alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
6 Misteri Besar Seputar Alam Semesta Ini Bikin Kamu Tercengang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4e86a848c38d08d80f1275/6-misteri-besar-seputar-alam-semesta-ini-bikin-kamu-tercengang

6 Misteri Besar Seputar Alam Semesta Ini Bikin Kamu Tercengang

6 Misteri Besar Seputar Alam Semesta Ini Bikin Kamu Tercengang

Alam semesta begitu luas sehingga sangat sulit untuk mengetahui sepenuhnya tentang kompleksitas alam semesta. Hingga saat ini, apa yang telah diketahui manusia mengenai alam semesta dipercaya hanya sebagian kecil saja.

Kendati demikian, apa pun informasi yang didapat dari mempelajari alam semesta mampu membuat semua orang takjub.

Berikut ini ada beberapa hal menarik seputar alam semesta yang kemungkinan besar belum kamu ketahui. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.


1. Alam semesta terus mengembang menjadi lebih besar
6 Misteri Besar Seputar Alam Semesta Ini Bikin Kamu Tercengang
Pada 1920an, astronom Edwin Hubble membuat penemuan revolusioner bahwa alam semesta tidak statis, melainkan terus berkembang. Tapi, gravitasi dari materi di alam semesta dapat memperlambat ekspansi ini atau bahkan menyebabkannya berkontraksi.

Pada tahun 1998, Hubble Space Telescope mempelajari supernova yang sangat jauh dan menemukan bahwa, dahulu kala alam semesta mengembang lebih lambat daripada sekarang. Penemuan ini menunjukkan bahwa terdapat gaya yang tidak dapat dijelaskan, yang disebut energi gelap, mendorong percepatan ekspansi alam semesta.

Energi gelap dianggap sebagai kekuatan aneh yang menarik alam semesta dengan kecepatan yang terus meningkat dan menjadi salah satu misteri terbesar dalam sains yang sulit dipahami oleh para ilmuwan.


2. Sebagian besar alam semesta terdiri atas materi yang tidak terlihat
6 Misteri Besar Seputar Alam Semesta Ini Bikin Kamu Tercengang
Alam semesta terdiri dari banyak materi yang tidak dapat dilihat. Faktanya, bintang-bintang, planet-planet, dan galaksi-galaksi yang dapat dideteksi hanya membentuk 4 persen dari alam semesta, demikian menurut para astronom. Sedangkan 96 persen sisanya terdiri dari zat yang tidak bisa dilihat.

Zat-zat yang disebut energi gelap dan materi gelap ini belum terdeteksi, tetapi para astronom mendasarkan keberadaan mereka pada pengaruh gravitasi yang diberikan keduanya pada materi normal, yakni bagian-bagian dari alam semesta yang dapat dilihat.


3. Terdapat kemungkinan bahwa alam semesta tidak hanya ada 1, atau disebut juga multiverse
6 Misteri Besar Seputar Alam Semesta Ini Bikin Kamu Tercengang
Gagasan bahwa kita hidup dalam multiverse, di mana alam semesta kita adalah satu dari beberapa alam semesta, berasal dari teori yang disebut inflasi abadi.

Teori ini menunjukkan bahwa tak lama setelah peristiwa Big Bang, kontinum ruang-waktu meluas dengan kecepatan yang berbeda di tempat yang berbeda.

Konsep ini sebenarnya kontroversial dan murni masih sebuah hipotetis sampai penelitian terbaru bisa membuktikan secara fisik dari teori multiverse di latar belakang gelombang mikro kosmik, yang merupakan peninggalan dari Big Bang yang meliputi alam semesta kita.


4. Langit yang kita lihat di malam hari sejatinya adalah keadaan langit di masa lalu
6 Misteri Besar Seputar Alam Semesta Ini Bikin Kamu Tercengang
Bintang-bintang yang kita lihat di langit malam berada dalam jarak yang sangat jauh dari Bumi, dan cahaya bintang tersebut membutuhkan waktu lama untuk melintasi ruang angkasa untuk mencapai mata kita.

Ini berarti setiap kali kita menatap bintang-bintang di langit malam, yang kita lihat adalah penampakan bintang-bintang di masa lalu. Sebagai contoh, bintang terang Vega yang relatif dekat dengan Bumi memiliki jarak 25 tahun cahaya, sehingga cahaya yang kita lihat adalah penampakan bintang tersebut 25 tahun yang lalu.


5. Objek paling kompleks di seluruh alam semesta adalah otak manusia
6 Misteri Besar Seputar Alam Semesta Ini Bikin Kamu Tercengang
Dari seluruh objek di alam semesta, otak manusia merupakan objek yang paling kompleks dengan seratus miliar neuron, dan sampai saat ini kita hanya tahu sedikit sekali tentang otak manusia. Hal inilah yang membuat manusia mampu membentuk bahasa dan budaya, kesadaran, gagasan, kemampuan untuk belajar, serta memahami alam semesta.


6. Hampir semua materi yang ada di Bumi berasal dari debu Bintang
6 Misteri Besar Seputar Alam Semesta Ini Bikin Kamu Tercengang
Kenyataannya, hampir setiap elemen yang ada di Bumi tercipta dalam inti bintang yang terbakar, semua hal yang membentuk kehidupan di Bumi, oleh karena itu tubuh kita terbuat dari debu bintang atau stardust. NASA telah mempelajari stardust secara luas, dan penelitian tentang stardust ini telah banyak dipublikasikan di situs web resmi NASA.

Menurut Carl Sagan, seorang astronom asal Amerika mengatakan, “Nitrogen dalam DNA kita, kalsium di gigi kita, zat besi dalam darah kita, karbon di dalam pai apel kita dibuat di dalam interior bintang-bintang yang runtuh. Kita semua terbuat dari bahan bintang."

Itulah 6 hal menakjubkan dari alam semesta kita. Apakah ada hal lain yang sudah kamu ketahui?


Sumber : https://www.idntimes.com/science/dis...mpaign=network

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di