alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ada Yang Salah Dengan SMK
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4dba999a972e2a5219d221/ada-yang-salah-dengan-smk

Ada Yang Salah Dengan SMK

Apa tujuan sekolah

Sekolah ada tempat dimana orang bekerja, mengajar dan belajar.

Tak ada batasan untuk terus belajar, tujuan belajar adalah mengetahui sesuatu untuk menjadi manusia yang berarti, mencapai mimpi dan kebahagiaan.

Sekolah formal diwajibkan oleh pemerintah, regulasi dan peraturan dibuat oleh pemerintah melalui kementerian.

Setelah lulus, tujuan dan arah hidup ditentukan oleh setiap individu.
Ijazah sebagai tanda kuantitas tidak jadi jaminan untuk melanjutkan perjuangan mempertahankan hidup.

Tak sedikit mereka hidup susah...
Apakah ada yang salah dengan arti sekolah di Indonesia?

Sebut saja, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) baik negeri ataupun swasta.

"Siap kerja dan dipekerjakan di perusahaan ternama"

Coba pikir ulang dengan jargon itu, seakan ada yang mengganjal dengan pikiran, kok mau yaaa

Sekolah tiap hari toh pada akhirnya jadi babu atau pesuruh orang.

Kenapa tidak "Siap jadi bos dan menyediakan lapangan pekerjaan"

Pemerintah harus bertanggung jawab akan hal ini.
Harusnya didik siswa dengan baik dan buat mereka pintar.

Jangan dulu dikasih ijazah kalau belum yakin anak itu belum bisa melakukan sesuatu yang positif sesuai kejuruan nya.

Contoh :
Budi sekolah di SMK Pertanian, setelah dianggap lulus dan mendapatkan ijazah Budi diberikan peluang untuk membuat proposal kepada pemerintah untuk mendukung programnya.

Karena pertanian butuh sarana dan prasarana maka pemerintah memberikan itu semua sehingga budi bisa menghasilkan hasil pertanian sekaligus mengurangi pengangguran dengan usahanya.

***

Rata-rata di Indonesia lulus SMK kerja di perusahaan yang tidak nyambung dengan background pendidikannya.

Sampai kapan negeri ini seperti ini, tanah yang luas dan SDM yang cerdas Indonesia masih serba impor pangan, kan lucuuuu emoticon-Cape deeehhcdemoticon-Cape d...

profile-picture
santaikalus memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Smk itu solusi bagi membeludaknya tamatan setara umum gan di harapkan output yg mereka miliki melalui teknik kejuruan dpt bersaing di dunia kerja, karna pada kenyataanya gak semua orang bisa beruntung setelah tamat sekolah dpt meneruskan pendidikannya ke jalur perkuliahan toh 😂
profile-picture
azid12353 memberi reputasi
Ane dari sejak dulu memang udah gak percaya jargon, gan. Sejak semua merek kecap bilang mereka nomor 1 emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

Agan juga jangan terlalu naif, minta pihak lain, contoh disini sekolah, utk mendidik dengan lebih bener lagi. Alasannya banyak lulusan gak sesuai jurusan. Ane anak kuliahan juga pernah ngalamin di titik seperti agan ini..

Sekarang, gimana kalo fikiran nya agan balik.. jalan hidup itu gak sesimpel jurusan sekolah. Takdir, jodoh, kehidupan, itu semua misteri. Dan setiap orang harus capai itu lewat perjuangan.

Semuanya gak disediakan di depan piring perak didepan agan. Gak segampang itu.

Pesan ane utk agan. Yg baru lulus sekolah.. Welcome to the real world gan.. be happy to live paycheck 2 paycheck.. emoticon-Shakehand2

oiya, mengenai semua serba impor.. sebenarnya itu semua wajar sih. Kebutuhan hidup makin hari terus meningkat. Percuma juga tanah subur luas dimana2, kalau SDM cerdasnya malah lebih memilih cuma jadi konsumen sambil malas menanam kembali jadi petani. Pengennya tinggal di kota besar gedung2 berbeton, tapi tiap hari nyalahin pemerintah yg tukang impor.. (ane gak bermaksud ke agan sih emoticon-Big Grin )
profile-picture
azid12353 memberi reputasi
Diubah oleh henprad
Lihat 1 balasan
Quote:


Ini Udah Biasa Gan Ane SMK Jurusan Manufaktur Sama Fabrikasi Setelah Lulus Malah Jadi Guru Bahasa Sama Sejarah emoticon-Ngakak
Balasan post henprad
Bener banget, ane setuju sama agan yang satu ini. Semua tergantung ke pribadi masing masing, gimana caranya mengahadapi the real world emoticon-2 Jempol


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di