hal yang berbeda, tapi keduanya harus dilakukan bersamaan.. mudah2an paham maksud ane...
profile-picture
profile-picture
dariusss dan ogeess memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tolak bahaya ajaran gurun

Perang sipil mengancam nkri


Quote:


Biasa kelakuan wahabi brengsek plus ormas islam transnasional yang baru dateng di tahun 80an tapi songong nya luar biasa !! Mereka sering Koar koar “ indonesia merdeka berkat ulama” !!

Ya memang ulama berperan dalam kemerdekaan indonesia tapi ulama muhammadiyah dan nu yang kalian bilang sesat yang memperjuangkan kemerdekaan !! Bukan ulama sejenis rijik, feliz siaw atau abu bakar baasyir !!
Buat kalian orang kafir dan umat muslim

Tinggal kalian pilih saja sistem pemerintahan mana yang terbaik

Sistem pemerintahan Demokrasi berlandaskan dari UUD1945 dan KUHP (peninggalan penjajah)

Atau

Sistem pemerintahan Khilafah berlandaskan dari Al-Qur'an dan Hadist

Tinggal kalian sendiri saja yg menentukan
Lihat 6 balasan
Balasan post lupa.nama.
Menarik kayaknya nih gan,
Coba dijelaskan sedikit apa beda keduanya
Misal cara milih presidennya gimana
tau apa kauuu... sudah sana kelonan saja
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di