alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Unik ! 5 Negara Ini Menyambut Hari Raya Idul Adha
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4dac440577a967ad7eeca0/unik--5-negara-ini-menyambut-hari-raya-idul-adha

Unik ! 5 Negara Ini Punya Tradisi Menyambut Hari Raya Idul Adha

Unik ! 5 Negara Ini Menyambut Hari Raya Idul Adha

Idul Adha, atau yang biasa dikenal dengan sebutan Lebaran Haji di Indonesia biasa dirayakan lewat pemotongan hewan qurban dan makan bersama serta silaturrahim bersama keluarga. Berbeda dengan Idul Fitri yang selalu ramai dengan ritual mudik, perayaan Idul Adha tidak dilakukan seramai itu. Waktu libur yang pendek membuat sebagian besar masyarakat Indonesia merayakan Idul Adha lebih banyak di tempat tinggalnya masing masing.
Akan tetapi, ternyata ada banyak bentuk perayaan Idul Adha yang menarik di negara lain, loh Moms. Yuk kita intip keseruannya!

1.Arab Saudi

Unik ! 5 Negara Ini Menyambut Hari Raya Idul Adha

Sebagai negara yang merupakan pusat ibadah haji umat muslim sedunia, perayaan Idul Adha di Arab Saudi dilakukan dengan begitu ramai dan meriah. Keramaian ini bahkan melebihi perayaan Idul Fitri di Indonesia. Penduduk Arab Saudi justru terbiasa membeli pakaian baru untuk menyambut Idul Adha. Para lelaki mencukur jenggot dan rambut, sedangkan perempuan menghiasi tangan mereka dengan henna. Jalanan akan dihiasi dengan berbagai lampu indah, dan anak anak membawa kantong berisi permen untuk dibagikan ke para jamaah haji. Waaah, seru sekali yaa..

2. Cina

Unik ! 5 Negara Ini Menyambut Hari Raya Idul Adha

Berbeda dengan Indonesia yang biasanya hanya ramai merayakan Idul Adha di hari pertama, umat muslim di Cina melakukannya selama empat hari berturut turut. Biasanya mereka saling berkunjung dengan membawa makanan dan bingsikan hadiah. Kemudian ditambah pula dengan adanya “pasar kaget” yang dibuka khusus selama perayaan Idul Adha berlangsung. Uniknya, di Cina hanya kaum lelaki yang boleh melaksanakan shalat ied di masjid.

3. Australia

Unik ! 5 Negara Ini Menyambut Hari Raya Idul Adha

Meski umat muslim bukan mayoritas di Australia, tapi hari raya Idul Adha tetap berlangsung dengan meriah. Biasanya umat muslim melaksanakan shalat ied di masjid masjid besar, kemudian bersilaturrahim dengan komunitasnya masing masing. Untuk umat muslim Indonesia, mereka berkumpul di kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk menikmati kelezatan hidangan khas Indonesia. Berbeda dengan di sini dimana pemotongan hewan kurban disaksikan, mayoritas umat muslim Australia mentransfer sejumlah uang ke organisasi khusus yang akan melakukan pemotongan dan penyaluran hewan kurban dalam bentuk kalengan.

4. India

Unik ! 5 Negara Ini Menyambut Hari Raya Idul Adha

Sebagai negara yang menganggap bahwa sapi adalah hewan suci, perayaan Idul Adha di India lebih banyak menggunakan kambing atau domba sebagai hewan kurban. Umat muslim menghidangkan jamuan khas hari raya, lalu mengundang sekitarnya untuk hadir makan bersama. Mereka juga terbiasa membeli pakaian baru khusus untuk dipakai saat Idul Adha.

5. Singapura

Unik ! 5 Negara Ini Menyambut Hari Raya Idul Adha

Di Singapura, Idul Adha disambut dengan banyaknya dekorasi jalan yang cantik dan meriah. Kampong Glam dan Gelyang Serai biasanya menjadi lokasi favorit para wisatawan berkunjung untuk menikmati hiasan khas yang dipasang setahun sekali itu. Jumlah muslim yang cukup banyak disana bahkan membuat Idul Adha tampil secara resmi di website Visit Singapore sebagai hari raya dengan beberapa masjid sebagai icon pariwisata disana.

Waah.. ternyata beda negara beda juga ya cara merayakan Idul Adha-nya. Kalau di daerah Mommies, ada hal unik apa nih yang dilakukan saat Idul Adha?
Diubah oleh mommiesharing
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di