alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Games / Games /
Mengenang GameShark, Idola Bagi Gamer Jaman Dulu
5 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4e746bb840884329469f53/mengenang-gameshark-idola-bagi-gamer-jaman-dulu

Mengenang GameShark, Idola Bagi Gamer Jaman Dulu

Mengenang GameShark, Idola Bagi Gamer Jaman Dulu
Kembali ane akan membahas thread tentang game. Industri video game saat ini semakin dinamis dengan terus bermunculan game online yang kompetitif terutama pada platform mobile. Bisa dibilang perkembangan game online di Indonesia sudah mencapai babak baru dengan semakin dikenalnya esport. Dunia gaming sekarang tentu berbeda dengan apa yang terjadi dengan sekitar lima belas tahun yang lalu di mana platform konsol rumahan masih berjaya, dalam hal ini konsol generasi kelima dan keenam (Playstasion dan Playstasion). Pada waktu itu dunia gaming memang sangat seru dan di Indonesia masih mengalami kejayaan rental PS. Nah, salah satu yang mewarnai dunia video game di era tersebut adalah munculnya "Gameshark".

Apa itu Gameshark? Gameshark adalah produk cartridge dan CD game yang berguna untuk cheat alias curang dalam suatu video game. Gameshark memungkinkan penggunanya untuk "merusak" sistem yang ada dalam permainan sehingga bisa membuka sesuatu yang terkunci dalam game ataupun mengubah nilai tertentu dalam game itu sendiri. Contohnya kita bisa menjadikan nyawa atau uang dalam game menjadi unlimited. Mengenang GameShark, Idola Bagi Gamer Jaman Dulu

Gameshark dikembangkan dan dirilis oleh Mad Catz Global Limited untuk berbagai platform antara lain untuk Playstasion, Playstation 2, Nintendo 64, Game Cube, dan Sega Saturn, Xbox, Dream Cast, dan konsol portable seperti Game Boy Advance. Namun, gamer di Indonesia lebih mengenal Gameshark sebagai cheat untuk PS1 dan PS2. Gameshark sangat terkenal di era 2000an awal dan seakan menjadi dewa penolong bagi gamer yang kesulitan menamatkan sebuah judul video game. Mengenang GameShark, Idola Bagi Gamer Jaman Dulu
Mengenang GameShark, Idola Bagi Gamer Jaman Dulu

Game-game yang paling sering menggunakan gameshark adalah game petualangan, meski game balapan juga banyak menggunakan Gameshark. Misalnya Gran Turismo, Gameshark akan berguna untuk membuka semua lisensi, mendapatkan uang tak terbatas, dan membuka track yang sebelumnya dikunci. Pun demikian dengan game Crash Team Racing (CTR), Gameshark akan membuka semua karakter spesial tanpa harus bersusah payah menamatkan mode adventure.
Mengenang GameShark, Idola Bagi Gamer Jaman Dulu

Apakah cheat menggunakan Gameshark pada saat itu adalah tindakan salah? Tentu saja tidak, karena pada saat itu game masih bersifat offline dan tidak ada pihak yang dirugikan. Pada saat itu game juga belum ada microtransaction dan DLC, jadi developer pun tidak dirugikan karena produknya sudah dibeli sepenuhnya oleh konsumen (kecuali kalau memang membeli game bajakan emoticon-Ngakak)
Mengenang GameShark, Idola Bagi Gamer Jaman Dulu

Gameshark mempunyai ribuan kode cheat untuk ribuan judul game, terkadang akan terjadi error jika si pemain memasukan terlalu banyak kode cheat. Di PS1 cara menggunakan cheat Gameshark adalah dengan cara memutar CD Gameshark pada perangkat Playstasion, memilih judul game, memasukan kode cheat yang akan diaktifkan dan menjalankannya, berikutnya sistem akan meminta si pemain untuk mencopot CD Gameshark di perangkat PS dan menggantinya dengan CD game yang akan dimainkan. Tapi tanpa memencet tombol reset karena sistem akan otomatis akan langsung masuk ke game dan... Cheat dalam game sudah aktif!

