alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Penerimaan Negara Diprediksi Ciut akibat Pertumbuhan Ekonomi Lesu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4d658fa7276823d030052f/penerimaan-negara-diprediksi-ciut-akibat-pertumbuhan-ekonomi-lesu

Penerimaan Negara Diprediksi Ciut akibat Pertumbuhan Ekonomi Lesu

Penerimaan Negara Diprediksi Ciut akibat Pertumbuhan Ekonomi Lesu

JAKARTA, KOMPAS.com - Realisasi defisit APBN 2019 diproyeksi akan makin melebar. Hal tersebut, menurut Ekonom Senior Indef Enny Sri Hartati, lantaran pertumbuhan ekonomi tahun ini akan meleset jauh dari target APBN sebesar 5,3 persen. “Melihat realisasi pertumbuhan semester satu, kemungkinan PDB sampai akhir tahun hanya akan tumbuh sekitar 5 persen dan ini akan semakin menambah shortfall (kekurangan) penerimaan negara,” kata Enny, Kamis (8/8/2019). Selain itu, penerimaan negara juga diproyeksi melemah akibat harga komoditas seperti minyak mentah, batubara, dan sawit, masih rendah. Ini menyebabkan kontribusi pajak penghasilan sektor migas serta penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sektor sumber daya alam (SDA) tidak optimal.

Tambah lagi, Enny menilai, pemerintah terlalu banyak memberi insentif perpajakan yang membuat penerimaan berkurang, namun tak bertaji menstimulasi pertumbuhan ekonomi sesuai ekspektasi. “Insentif fiskal memang bagus untuk stimulus, tapi kalau tidak tepat justru menimbulkan komplikasi,” ujar Enny. Hal serupa diungkapkan Kepala Riset LPEM FEB UI Febrio Kacaribu. Menurutnya, insentif perpajakan yang diberikan pemerintah tidak sejalan dengan percepatan produksi industri yang menggenjot ekonomi dalam negeri. “Idealnya, produksi naik lebih cepat daripada penurunan penerimaan pajak (akibat insentif), tapi ternyata tidak. Artinya, elastisitas dari pemberian insentif ini rendah,” kata Febrio.

Sepanjang semester I-2019, pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya mencapai 5,06 persen secara tahunan (yoy). Penerimaan kuartal II 2019 sendiri hanya 5,05 persen (yoy), atau jauh lebih rendah daripada periode yang sama tahun lalu di mana pertumbuhan menembus 5,27 persen (yoy). Dalam prognosisnya, Kementerian Keuangan memperkirakan outlook pertumbuhan ekonomi akhir tahun sebesar 5,2 persen. Sementara, defisit APBN diproyeksi melebar dari target awal 1,84 persen terhadap PDB menjadi 1,93 persen terhadap PDB. (Grace Olivia)

sumur

kalau ga ada pemasukan hutang saja lagi pak
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Kok aku ga pernah denger itu semua
Sebenernya aku orang Indonesia bukan sih
Ya begitulah analisa dari ekonom indef
Enak bener jd peneliti
Tinggal bilang begini begitu
Lha ko tax amnesti disalahin
Kalo cerdas harusnya mendukung dengan bukti bahwa ada banyak aliran dana masuk segitu banyaknya dan bahkan salah satu tax amnesty yg sukses
Dan kalo cerdas juga harusnya mengkritisi soal apa yg dilakukan setelah uang itu maauk, bukan program yg bikin uang itu masuk
Kelamaan di akademisi yg kek gini
Gak heran di amrik sono ente kalo pengalaman cuman akademis bakal ampe gempor sulit diterima di korporat
Beda ma disini, pglmn akademik malah didorong2 jd ceo bahkan gubernur (eksekutif)
profile-picture
optoergo memberi reputasi
Diubah oleh xrm
akademisi pengamat ahli bla bla bla

modal lambe kabeh

gitu masuk pemerintahan/praktek, mencret juga

emoticon-Cool
Quote:


Penerimaan Negara Diprediksi Ciut akibat Pertumbuhan Ekonomi Lesu

Sama kayak yang satu ini ya bong emoticon-Salaman
profile-picture
soljin7 memberi reputasi
pasar sepi gini ya mau gimana lagi
Lihat 1 balasan
pertumbuhan ekonomi 5% pertahun itu sebenarnya tinggi lho... bahkan pertumbuhan ekonomi kita nomor 3 di antara negara2 G20


hanya oposisi tukang bikin gaduh yang bilang perrumbuhan ekonomi kita lesu....
Balasan post letek28
Quote:


siapa bilang pasar sepi.. saat ini pembeli beralih ke onlen onlen itu
masa resesi blom kelar, blom BUMN lagi pada kacau
masih agustus pret kampret
emoticon-Blue Guy Bata (L)

GIF
september meroket
pokoknya september roket itu sudah
emoticon-Cool
Yang penting presidennya orang baek
ekonom indef vs ekonom kaskus emoticon-Ngakak
duitnya ada gan tinggal......isi sendiri dah
Quote:


Masak kalah sama rezim auto pilot yg bisa 6%, sampai2 dpt penghargaan dr enggres
Penerimaan Negara Diprediksi Ciut akibat Pertumbuhan Ekonomi Lesu
Lihat 1 balasan
Balasan post pornwoow
Quote:


lho... jangan dibandingkan dengan era sby dong.. namanya lu ngga mup on

jaman sby pertumbuhan utang per tahun rata rata 100triliun.. tapi pertumbuhan ekonomi di atas 6%

jaman jokowi pertumbuhan utang rata rata 400triliun pertahun.. tapi pertumbuhan ekonomi di kisaran 5% aja...
sedih liat indonesia yang sekarang
ekonomi lesu paling gara gara HTI, kilafuck, onta, islam radikal, FPI atau yang baru baru ini syariah coba dibersihkan itu semua
pertumbuhan ekonomi bisa 7% mulai september ini emoticon-Traveller


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di