alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / News / Education /
Teks Editorial: Defisini, Manfaat, Fungsi, Ciri-ciri, Struktur dan Jenis
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4ddd3788b3cb15a0059f40/teks-editorial-defisini-manfaat-fungsi-ciri-ciri-struktur-dan-jenis

Teks Editorial: Defisini, Manfaat, Fungsi, Ciri-ciri, Struktur dan Jenis

Teks Editorial: Defisini, Manfaat, Fungsi, Ciri-ciri, Struktur dan Jenis

Sumber Gambar: Pengertian.org

Pengertian editorial harus anda ketahui dengan jelas agar bisa tahu secara jelas gambaran editorial. Sebenarnya ketika anda membaca suatu teks kemudian ada pendapat pribadi seseorang pada masalah tersebut, itu artinya anda secara tidak langsung membaca teks editorial.

Tes editorial umumnya muncul di surat kabar ataupun majalah. Biasanya teks ini ditulis oleh seorang ahli yang secara khusus menyoroti bidang tertentu yang menjadi topik hangat dalam headlin surat kabar. Namun tak menutup kemungkinan teks ini ditulis oleh tim redaksi dari surat kabar tersebut.

Pengertian Teks Editorial

Teks Editorial: Defisini, Manfaat, Fungsi, Ciri-ciri, Struktur dan Jenis

Sumber Gambar: Pixabay.com

Seperti yang telah disebutkan di atas, teks ini dimaksud pula dengan (opini) yaitu suatu teks yang isinya tentang pendapat seseorang pribadi pada sebuah isu ataupun masalah yang aktual. 

Sedangkan, isu yang dimaksud yaitu masalah sosial, ekonomi, atau politik yang memiliki hubungan signifikan terhadap masalah tertentu.

Keberadaan dari teks editorial maupun teks opini tersebut rutin muncul dalam surat kabar. Yang mana di dalam pengungkapan teks editorial ini harus disertai bukti, fakta, maupun alasan yang logis agar bisa diterima oleh seluruh pembaca.

Tujuan dan Manfaat Teks Editorial
Teks Editorial: Defisini, Manfaat, Fungsi, Ciri-ciri, Struktur dan Jenis
Sumber Gambar: Pexels.com

Dalam penulisannya, terdapat tujuan juga manfaat yang harus Anda ketahui. Adapun tujuan dan manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Tujuan

A. Mengajak kepada pembaca atau pendengar (persuasif) agar mereka mampu berfikir terhadap apa yang diisukan atau yang dibicarakan oleh banyak orang di kehidupan sekitar.

B. Memberikan pandangan bagi para pembaca atau pendengar terhadap isu yang saat itu berkembang di tengah-tengah masyarakat sekitar.

2. Manfaat

A. Memberikan informasi kepada masyarakat mengenai suatu informasi.

B. Untuk menstimuasi pemikiran masyarakat dengan pembahasan tertentu.

C. Mampu menggerakan pembaca di dalam mengambil tindakan sesuai dengan hati mereka.

3. Fungsi Teks Editorial

Selanjutnya yaitu fungsi teks editorial yang tidaklah jauh beda dengan tujuan serta manfaat yang telah disebutkan di atas.

A. Untuk menjelaskan berita maupun akibatnya kepada masyarakat luas.

B. Mempersiapkan masyarakat terhadap resiko kemungkinan yang mungkin akan terjadi.

C. Mengisi latar belakang terhadap isu terhadap kenyataan sosial maupun faktor yang dapat mempengaruhinya.

D. Mampu meneruskan penilaian moral terkait isu yang dimaksud.

Ciri-Ciri Teks Editorial
Teks Editorial: Defisini, Manfaat, Fungsi, Ciri-ciri, Struktur dan Jenis
Sumber Gambar: Pengertian.org

Dalam teks ini, juga memiliki ciri-ciri seperti di bawah ini:

1. Mengandung tema tulisan yang senantiasa hangat atau tema sedang banyak dibicarakan oleh masyarakat, aktual dan juga faktual atau nyata dan terkini.

2. Di dalam teks ini pun bersifat sistematis dan logis.

3. Umumnya menggunakan kalimat yang singkat, padat dan jelas.

Struktur Teks Editorial
Teks Editorial: Defisini, Manfaat, Fungsi, Ciri-ciri, Struktur dan Jenis
Sumber Gambar: Pengertian.org

Sementara itu, untuk struktur teks ini sendiri juga sama terhadap struktur teks eksposisi yakni pernyataan pendapat ataupun tesis, kemudian argumentasi, dan juga pernyataan ulang pendapat ataupun yang disebut dengan reitaration. Adapun pemaparannya di bawah ini:

A. Pernyataan Pendapat

Pernyataan pendapat atau disebut juga tesis termasuk bagian yang isinya terkait pandangan maupun sudut pandang penulis terhadap permasalahan yang sudah dibahas. Umumnya, hal tersebut mengacu pada pernyataan ataupun teori yang diperkuat oleh argumen.

