alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Prospek Ke Depan Kota Subang dengan Hadirnya Kawasan Superblock
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4d5139349d0f77be74109f/prospek-ke-depan-kota-subang-dengan-hadirnya-kawasan-superblock

Prospek Kota Subang dengan Hadirnya Kawasan Superblock Subang City Mall

Subang merupakan salah satu wilayah industri terbesar yang akan menunjang keberadaan pelabuhan patimban sebagai pelabuhan internasional, hal ini telah direncanakan dan dicanangkan pada rencana tata ruang & wilayah kota Subang. Karena hal ini, Subang City Mall nantinya akan hadir dan di bangun di tengah Kota Subang.

Pelabuhan patimban di masa yang akan datang akan melayani eksport import kepentingan industri di sepanjang utara Jawa Barat yang sangat memungkinkan tumbuhnya kota satelit dan kota Industri di Subang. Proyek strategis nasional ini bertujuan untuk mengembangkan perekonomian kawasan.

Selain itu, sangat jarang kita menemukan wilayah yang memiliki 3 kawasan dengan prospek ekonomi & pariwisata yang menjanjikan. Jika kita tinjau dari segi edapologi subang memiliki 2 kontur tanah yang berbeda yakni dataran rendah & dataran tinggi. Subang juga ternyata menyimpan potensi agraria, ekonomi & maritim yang sangat melimpah.

Subang dipilih karena lokasinya yang sangat strategis, yakni berada di sepanjang jaringan jalan tol Trans Jawa, serta dekat dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BJIB) Kertajati,
Hal ini sangat berpengaruh, karena nantinya akan dibangun Kawasan Superblok Subang City Mall di tengah kota Subang dengan segala potensi yang dimiliki.
Ada banyak sekali perusahaan yang saat ini sedang gencar mendirikan industrinya di kota subang yang akan mengembangkan kawasan industri di lahan seluas lebih dari 11.000ha di Subang.

Pembangunan infrastruktur modern ini juga akan dikembangkan di lahan seluas 2000ha yang akan menjadi kota industri yang smart & sustanable. Pengembangan kawasan industri ini akan banyak menggunakan teknologi masa kini di dalam penyediaan infrastruktur seperti limbah keras, limbah cair dan solar energy.

Di dalam rencana ke depan, kawasan industri subang akan menjadi kawasan yang lengkap dengan fasilitas pendukung seperti perumahan, kesehatan, perkantoran serta retail. Selain itu kavling industri juga nantinya akan dikembangkan pusat logistik Jawa Barat pada kawasan itu.

Berdasarkan peta RTRW Subang tahun 2011-2032, Subang memiliki beberapa keunggulan pada kawasan industrinya :
1. Memiliki luasan 1000ha dengan status legalitas clean & clear
2. Memiliki daya saing lokasi yang kuat
3. Berada di dalam jalur distribusi kawasan industri nasional
4. Berada di dalam kawasan pengembangan infrastruktur seperti airport, seaport & jalan tol
5. Memiliki aksesibilitas yang sangat efisien
6. Memiliki morfologi yang layak menjadi kawasan industri
7. Memiliki pasok energi yang kompetitif
8. Memiliki prospek kenaikan harga lahan yang signifikan
9. Berada di wilayah pengembangan industri terbaik ke 2 di dunia

Tema pengembangan kawasan industri kota subang nantinya juga memiliki beberapa konsep :
a. Konsep green industri
Aspek konsumsi air dan sumber daya alam oleh industri.
Aspek pengelolaan limbah industri
Aspek manajemen daur air yang di sekitar kawasan
b. Konsep Cluster Tertutup
Kawasan ini direncanakan memiliki beberapa insentif khusus pada bidang perpajakan, infrastuktur, dll yang tentu saja memerlukan batas fisik yang jelas supaya penerapan insentif tepat sasaran.

Selain industri, Kota Subang juga memiliki banyak sekali potensi komoditas yang diunggulkan, seperti komoditas buah, pertanian & budidaya ikan.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, di tengah kota subang akan dibangun kawasan Superblok. Superblok ini adalah Subang City Mall yang terdiri dari Apartemen & Mall untuk menunjang kegiatan para pengunjung.
Seperti yang sudah direncanakan, Subang City Mall akan dibangun sebanyak 3 gedung apartemen & 2 gedung mall umkm. Gedung apartemen milik Subang City Mall sendiri juga akan memiliki banyak fasilitas seperti Fitness center, Jogging track, waterboom, lapangan basket, lapangan futsal, dan Kids playground.

Fasilitas ini nantinya tidak hanya bisa dinikmati oleh para pemilik apartemen Subang City Mall, namun juga bisa dinikmati oleh pengunjung atau masyarakat dari luar dengan menggunakan member card yang telah disediakan pihak Subang City Mall.

Rencananya, sebanyak 3 gedung apartemen Subang City Mall ini akan dibangun secara keseluruhan dengan menggunakan 1 tipe yakni tipe studio (21m2) dan semua kamarnya difasilitasi dengan smart furniture untuk memaksimalkan fungsi ruangannya.

Selain apartemen, Subang City Mall juga berencana membangun 2 gedung mall umkm yang nantinya akan dibuat tepat di depan apartemen. 2 gedung ini sudah direncanakan memiliki 2 lantai dengan perkiraan jumlah tenant sebanyak 1424 unit. Ada fasilitas yang akan diberikan di dalam mall umkm seperti kids playground, atm center, toilet & mushola. Dengan harapan bisa memberikan fasilitas terbaik untuk para pengunjung Subang City Mall nantinya.

Lalu kenapa memilih Subang untuk dijadikan kawasan Superblok Subang City Mall?
Karena,
- Dekat dengan akses ke Pelabuhan Patimban sebagai pelabuhan Internasional yang akan mencapai angka 7.5 Juta Teus.
- Subang berada di salah satu kawasan “Segitiga Rebana” yang dicanangkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sebagai kawasan industri paling maju di Indonesia.
- Industri Terbesar akan hadir di Subang (Otomotif, elektronik, makanan & minuman, tekstil dan kimia)

Dengan kelebihan dan keunggulan tersebut, maka sangat layak jika Subang dinobatkan sebagai kawasan industri yang sangat maju nantinya dan tentu saja sangat baik untuk area investasi di masa depan.
Dan Subang City Mall akan menjadi kawasan superblok pertama dan terlengkap di kota subang.
Diubah oleh Subangcitymall
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di