alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / ... / Stories from the Heart /
Pramuka Mengubah Hidup Gue, Hah, Kok Bisa?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4d54962f568d67213e9c78/pramuka-mengubah-hidup-gue-hah-kok-bisa

Pramuka Mengubah Hidup Gue, Hah, Kok Bisa?

Pramuka Mengubah Hidup Gue, Hah, Kok Bisa?


Pramuka Mengubah Hidup Gue, Hah, Kok Bisa?


Pramuka mengubah hidup gue.

Hah, kok bisa?

Gimana caranya?


Yuk... kita simak kisahnya...


Pramuka Mengubah Hidup Gue, Hah, Kok Bisa?


Pramuka Mengubah Hidup Gue, Hah, Kok Bisa?


Sejak gabung bareng sama gerakan Kepramukaan waktu gue masih umur 10 tahun dulu, gue bisa ngomong sama diri gue sendiri bahwa, "Pramuka ngebuat diri gue jadi orang yang jauh lebih baik."

Semenjak gabung sama pramuka, gue bisa dengan mudahnya ngeliat seberapa besar dampak positif yang gue dapetin dari pramuka dalam setiap aspek kehidupan gue.

Dan... ini adalah cerita gue waktu gue ikut pramuka di saat itu. Ehem.

Waktu itu, di sekolah gue, Kepramukaan itu nggak umum dan sebagian besar anak laki-laki di grup gue nggak ngerti kenapa gue kepengen banget gabung sama ekskul pramuka. Salah satu hal paling umum yang mereka omongin sama gue adalah, “Hah, pramuka? ngapain lo ikut pramuka? mendingan lo ikut sepak bola aja men, atau kalo enggak, basket deh sekalian."

Dannn, sampai hari ini pun, gue masih merasa harus menjelaskan ini secara baik baik sama teman teman gue itu. Gue dengan rela dan bangga ngejelasin kenapa gue pengen banget jadi bagian dari pramuka sama siapa pun itu orangnya yang bertanya kepada gue.

Pramuka Mengubah Hidup Gue, Hah, Kok Bisa?


Meskipun sering dicibir, tapi yah, lumayan sih, ada banyak pengalaman positif yang diberikan oleh pramuka ngebikin gue nggak sulit untuk menunjukkan betapa berdampak positif nya pramuka terhadap hidup gue, atau mungkin, kepada siapa pun yang mengikutinya.

Ketika pertama kali gue gabung bareng sama pramuka, emang sih butuh waktu buat gue agar gue bisa merasa nyaman berada di lingkungan Pramuka; karena pada awalnya gue itu pemalu dan takut berurusan dengan lingkungan sosial, karena hal hal yang kayak gitu bersifat menantang bagi gue.

Tapi kelompok pramuka gue itu ternyata bener bener ramah, mereka mencoba ngebantu gue untuk menjadi diri gue sendiri. Menjadi bagian dari siapa gue dan melebur bareng sama orang orang di sekitar gue. Biar lebih cocok aja, gitu.

Pramuka Mengubah Hidup Gue, Hah, Kok Bisa?


Selama beberapa tahun pertama, gue mulai mendapatkan kepercayaan diri yang lebih besar dan mulai merasa bener bener seperti jadi bagian dari sesuatu di kelompok pramuka gue ini.

Bukan cuma pengalaman yang membuat tahun-tahun awal ini begitu penting buat gue, tapi orang-orang yang gue kenal yang membuat setiap petualangan kepramukaan ini jadi sesuatu yang nggak terlupakan.

Tahun demi tahun pun gue lalui bersama dengan klub pramuka, lambat laun gue mulai merasa kuat, baik secara fisik maupun secara mental. Dan itu adalah sesuatu yang gue inginkan untuk dialami oleh gue sebagai seorang yang mulai bertumbuh dewasa.

Gue ngerasa bahwa banyak orang berasumsi kalo ada tanggapan negatif yang mengelilingi pramuka di Indonesia, dan melalui berbagi pengalaman seperti pengalaman yang gue alami, kita bisa mulai memperluas pemikiran kita tentang apa itu pramuka yang sesungguhnya.

Bersama pramuka, gue punya kesempatan untuk berlari melalui hutan, tidur di dekat pantai, pergi ke tempat tempat tempat eksotik dan terpencil di Kepulauan Riau, Sulawesi dan tempat tempat di pulau Jawa yang sebelumnya belum pernah gue kunjungi.

Perlu diinget, yang bisa kayak gitu nggak cuma traveler doang, pramuka juga bisa..

Pramuka Mengubah Hidup Gue, Hah, Kok Bisa?


Bersama dengan pramuka, gue bisa memasak di atas api terbuka, belajar cara menaiki perahu kayuh, bekerja sebagai tim dan menjadi pemimpin bagi diri gue sendiri.

Pengalaman yang langsung gue alami ini, mengajarkan gue rasa percaya diri, kasih sayang, kesabaran, kerja sama, dan ketekunan yang sesungguhnya.

Keterampilan ini jatuhnya jadi amat sangat berharga, buat gue untuk kedrpan nya. Selain itu, gue bakal ngasih tahu siapa pun yang mau ngedengerin kenapa gue merasa bahwa manfaat pramuka buat remaja bakal ngebuat mereka jadi lebih baik dalam banyak bidang dan aspek kehidupan sehari-hari mereka.

Gue tau, gue emang biasa dididik di rumah, tapi pramuka ngasih gue koneksi sosial yang gue nggak akan punya kesempatan buat nyobain dunia luar. Karena pramuka inilah, hidup gue, jadi lebih hidup.

Teman-teman yang gue temui saat dalam perjalanan ke hutan hujan di Kalimantan, Samarinda juga udah memungkinkan gue untuk melakukan berbagai macam banyak hak.

Pengalaman ini juga memberi gue suatu pengalaman budaya yang sangat berharga. Salah satu sahabat gue yang gue temui saat pertama kali bergabung dengan regu pramuka juga, sekarang malah jadi salah satu pendukung terbesar dalam hidup gue.

Gue bersyukur dia telah bertahan dengan gue selama belasan tahun lamanya. Bahkan sampai saat ini.

Terlibat dalam pramuka memungkinkan gue menjalin hubungan dengan orang lain dan memberikan banyak banget pengalaman.

Ini bener bener ngebantu gue untuk tumbuh menjadi pribadi gue yang sejati sendiri.

Gue percaya bahwa tanpa kesempatan dari ikut regu pramuka ini, dan persahabatan yang berarti, hidup gue nggak akan pernah sama.

Jadi sekarang, gue ngedorong semua remaja untuk membagikan kisah pramuka mereka sehingga elo juga bisa menginspirasi remaja remaja lainnya untuk bergabung dengan pramuka.

Pramuka Mengubah Hidup Gue, Hah, Kok Bisa?


Ini kisah pramuka a la gue, mana kisah pramuka a la elo?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh masukcombera
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
1st post.
2nd post.
3rd post.
Sebelah gak di lanjut om
Diubah oleh mrputraxenz
ane inget waktu SD pertama pramuka trs ane dibeliin sama ortu pisau kecil yg kepalanya garuda serasa punya pisau kayak si rambo..
emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
Vinzarc memberi reputasi
Diubah oleh youkyemazestha
salam Pramuka
lebih bisa mandiri dan kerjasama


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di