alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mau Tahu Sinyal Operator Terbaik di Daerah Kalian ? Begini Caranya...
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4e341da72768469062ed9e/mau-tahu-sinyal-operator-terbaik-di-daerah-kalian--begini-caranya

Mau Tahu Sinyal Operator Terbaik di Daerah Kalian ? Begini Caranya...

Assalamualaikum gan/sis emoticon-Salam Kenal



Pasti punya handphone semua kan ? Ya iya lah, hari gini gak pegang gadget, rasanya udah gak bisa ngapa-ngapain emoticon-Wow

Nah, supaya handphone bisa berfungsi, harus terhubung dengan jaringan seluler melalui sinyal operator. Supaya kita bisa pakai layanan seluler semisal panggilan telpon, SMS, atau koneksi internet.
Mau Tahu Sinyal Operator Terbaik di Daerah Kalian ? Begini Caranya...
Masalahnya, kadang sinyal operator enggak bisa menjangkau daerah-daerah tertentu. Akibatnya, agan & aganwati tak bisa menikmati layanan dari operator tadi.
Nah, mungkin agan/aganwati pingin ganti operator yang sinyalnya udah menjangkau daerah tersebut. Kali ini ane mau kasih cara untuk mengetahui sinyal operator terbaik di tempat kalian. Jadi, agan/sista bisa dapat layanan seluler secara maksimal.
Cek sinyal operator langsung lewat HP
Lihat notifikasi baris sinyal

Caranya gampang banget loh, kalian cukup melihat ikon notifikasi sinyal pada layar ponsel. Jika baris sinyal terlihat penuh atau agak penuh, itu tandanya area yang agan tempati sudah dijangkau oleh sinyal operator selular. Layanan seluler seperti telpon, SMS, atau koneksi internet di sana sudah pasti dapat digunakan.
Sebaliknya jika baris sinyal tidak penuh atau bahkan sering hilang, sebaiknya kalian pindah ke area yang lebih terbuka. Misalnya, teras, halaman, lapangan, dan balkon. Setidaknya kalian tidak berada di area yang banyak objek penghalang sinyal seperti tiang, pohon, bangunan tinggi, atau cuaca buruk.
Mau Tahu Sinyal Operator Terbaik di Daerah Kalian ? Begini Caranya...
Cek kekuatan sinyal pada status ponsel
Cara mengecek sinyal operator berikutnya dapat dilakukan dengan melihat status handphone atau smartphone kalian. Cara ini mungkin terdengar agak teknis. Status pada beberapa ponsel juga memuat keadaan sinyal jaringan yang digunakan oleh ponsel tersebut termasuk kekuatan sinyal operator.
Spoiler for Masuk ke Status Handphone:


Kekuatan sinyal operator dalam status ponsel biasanya ditunjukkan melalui nilai angka tertentu dengan satuan dBm (Desibel-miliwatt). Nilai angka ini tentu berbeda-beda, tergantung jenis jaringan, standar pengukuran sinyal, atau ponsel yang digunakan. 
Biasanya, sinyal operator direpresentasikan dengan nilai berkisar -70 dBm sampai -100 dBm untuk semua jenis jaringan (2G/3G/4G). Makin kecil nilainya, makin bagus sinyal yang ditangkap. Sebaliknya, semakin besar nilainya, semakin jelek sinyal yang tersedia.
Jika menggunakan dua operator seluler (dual SIM), kalian juga dapat membandingkan sinyal kedua operator tersebut dalam satu area yang sama.

Gunakan opsi Pilih Jaringan
Pada semua handphone dan smartphone, pasti punya menu pilih jaringan. Menu ini juga dapat kalian gunakan untuk mengecek sinyal semua operator seluler.
Spoiler for Cara pilih jaringan seluler:


Begitu kalian membuka opsi pilih operator, ponsel akan otomatis mencari operator seluler yang sinyalnya ditangkap oleh ponsel tersebut. Ponsel akan menampilkan daftar operator seluler yang sudah menjangkau daerah yang kalian tempati.

