alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Terbelit utang Rp18,79 triliun, Duniatex tak PHK karyawan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4e6217b84088688a24d11d/terbelit-utang-rp1879-triliun-duniatex-tak-phk-karyawan

Terbelit utang Rp18,79 triliun, Duniatex tak PHK karyawan

Terbelit utang Rp18,79 triliun, Duniatex tak PHK karyawan
Pameran Indo Intertex, Inatex, Indo Dyechem, Indo Texprint 2019, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/3/2019). Kasus gagal bayar bunga utang Duniatex akhirnya terjawab.
Geger kasus gagal bayar bunga utang sindikasi PT Delta Dunia Sandang Tekstil (DDST) mulai diketahui. Duniatex Group, induk dari DDST akhirnya buka suara terkait masalah keuangan yang menimpa: ketatnya likuiditas dan belitan utang sebesar Rp18,79 triliun.

Direktur AJ Capital Adisory Fransiscus Alip yang ditunjuk sebagai konsultan keuangan Duniatex, Jumat (9/8/2019) menjelaskan, persoalan itu bermula dari kesulitan keuangan DDST membayar bunga senilai US$13,4 juta atas pinjaman sindikasi dari 14 bank senilai total US$260 juta pada 10 Juli lalu.

Duniatex terdiri dari enam perusahaan lini produksi yang terintegrasi. Di lini pemintalan (spinning) ada PT Delta Dunia Tekstil (DDT), PT Delta Merlin Sandang Tekstil (DMST), dan PT Delta Dunia Sandang Tekstil (DDST).

Di lini penenunan ada PT Delta Merlin Dunia Tekstil (DMDT). Sedangkan di tahap pewarnaan akhir (dyeing and finishing) ada PT Dunia Setia Sandang Asli Textile (DSSAT) dan PT Perusahaan Dagang Dan Perindustrian Damai (Damaitex).

Alip memperkirakan, keterlambatan atas pelunasan bunga tersebut dipicu oleh likuiditas DDST yang ketat. Ia menduga, efek perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok, menyebabkan persaingan harga tidak sehat. Margin DDST pun menjadi menipis. “Ini hipotesa sementara, tapi nanti kami akan lihat lagi apa penyebab lainnya setelah perhitungan cash flow selesai,” ujarnya, seperti dikutip dari investor.id.

Selain dua sebab di atas, biaya produksi Duniatex juga yang besar dibandingkan pesaingnya juga jadi penyebab. Kontan menulis, PT Sri Rezeki Isman Tbk (SRIL) alias Sritex, salah satu kompetitor Duniatex, membeli benang lebih murah dari DMDT, Rp35.231 per kilogram. Sedangkan DMDT beli dengan harga Rp37.112 per kilogram.

Sedangkan harga beli benang Sritex senilai Rp 35.231 per kilogram. Harga beli benang DMDT juga cenderung meningkat, pada 2016 senilai Rp 33.922 per kilogram, dan senilai Rp36.451 per kilogram.

Di lain sisi, harga jual kain DMDT sejak 2016 justru terus merosot hingga kuartal 1/2019. “Karena lini produksinya terintegrasi, ketika di ujung (dyeing and finishing) tertekan, di atas (spinning) kena imbasnya,” kata Alip.

Duniatex belum membahas skema restrukturisasi, karena perhitungan belum selesai. Apalagi, kata Alip. aset Duniatex cukup banyak, ada sekitar 25 pabrik tekstil di Jawa Tengah. Masalah yang kini jadi fokus adalah keterlambatan pembayaran bunga senilai US$13,4 juta.

Mereka ingin melakukan negosiasi dengan kreditur atas pinjaman sebesar US$1,3 miliar atau setara Rp18,79 triliun. Utang tersebut tersebar di enam anak usahanya. Yakni, DDST Rp2,922 triliun, DMDT senilai Rp5,711 triliun, DDT sebesar Rp4,676 triliun, DMST sejumlah Rp3,264 triliun, DSSAT mencapai Rp2,128 triliun, dan Damaitex senilai Rp97 miliar.

Duniatex berkomitmen tak akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap sekitar 45 ribu karyawannya. “Sampai sekarang seluruh pabrik kami masih berproduksi dan pekerja masih bekerja seperti biasa, tidak ada pengurangan atau PHK,” kata Manajer Humas Duniatex Group Donalia S Erlina, kepada Kontan.co.id, Jumat (9/8/2019).

Meski demikian, Erlina mengakui karena masalah keuangan tersebut, ada beberapa strategi yang dijalankan berkaitan dengan operasional. Pertama Duniatex Group akan mengurangi kapasitas produksi.

Kedua, Duniatex juga akan mengurangi beberapa benefit terkait lembur yang diterima pekerjanya. “Dengan kondisi tertekan dan kaitannya dengan ekonomi yang belum stabil secara finansial kami memang mesti mengurangi beberapa biaya,” lanjutnya.
Terbelit utang Rp18,79 triliun, Duniatex tak PHK karyawan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...k-phk-karyawan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Terbelit utang Rp18,79 triliun, Duniatex tak PHK karyawan Listrik di London juga bisa mendadak padam

- Terbelit utang Rp18,79 triliun, Duniatex tak PHK karyawan Suap bawang putih diklaim di luar radar Mendag

- Terbelit utang Rp18,79 triliun, Duniatex tak PHK karyawan KPK geledah kediaman mantan Kepala Bappeda Jatim

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di