alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Health Consultation /
Share donk yg udah pernah cek up ttg talasemia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4e4f238d9b17793e10a7b2/share-donk-yg-udah-pernah-cek-up-ttg-talasemia

Share donk yg udah pernah cek up ttg talasemia

Anak saya perempuan umur 3 tahun
Hb nya naik turun tapi klo keseharian normal spt tdk ada penyakit.... Memang sih kdg suka panas tapi saya rasa wajar di umur segitu
Nah ketika sakit panas anak saya di cek darah dan Hb nya di nyatakan "kurang"
Ampir rutin cek darah Hb nya naik turun
Anak saya periksa di RSUD
Dan di anjurkan periksa cek talasemia gt untuk memastikan penyebab Hb yg naik turun
Pertanyaan... Apakah mesti di cek talasemia? Melihat kondisi anak yg normal spt kebanyakan anak
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


gini aje gan.. klo dokter sudah langsung ngasih saran knp harus tanya lagi ke kaskuser sini ? ikutin aja...
Lihat 1 balasan
Balasan post darkmadman
Klo di tanya knp harus tanya disini??? Kan disini forum... Tdk salah kan klo bertanya di forum
K dokter harus pakai uang dan untuk tes untuk memastikan negatif atw positif saja menghabiskan 1.8 juta
Bukan masalah ttg uang saja
Siapa tau disini ada yg pernah mengalami anak nya "begitu"
Harus di tes talasemia untuk memastikan negatif or positif
Trus ketika negatif bisa alternatif selain "cuci darah"
Hampir tiap bulan
Guna nya forum untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan
Quote:



iya tidak salah.. tp agan kan sudah dapet suggest dri dokter & RS yg menangani langsung utk lanjut pemeriksaan lain.. jd rada aneh klo masih bertanya ke kaskuser apa harus periksa atau tidak.

ane kan kasih respon saja... yg intinya utk urusan kesehatan jgn salah ambil keputusan/ ragu2 apalagi menyangkut anak. lain soal klo pertanyaan awal itu memang cuma mau nanya pengalaman saja..
Lihat 1 balasan
Balasan post darkmadman
Kondisi anak normal
Lain hal jika sakit udah berobat gak sembuh2... Tentu akan ada extra penanganan
Saya rasa kasus talasemia blom banyak yg tau... Termasuk agan
Quote:


Normal dlm penilaian siapa ? apa kita sebagai org awam berdasar penglihatan saja atau dokter yg berdasar pemeriksaan medis..

betul gan.. ane belum tau, tapi balik lg ya sebagai org awam tentu ane bakal ikuti anjuran dokter.. mudahnya begini, klo memang Normal dan tidak ad apa2 ya kan ga mungkin jg di suggest yg lain.
Lihat 1 balasan
Balasan post darkmadman
Ane setuju dgn agan
Tapi kdg dokter jg berlebihan
Udah cek darah blom ketauan(RSUD)
Udah cek ppti negatif
Dokter hanya asumsi ttg Hb yg naik turun agar di cek talasemia di prodeo
Saya katakan asumsi karena blom jelas penyebab Hb yg naik turun
Knp saya blg kdg dokter berlebihan
Contoh nya saya pernah kena DBD
Harus di rawat inap
Saya menolak bahkan sampai bikin surat perjanjian bahwa saya menolak di rawat
Saya pakai metode tradisional
Minum jus jambu merah
Dan minum yg banyak termasuk pocari sweet
Gak sampai 3 hari normal lg
Nah maksud saya bertanya disini kan siapa tau
Ada yg pernah mengalami ttg Hb yg naik turun
Tanpa harus di tes talasemia begitu....
Quote:


prinsip berobat adalah percaya dgn profesional yg menangani.. jika kepercayaan itu minim atau ga ada sama sekali ya sudah ga ad gunanya.

bahwa penegakan suatu diagnosa sebagian memang tidak cukup dgn 1-2 pemeriksaan krn urusan kesehatan ga sesimple org batuk minum obat lgsg sembuh..