Mengecek sinyal operator dengan aplikasi OpenSignal
Kali ini, caranya dengan menggunakan aplikasi mobile yang bernama OpenSignal. Dengan aplikasi ini, agan enggak cuma bisa mengecek sinyal operator saja. Tapi juga dapat mengetahui jangkauan sinyal dan menguji kecepatan koneksi data (internet) dari operator tersebut.
Pertama, tentu agan harus mengunduh aplikasi OpenSignal terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat kalian cari pada layanan Google Play Store atau  layanan Apple App Store.
Mau Tahu Sinyal Operator Terbaik di Daerah Kalian ? Begini Caranya...
Dengan aplikasi ini, agan bisa menguji kecepatan koneksi internet yang disediakan oleh operator seluler dan memeriksa jangka waktu koneksi ponsel dengan sinyal jaringan.
Yang paling penting dari aplikasi ini tentu untuk mengetahui daerah-daerah yang terjangkau sinyal semua operator dengan beberapa jenis jaringan. Dalam bagian ini, tersedia peta dengan tanda hijau dan merah untuk yang merepresentasikan area jangkauan sinyal. Kalian mungkin harus mengaktifkan penanda lokasi ponsel bila ingin menunjuk ke area tertentu.
Agan/Sista juga bisa memeriksa sinyal dan posisi tower operator seluler. Pada bagian ini, kalian bisa menemukan tower operator yang terhubung dengan ponsel.

Itulah beberapa cara mengecek sinyal operator seluler terbaik di daerah kalian. Perlu diperhatikan, informasi sinyal operator pada aplikasi OpenSignal mungkin tidak 100% akurat. Mungkin dalam kondisi yang sebenarnya bisa saja berbeda dari aplikasi. Semua operator seluler pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.
emoticon-2 Jempol


Perlu diketahui, sinyal operator selular juga sangat berpengaruh pada kinerja ponsel lho. Semakin baik kualitas sinyal, kinerja ponsel juga lebih bagus. Sebaliknya, jika kualitas sinyal buruk, ponsel akan terus bekerja mencari sinyal yang pas.
Hal tersebut mengakibatkan kinerja ponsel semakin berat. Akibatnya, kadang ponsel akan terasa panas. Daya baterai juga akan lebih cepat habis.


Kita semua berharap operator seluler dan pemerintah dapat mewujudkan infrastruktur telekomunikasi yang baik dan merata agar dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat. 
emoticon-Shakehand2

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat....


Spoiler for Sumber:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
adelianzw dan 3 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Wah, makasih tambahan infonya gan. Nanti ane coba deh di hp ane. Ane kasih cendol dan rate dulu yak emoticon-Toast emoticon-2 Jempol
yg merah
Quote:


Asiyapp gan
Quote:


semua orang juga tau kali bre
emoticon-Cape deeehh
profile-picture
esaka.kedua memberi reputasi
Pke open signal di papua kok gak banyak sinyal? Apa ada gangguan dari open signal?
Quote:


La iya makanya ane kasih beberapa cara.
Biar gak cuma ngeliat notif aja

Quote:


Coba cek per operator atau per jaringan.

Quote:


Yang koneng
iya udah coba, mantap bisa cobain semua operator
Beli muamuanya
emoticon-Baby Boy
Quote:


Ah ijo kali
jjk dulu lah ntar dicoba
ane tetep setia dgn esia hidayah emoticon-Peluk
meski tak selalu cerah, yg penting tetap barokah emoticon-Kiss
profile-picture
vendemicok memberi reputasi
Buat ane kemana-mana tetap si merah yg juara emoticon-Big Grin
profile-picture
Can354dra memberi reputasi
kalau jaman dulu mah ngecek sinyal hape cuma pake notifnya blackberry messenger yang tulisan "terhubung" atau "tidak terhubung" nya gan, jadi kalo misalkan liat notif bbm nya masih terhubung berarti sinyal aman, btw nice info gan emoticon-Toast
profile-picture
Can354dra memberi reputasi
Signal HP bisa bagus, tp berfungsi ga? Ane punya operator trus signal nya bagus banget di HP ane, tp ujung2 nya data internet nya lelet banget. Kalau pake operator kebanggaan bangsa signal sama 2 bagus banget, tp internet data nya bagus banget. Beda kualitas nya dan beda harga nya...

emoticon-Malu
profile-picture
Can354dra memberi reputasi
Ditempat ane cuma Telkomsel yang bagus..
Lain nya memble...

Kek nya pas blind spot daerah ane...
nice info ganemoticon-2 Jempol
nais inpo... emoticon-2 Jempol
Baru ngerti ane gan, mksh infonya sangat bermanfaat emoticon-Toast
wahh baru tau ada app namanya opensignal, thanks banget gan infonya emoticon-Shakehand2
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di