alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Huawei mengumumkan sistem operasi Harmony yang baru
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4d88c86df23109f133a10f/huawei-mengumumkan-sistem-operasi-harmony-yang-baru

Huawei mengumumkan sistem operasi Harmony yang baru



Huawei mengumumkan sistem operasi Harmony yang baru

Huawei telah mengumumkan sedang mengembangkan sistem operasi baru yang disebut HarmonyOS.

Ada spekulasi bahwa Huawei berencana untuk mengganti sistem operasi Android yang mendukung smartphone dan tabletnya.

Pada Mei, Google menangguhkan lisensi Android perusahaan setelah pemerintah AS memasukkan Huawei ke daftar hitam perdagangan.

Namun, Huawei mengatakan HarmonyOS pertama kali akan digunakan dalam perangkat seperti speaker dan jam tangan pintar, daripada menggantikan Android di teleponnya.

"HarmonyOS benar-benar berbeda dari Android dan iOS," kata Richard Yu dari Huawei, yang mengumumkan proyek di Huawei Developer Conference di Dongguan, Cina.

Dia mengatakan sistem operasi akan memungkinkan pengembang membuat satu versi aplikasi mereka dan kemudian "secara fleksibel menggunakan mereka di berbagai perangkat yang berbeda".

Grafik yang ditampilkan selama presentasinya mencakup penggambaran smartphone serta jam tangan, mobil, dan televisi. 

Mayoritas ponsel cerdas di seluruh dunia beroperasi pada beberapa bentuk sistem operasi Android, sehingga terputus dari ekosistem dapat membuat ponsel Huawei kurang menarik.

Ada desas-desus bahwa perusahaan akan menggantikan Android di teleponnya, tetapi Huawei mengatakan HarmonyOS akan digunakan untuk memberi daya pada perangkat pintar seperti TV, speaker dan jam tangan - setidaknya untuk memulainya.

Jika sistem operasi berhasil masuk ke ponsel Huawei, konsumen akan mengharapkan untuk memiliki akses ke semua aplikasi favorit mereka.

Tetapi pembuat aplikasi sudah memiliki tangan penuh mengembangkan perangkat lunak mereka untuk Android dan iOS Apple.

Huawei harus meyakinkan mereka untuk mengembangkan versi lain untuk HarmonyOS, tanpa jaminan bahwa orang akan membeli perangkat.

Ini adalah masalah yang dihadapi oleh siapa pun yang berharap untuk menantang dominasi Android dan iOS.

Itu mengganggu BlackBerry 10, yang tidak pernah meyakinkan beberapa aplikasi terbesar di dunia seperti Instagram untuk mendukung platform.

Pembuat telepon saingan Samsung sudah memiliki sistem operasi Tizen sendiri yang memberi daya pada banyak perangkat pintar - tetapi bahkan menggunakan Android untuk memberi daya pada ponsel andalannya. 


Huawei mengatakan pada awalnya akan memfokuskan pengembangan HarmonyOS di China, dengan rencana untuk memperluas ketersediaan secara global di masa depan.

Dikatakan HarmonyOS akan menjadi platform open-source sehingga siapa pun dapat menggunakan perangkat lunak untuk membuat perangkat yang kompatibel.

Inti dari OS Android Google juga open source, sehingga perusahaan dapat mengambil kode dan menggunakannya sesuka mereka. Pendekatan ini diambil oleh Amazon dalam tablet Fire-nya.

Namun, ada batasan pada apa yang bisa dilakukan pembuat ponsel dengan Android jika mereka ingin akses ke toko aplikasi Google Play, dan ke Google suite aplikasi populer seperti Maps dan YouTube.

Ben Wood dari konsultan CCS Insight mengatakan pengumuman Huawei adalah "langkah yang tak terhindarkan".

Namun dia menambahkan: "Mengganti [atau] menggusur Android adalah tugas yang hampir mustahil."

Di Cina, sistem operasi baru akan disebut HongmengOS.





Sumber : https://www.huaweicentral.com
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di