alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / ... / Pilih Capres & Caleg /
Kenaikan Harga Komoditas Masih Wajar menjelang Idul Adha
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4e7e00e83c726eb107bf1d/kenaikan-harga-komoditas-masih-wajar-menjelang-idul-adha

Kenaikan Harga Komoditas Masih Wajar menjelang Idul Adha

Kenaikan Harga Komoditas Masih Wajar menjelang Idul Adha
Menjelang Hari Raya Idul Adha 2019 sejumlah kebutuhan bahan pokok di pasar mulai mengalami kenaikan harga. Namun kenaikan itu masih dalam taraf wajar dan merupakan faktor alam.

Salah satu komoditas yang meningkat harganya adalah cabai merah dan rawit. Kenaikan harga cabai merah dan cabai rawit ini diduga akibat pasokan berkurang karena musim kemarau.

Sementara untuk daging sapi dijual dengan harga Rp120.000, daging ayam potong dijual dengan harga Rp37.000 harga ini terbilang masih normal.

Meski beberapa komoditas naik harganya karena faktor alam, namun pemerintah pusat dan daerah tetap berupaya mengendalikan harga dengan melakukan pengecekan di pasar dan bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk menekan harga bahan pokok.

Kenaikan harga bahan pokok adalah hal rutin yang terjadi setiap menjelang hari besar keagamaan karena berbagai faktor seperti cuaca yang mempengaruhi produksi, kenaikan permintaan konsumen, kendala distribusi dari petani ke pedagang.

Untuk itu, masyarakat tidak perlu cemas menghadapi kenaikan harga sebab harga akan turun seiring dengan berlalunya Idul Adha. Toh, inflasi pada bulan Agustus ini diprediksi masih kecil, yakni sekitar 0,12 persen.

Oleh karena itu, kenaikan harga di Idul Adha tidak perlu mengeneralisasikan kinerja Pemerintah dalam mengendalikan harga bahan pangan. Sebab kenaikan harga juga disebabkan oleh banyak faktor, seperti alam, perilaku masyarakat dan pedagang.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di