B. Argumentasi

Yang selanjutnya yaitu argumentasi yang merupakan bentuk bukti maupun alasan yang dapat digunakan dalam memperkuat pernyataan suatu tesis. Meski begitu, suatu argumentasi ini pun dapat digunakan untuk menolak pendapat.

Argumentasi ini dapat berupa generalisasi maupun pernyataan umum, pernyataan dari para ahli, data hasil pernyataan, maupun fakta yang didasari dengan referensi yang terpercaya.

C. Pernyataan Ulang Pendapat

Selanjutnya, yaitu pernyataan atau penegasan ulang mengenai suatu pendapat ataupun pernyataan. Reiteration merupakan suatu bagian teks yang memuat editorial. 

Dalam teks ini, berisi penguatan kembali pada pendapat yang di tunjang fakta pada argumentasi. Sementara itu, pernyataan ulang pendapat ada pula di bagian akhir teks ini.

Kaidah Kebahasaan Teks Editorial
Teks Editorial: Defisini, Manfaat, Fungsi, Ciri-ciri, Struktur dan Jenis
Sumber Gambar: Pixabay.com

Bagian dari kaidah kebahasaan yang dipakai pada teks editorial tak beda jauh dengan kaidah teks prosedur kompleks yaitu menggunakan verba material. Nah, berikut ini ada beberapa kaidah kebahasaan teks ini, diantaranya:

1. Adverbia.

Pada teks ini ditujukan agar pembacanya mampu meyakini teks yang telah dibahas dengan kata keterangan selalu, sering, kadang-kadang, jarang, biasanya serta masih banyak lagi.

2. Konjungsi 
Konjungsi adalah kata penghubung dalam teks, diantaranya bahkan serta lain sebagai. Contohnya adalah penggunaan kata hubung ‘dan’.

3. Verba material

Selanjutnya adalah verba material yang berupa verba yang menunjukan peristiwa ataupun perbuatan fisik.

4. Verba rasional

Verba rasiobal adalah verba yang menunjukan adanya hubungan intensitas antara satu dengan yang lain (Pengertian B adalah C) dan milik (di dalamnya mengandung pengertian dari B mempunyai C)

5. Verba mental

Selanjutnya verba mental adalah verba yang menunjukan adanya persepsi misalnya (melihat, dan lainnya), lalu afeksi (khawatir serta lainnya), terakhir kognisi (mengerti serta lainnya). Di dalam verba mental ini terdapat partisi yang bertugas pengindra serta fenomena.

Pada umumnya, pengertian dari editorial ini telah banyak Anda dapatkan di kehidupan Anda sehari-hari. Anda pun bisa membuat teks ini ketika memiliiu masalah terhadap suatu isu maupun untuk menanggapi suatu berita. Ada beberapa surat kabar yang membuka runrik editorial dari pembaca guna mengevaluasi pelayanan.

Fungsi Teks Editorial
Teks Editorial: Defisini, Manfaat, Fungsi, Ciri-ciri, Struktur dan Jenis
Sumber Gambar: Pengertian.org

Adapun fungsi dari teks editorial yang di antaranya adalah:

1. Fungsi dari tajuk rencana umumnya menjelaskan berita dan akibatnya pada masyarakat.

2. Mengisi latar belakang yang memiliki kaitan dengan berita tersebut juga dengan kenyataan sosial dan faktor yang mempengaruhi dengan lebih menyeluruh.

3. Terkadang ada analisis kondisi yang berfungsi untuk mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan yang bisa terjadi.

4. Meneruskan penilaian moral terhadap berita tertentu.

Jenis-jenis Teks Editorial
Teks Editorial: Defisini, Manfaat, Fungsi, Ciri-ciri, Struktur dan Jenis
Sumber Gambar: Pixabay.com

1. Interpretaive editorial

Editorial ini memiliki tujuan untuk menjelaskan isu dengan menyajikan fakta dan figur yang tepat untuk memberikan pengetahuan.

2. Controversial editorial

Editorial bertujuan untuk meyakinkan pembaca pada keinginan maupun menumbuhkan kepercayaan pembaca terhadap suatu isu. Dalam editorial ini, umumnya pendapat yang berlawanan akan digambarkan lebih buruk.

3. Explantory editorial

Sedangkan untuk editorial ini menyajikan masalah atau suatu isu agar dinilai oleh pembaca. Umumnya teks ini bertujuan untuk mengeidentifikasi suatu masalah dan membuka mata masyarakat untuk memperhatikan suatu isu.

Tentunya, dari pemaparan di atas, Anda telah mengetahui definisi hingga jenis-jenis teks editorial yang kerap menghiasi surat kabar. 

Teks ini memang berupa opini namun adanya fakta dan beberapa data penguat tentu saja teks ini mampu menarik perhatian pembaca terhadap isu yang tengah hangat diperbincangkan.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di