alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
5 ALAT KOMUNIKASI TRADISIONAL
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4e5b46f4d69535be5fdc0c/5-alat-komunikasi-tradisional

5 ALAT KOMUNIKASI TRADISIONAL

Alat komunikasi adalah semua media yang digunakan untuk menyebarkan atau menyampaikan informasi, baik itu informasi kepada satu orang saja atau kepada banyak orang. Alat komunikasi ini juga bukan hanya menyampaikan informasi saja tetapi juga menghasilkan informasi.

Alat komunikasi sudah ada sejak dulu dan sampai sekarang, namun perbedaan nya adalah jaman dulu tidak lah secanggih sekarang yang bisa langsung mendengar suara, melihat langsung kejadian ataupun informasi apa yang akan di sampaikan. Pada masa lampau alat komunikasi tidak lah begitu hebat, namun karena ada nya alat komunikasi di masa lampau membuat para ilmuan semakin berlomba membuat suatu barang atau suatu alat komunikasi yang lebih bermanfaat dan lebih modern dijaman sekarang ini. Berikut ini beberapa alat komunikasi masa lampau dan masa sekarang

ALAT KOMUNIKASI TRADISIONAL

1. Lonceng, kentongan atau alat yang mengeluarkan suara

Pada zaman dahulu banyak orang yang menggunakan lonceng atau kentongan untuk memberikan informasi kepada khalayak. Sampai sekarang kentongan masih digunakan di daerah untuk membangunkan orang jika ada maling atau membangunkan sahur sedangkan lonceng masih digunakan oleh sekolah atau gereja.
2. Surat

Surat ini dianggap sebagai alat komunikasi yang paling tepat untuk menyampaikan kabar atau informasi. Sampai sekarang surat masih digunakan untuk menyampaikan informasi namun penggunaan surat sebagai media informasi ini sudah mulai banyak ditinggalkan masyarakat karena dianggap tidak efektif.
3. Merpati Pos

Sejak jaman dulu Merpati digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan jarak jauh. Pada masa perang kegunaannya bertambah lebih, apalagi ketika alat komunikasi tidak berfungsi. Maka merpatilah salah satunya yang digunakan untuk menyampaikan pesan pesan militer rahasia.
4. Telegraf

Telegraf adalah alat komunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirimkan dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik. Di dalamnya terdapat kabel-kabel tembaga yang berguna untuk mengirimkan sinyal jarak jauh.
5. Daun lontar

Pada zaman dulu orang sudah menggunakan bahasa tulisan sebagai alat komunikasi. Kegiatan surat- menyurat di Indonesia sudah dimulai sejak masa kerajaan Kutai, Tarumanegara, Pajajaran, Majapahit, Sriwijaya, dan Mataram. Daun lontar dipakai untuk bahan kerajinan dan naskah. Yang lazim digunakan untuk menulis dimasa itu adalah daun lontar.

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
gak ada sumber link aslinya, gak ada foto2 ato gambar2 contohnya, si TS hny setengah hati bikin topik ini ya ??
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
tiang listrik masih bertahan sampe sekarang


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di