alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Fakta Yves Saint Laurent, Perancang Busana Legendaris Dunia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4d8f3dc9518b02ba740fb2/5-faktayves-saint-laurent-perancang-busana-legendaris-dunia

5 Fakta Yves Saint Laurent, Perancang Busana Legendaris Dunia

5 Fakta Yves Saint Laurent, Perancang Busana Legendaris Dunia

Penggemar fashion pasti tahu siapa di balik merek YSL. Berasal dari namanya Yves Saint Laurent, YSL berkembang pesat. Sampai saat ini penikmatnya banyak berasal dari kalangan menengah ke atas, artis papan atas hingga pejabat penting dunia.

Tak mudah membuat YSL tetap berdiri dan sejajar dengan merek kelas dunia lain seperti Dior, Louis Vuitton, atau Hermes. Dengan penuh perjuangan, ini adalah sejarah singkat Yves Saint Laurent mendirikan YSL.


1. Sudah memiliki bakat merancang busana sejak remaja
5 Fakta Yves Saint Laurent, Perancang Busana Legendaris Dunia
Yves Saint Laurent lahir dengan nama asli Yves Henri Donat Matthieu Saint Laurent. Laurent lahir pada tanggal 1 Agustus 1936 di Oran, Aljazair. Ayahnya, Charles, merupakan seorang pengacara dan broker asuransi. Sedangkan ibunya bernama Lucienne Andrée Mathieu-Saint-Laurent.

Masa kecil Laurent dipenuhi intimidasi dari teman-temannya. Kegemarannya dalam memperhatikan penampilan dianggap tak pantas dimiliki oleh seorang anak laki-laki. ia sering dirundung dan tersingkirkan dari pergaulan. Hal ini membuatnya menjadi anak yang gugup dan gampang sakit. Namun di balik intimidasi tersebut, Laurent sebenarnya merupakan anak yang berbakat dalam mendesain baju. ia kerap merancang baju untuk ibu dan saudarinya.


2. Menjadi tangan kanan Dior
5 Fakta Yves Saint Laurent, Perancang Busana Legendaris Dunia
Kunjungan ke Paris pada usia 17 tahun adalah saat pertama kali Laurent mengenal dunia mode. Setahun kemudian ia melanjutkan pendidikannya di Chambre Syndicale de la Couture meski tak sampai selesai. Di sekolah tersebut, editor majalah French VogueMichael de Brunhoff memperkenalkannya kepada Christian DIor, seorang perancang busana kenamaan. Dior pun jatuh cinta dengan kreasi Laurent dan kerap bekerja bersama. 

Kerja sama Dior dan Lurent berlangsung hingga tiga tahun dan akhirnya Laurent diangkat menjadi tangan kanan Dior. Tak berlangsung lama, Dior meninggal dan mewariskan House of Dior pada Laurent yang mana saat itu umurnya masih 21 tahun. Dalam karirnya bersama Dior, Laurent mempopulerkan rok siluet A-line, chic beatnik look of turtlenecks dan jaket kulit hitam dengan pinggiran bulu.


3. Wajib militer dan konflik dengan rekannya
5 Fakta Yves Saint Laurent, Perancang Busana Legendaris Dunia
Pada tahun 1960, Laurent harus kembali ke Aljazair untuk wajib militer memperjuangkan kemerdekaan negaranya. Namun karena alasan kesehatan, Laurent kembali ke Paris. Saat kembali ke Paris, Laurent terlibat konflik dengan Marc Bohan. Konflik itu berakhir dengan Marc Bohan dituntut 48.000 poundsterling karena melanggar kontrak dan Dior berada di bawah kepemimpinan Marc Bohan.

Tak mau berlama-lama, Laurent akhirnya membuka rumah modenya sendiri yang diberi nama YSL. Bersama kekasihnya, Pierre Berge, ia mengangkat nama YSL dengan berbagai rancangan busananya. Pada tahun 1962, YSL meluncurkan koleksi pertamanya. Karyanya awalnya yang terkenal adalah 'Le Smoking'. Koleksi ini menyematkan atribut maskulin pada perempuan. Model perempuannya memakai setelan tuksedo rapi lengkap dengan dasi. Suatu hal tidak lazim pada tahun tersebut.


4. Kehidupan glamor dan penuh kontroversi
5 Fakta Yves Saint Laurent, Perancang Busana Legendaris Dunia
Dengan adanya uang dan kebebasan ternyata membuat Laurent sedikit terlena dengan dunia. Laurent mulai mabuk-mabukan, pesta dengan selebritis, memakai kokain dan dikejar-kejar paparazi. Tak berhenti di situ, tahun 1970-an tampaknya menjadi tahun kontroversi bagi Laurent.

Pada tahun 1970, Laurent tampil tanpa busana pada iklan produknya. Pada tahun 1977, Laurent memberi nama parfumnya dengan nama 'Opium' ketika pemerintah sedang memerangi opium. Ia juga berhubungan dengan Jacques De Bascher yang merupakan pasangan rivalnya. Padahal saat itu ia masih berhubungan dengan Pierre Berge.


5. Akhir hidupnya dari sang desainer legendaris
5 Fakta Yves Saint Laurent, Perancang Busana Legendaris Dunia
Kontroversi telah membuat Laurent belajar banyak dan hasratnya untuk sembuh dari candu alkohol dan kokain membuatnya terus berjuang. Saat Laurent berjuang untuk sembuh namun hal itu dibarengi dengan dunia mode yang memberikan penilaian bahwa rancangan Laurent semakin basi. Pada tahun 1990an Laurent dan Berge bangkit dan kembali mendesain busana. Mereka pun kembali meraup keuntungan.

Namun pada akhir dasawarsa, Laurent dan Berge memutuskan untuk menjual perusahaan yang mereka mulai tersebut. Pada tahun 2002 Laurent menunjukkan karya terakhirnya dan memutuskan untuk pensiun.

Laurent pensiun dan menghabiskan waktunya di Marrakech, Moroko. Pada 2007 Saint Laurent diangkat menjadi perwira tinggi Legiun Kehormatan oleh Presiden Perancis, Nicolas Sarkozy. Pada tanggal 1 Juni 2008, Lurent meninggal dunia karena sakit kanker otak.

Itu adalah sejarah singkat tentang Yves Saint Laurent. Tak hanya kontroversi tapi juga penuh dengan prestasi. Kecintaannya di dunia mode menjadikannya dikenang hingga sekarang.


Sumber : https://www.idntimes.com/science/dis...mpaign=network

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di