Sejak era PS3 (konsol generasi ketujuh) di mana video game sudah banyak yang online serta developer sudah membuat mircotransaction, maka Gameshark sudah tidak ada lagi. Akan tetapi Gameshark tetap bisa digunakan di berbagai emulator konsol game jadul.

Ya, begitulah gan. Dulu dunia gaming masih belum ada microtransaction dan embel-embel DLC. Gameshark pun dulu jadi idola para gamer. Sekarang yang menjadi dewa penolong para gamer adalah uang untuk top up agar bisa membeli item spesial di game emoticon-Ngakak

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nouze23 dan 15 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
Cheat versi jadul emoticon-Leh Uga
profile-picture
youkyemazestha memberi reputasi
Quote:


Betul gan, cheat clasic yg pertama kali ane punya dikala game sudah susah and buntu
emoticon-Ngakak
profile-picture
Vinzarc memberi reputasi
Quote:


Invulnerability

Cheat code : ironcurtain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekoctopus182 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Army Men Air Attack 2
Unlocked chinook :
Segitigaxxkotaksegitigalingkaranatas
Nah klo di jaman ps dulu gw selalu bilangin ke teman2 rental ps "apalah arti semua game2 yg banyak ini tanpa adanya gameshark" 😂
dulu punya kasetnya gameshark, tapi ngga pernah make soalnya nggak tau caranya emoticon-Cape d...
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
Diubah oleh farhanhell
ada gk sih orang yg gk tau cara kerja gameshark kaya gue? pingin ngumpulin orang yg gk pernah make gameshark..

seriusan dulu selalu murni namatin game di ps1, mikir nyari di internet pun gk kepikiran, jaman bocah belum kenal internet, beli majalah kayak hotgame pun gk dibolehin emak

yah..kecuali game yg banyak teka teki kayak resident evil, baru tamat baru baru ini pas udah gede
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Biasanya dibuat di dalam angka hexa desimal. Ane pernah bereksperimen buat rubah2 angkanya. Waktu itu maen persona 2 buat dapetin semua tarot card. Ternyata pake GS all tarot card yg beredar gak semuanya keluar. Karto Fool gak keluar. Akhirnya ane coba ubah beberapa digitnya dengan trial n error hingga dapet.
Lalu ada warship Gunner 2. Buat ngatur kecepatannya. Tinggal rubah 4 digit terakhir dengan mengkonversi dr desimal ke hexa.
profile-picture
profile-picture
greynimation dan nowbitool memberi reputasi
jaman ane bocah

jaman main bola konami orangnya kotak kotak emoticon-Tepar
ngecheat main harvest moon 😁
Bisa tamat maen resident evil 4 hard mode pake ini
emoticon-Shakehand2
profile-picture
fastd memberi reputasi
gimshark emang manteb yg ane sering makeknya main game
front mission 3 us //settingan hp + ap max dan item/parts unlock hrs wajib pasang biar bisa dapet ranting platinum dgn mudah emoticon-Big Grin
senjata gw klw.maen FF sma RE nih dulu,klw CTR mah pkai kode kombinasi,sma kyak Dragon Ball GT,gw smpai dimarahin emak gw gra" main itu stik sebulan ganti
Kaset wajib nih sebelom main hm btn
untung mainnya offline, coba kalo online bisa bangkrut developernya emoticon-Ngakak
Kenapa namanya game shark? emoticon-Bingung
Bukan game fish/game whale? emoticon-Ngakak (S)
Game ps1 ama ps2 sebenarnya byk cheat tersembunyi caranya dgn mengkombinasikan tombol tombol tertentu..biasanya sih saat mode pilihan menu start gitu emoticon-Ngakak hanya aja ga semua cheat bisa aktif..satu satunya cara ya pake GS emoticon-Leh Uga
hiu curang emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Sering lihat gambarnya tapi belun tau permainannya sampai sekarang.
Cheat Engine Djaman Old
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di