alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemerintah: Harga Tiket Pesawat yang Mahal Itu Sebenarnya Normal
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4e05b565b24d41ad54518c/pemerintah-harga-tiket-pesawat-yang-mahal-itu-sebenarnya-normal

Pemerintah: Harga Tiket Pesawat yang Mahal Itu Sebenarnya Normal

JAKARTA, KOMPAS.com - Penasehat Kebijakan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Lin Che Wei menyebut harga tiket yang kerap disebut mahal sebenarnya adalah harga yang kembali normal setelah sempat berada di harga tidak wajar alias harga murah.

Pasalnya bila terlalu murah, moda pesawat terbang bisa menyaingi dan menggerus pengguna moda transportasi lain dan berujung tidak laku.

"Harusnya airlines adalah bisnis yang investasi paling besar, paling nyaman, paling cepat. Apabila murah, seluruh moda lain, habis. Airlines predatory pricing, sehingga bus mati dan lain-lainnya mati. Buat saya sebagai pengambil kebijakan, era mana yang sebenarnya harga normal? Kalau saya lihat dari sisi ekonomi era sekarang yang normal," kata Lin Che Wei di Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Lin mengatakan, bisnis penerbangan udara adalah bisnis yang enigma, alias bisnis yang aneh dan membuat bertanya-tanya. Sebab, paling maju dalam sisi teknologi tapi profitnya sangat marginal. Sehingga fenomena murahnya tiket pesawat merupakan fenomena tak lazim.

Selain itu, ucap Lin, masyarakat yang berteriak tiket mahal sebenarnya telah terbiasa dengan adanya tiket murah, sehingga tiket yang kembali normal kerap disebut mahal.

"Karena sudah dinina-bobokan (terbiasa) dulu. Masyarakatnya sudah terbiasa dengan sesuatu yang tidak wajar kan. Kayak sekarang lah kamu naik gojek," ucap Lin.

Pengamat dunia penerbangan Chappy Hakim mengamini. Menurutnya tiket udara pasti mahal karena memberikan kenyamanan dan kecepatan.


Lebih lanjut dia menjelaskan, mahalnya tiket pesawat yang belakangan terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti adanya musim tertentu dan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

"Harga tiket itu bukan seperti harga pisang goreng yang beberapa tahun kemudian baru naik. Dia ada musim-musim tertentu seperti low season dan peak season. Yang paling dominan biaya operasi dan maintenancenya dibayarkan dalam bentuk mata uang dollar AS sementara pendapatan maskapai berbentuk rupiah," jelas Chappy.

Kendati Lin menganggap normal, harga tiket pesawat lagi-lagi harus disesuaikan dengan konsumen untuk melindungi hak-haknya.

"Sudah menjadi tugasnya pemerintah untuk merumuskan costnya untuk masyarakat lebih affordable, mencegah terjadinya excessive competition, dan oligopoli," ucap Lin.

"Jadi, harga airline yang terlalu rendah mendistorsi moda lain. Namun harga airline yang terlalu tinggi juga tidak boleh untuk melindungi customer. Kalau saya optimis, ya, saya sudah lihat tercapai beberapa kesepakatan yang baik antara maskapai dan pemerintah," pungkas Lin.

https://money.kompas.com/read/2019/0...ormal?page=all

Seterah ente ajalah,lagian ane jg blm pernah naek pesawat..
emoticon-Traveller
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Ane ngggak setuju
Tp kl pswt mahal, gpp lah
bagi yang bekerja dan punya uang
Oh kuala lumpur-jakarta lbh murah at sama murh drpd jakarta-medan yaa??

Mantap ni logika, logika s brp sih ni?

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
daimond25 dan hannabi98 memberi reputasi
JAdi gak normalnya itu kalau tiket lebih mahal lagi dari yang sekarang? emoticon-Wagelaseh
Gw sih setuju kalo tiket pesawat mahal. Biar ga semua orang bisa naik pesawat. Kalo tiket dijual murah murah buntutnya yg naik pesawat malah kelas kampret macam nasbung. Biar aja dibikin mahal, kita naik pesawat jadi nyaman. Nasbung naik bus aja
Jadi inget cabe mahal tanam sendiri, daging mahal konsumsi bekicot, cacing diperut sarden menambah protein, beras mahal kurangi makan...

emoticon-Wakaka

Bilang saja tak tau lagi cara ngatasinya lebih elegan...

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
anarchy0001 dan hannabi98 memberi reputasi
Diubah oleh drs.obama
Ya wajar kalau tiket pesawat mahal
ngelesnya gak pake otak

emoticon-Lempar Bata
profile-picture
unicorn.phenex memberi reputasi
Quote:


Ya ente beli jgn kelas ekonomi dong gan klo gak mau sama kelas menengah.
Diubah oleh jeerabbit
Disesuaikan lah. Ada harga ada kenyamanan emoticon-Traveller
ga ada tanda2 bakal turun nih ini
emoticon-Ngakak
pake cheat jetpack saja cem di gta jadi gratis deh kemana mana emoticon-Leh Uga
normal bagi rezim sekarang, jd trima aja lah. g usah protes. orang yg dukung rezim sekarang dilarang protes. kalo protes siap2 dicap nasbung anti kebinekaan
Lihat 4 balasan
memang sewajarnya mahal, kalo terlalu murah ntar yang naik model model alay kelas kampung bikin penuh bandara, airport internasional berasa terminal bus antar kita antar provinsi, kalau perlu lebih mahal lagi dari sekarang
Diubah oleh jeffrey.maulana
Balasan post pornwoow
Quote:


normal pala loe...maskapai asing yg rute nya dan jarak tempuh nya lebih jauh bisa lebih murah harga tiketnya emoticon-Busa
profile-picture
profile-picture
daimond25 dan anarchy0001 memberi reputasi
maskapai dalam negeri memang dibuat mahal biar maskapai luar bisa jual murah jadi banyak yang naik maskapai luar
profile-picture
daimond25 memberi reputasi
Diubah oleh jeffrey.maulana
Balasan post 88Venomwolf
@88Venomwolf
Tapi kalo maskapai asing dikasih buka rute ke pelosok,
giliran loe tereak asing aseng ............................................. emoticon-Ngacir
Balasan post peyotpetot
Quote:


@peyotpetot ga tuh..sebagai konsumen ane malah mengharapkan yg seoerti itu biar harga lebih kompetitif, tibang harga tiket jd mainan kartel lokal
profile-picture
anarchy0001 memberi reputasi
Balasan post 88Venomwolf
Quote:


Bagaimana dengan kereta api? Bus? Ojek? Ponsel? Bensin? Lombok? Bawang? emoticon-Nyepi

Kalau mau melihat harganya itu normal apa tidak, biarkan maskapai asing masuk.... emoticon-Malu
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di