apa patokannya dokter berlebihan ? lebih tau dan paham mana antara pasien dan dokter ?

mengenai kasus agan yg kena DBD dan lebih memilih alternative tradisional mungkin itu berlaku krn kondisi tertentu dan ke diri agan sendiri..

tp inget yg skrg sakit adalah jiwa org lain.. yaitu anak sendiri.

terserah ke pilihan lo.. klo gw sih prefer tuntasin screening pemeriksaan medis sampai ada titik temu, ketimbang nyari sesuatu yg belum terukur jg kejelasannya.
Lihat 1 balasan
Balasan post darkmadman
Kata berlebihan sangat jauh dgn arti tdk "percaya"
Kasus anak pertama jd contoh pula knp saya blg dokter kdg berlebihan
Anak pertama mengalami berat badan yg kata bidan(di posyandu) anak saya "gizi buruk"
Lalu saya coba bawa ke puskesmas bahkan RSIA
Segala macam saya jalanin berbagai tes termasuk cek darah dan itu smw negatif
ANAK SAYA NORMAL mengenai berat badan itu hanya faktor keturunan saja

Disini ada forum jd saya sempat kan bertanya sebelum langkah akhir (tes talasemia) jujur saya ini tdk keberatan jika ini langkah akhir termasuk mengurangi kegundahan sang istri...
Quote:


pernah denger namanya "second opinion" ? kasus anak pertama agan itu masuk kategori itu.. tp pembuktiannya melalui jalur medis jg kan yg lo lakuin.. itu lazim terjadi.

knp ? krn banyak penyakit/ kondisi yg mempunyai gejala persis satu sama lain..

back to permasalahan skrg.. gini aja coba tanya ke diri agan diantara 2 pilihan ini ttg kondisi anaknya:

1. Sehat, klo memang yakin ya sudah lanjuti saja hidup normal spt biasa.

2. tidak sehat, maka perlu dilakuin pemeriksaan lebih lanjut agar pasti tegak diagnosa sehingga tau apa langkah selanjutnya.

klo dri gw jelas... lanjut periksa.
atau agan masih mau nunggu kaskuser lain ngasih opini sementara waktu terus berjalan ? up to u..
Lihat 2 balasan
Balasan post darkmadman
Pastinya lanjut periksa untuk di tes talasemia
Sambil nunggu uang lebih karena hanya tes atw memastikan penyebab naik turun... Bukan berobat ya
Kecuali berobat pastinya di segerakan
Dan jg sambil cari info disini ttg yg udah pernah tes talasemia....
Jujur aja saya blom siap jika hasil nya positif
Karena harus rutin spt cuci darah gt
Maka dari itu saya posting disini
Siapa tau ada langkah-langkah yg tradisional atau herbal agar tdk mesti perawatan jalan gt
Ttg smw yg agan ucap saya gak sangkal
Dan emang harus spt yg agan opinikan
Cuma keadaan beda jd tindakan jg "beda"
Balasan post zarfin
Ane jg gak kan tega klo Ampe gak periksa(tes talasemia)
Sang istri bisa gundah gulana terus karena memikirkan penyebab Hb yg naik turun blom ada jawaban secara medis
Cuma karena melihat anak yg normal spt biasa ane tahan2 untuk cek itu sambil nunggu info disini
Thank buat masukan nya
Quote:


klo merasa berat dgn biaya knp ga pake BPJS aja gan ? sedikit banyak membantu lho..

ttg penggunaan herbal sebagai alternatif mungkin bisa saja.. tp baiknya dikonsultasikan jg ya.

herbal memang punya khasiat.. tp studi dan penelitiannya tidak terukur seperti obat2 an medis. mungkin sebagian org manjur tp yg lainnya tidak..

gw pribadi pake herbal lebih utk maintenance kesehatan.. bukan sebagai pengobatan utama.

Quote:


iya gan semoga keluarga agan diberi kesehatan.. 🙏


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di