alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mending Mana Sih, Olahraga Pagi atau Malam?
4.67 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4d471bd43972359826ac58/mending-mana-sih-olahraga-pagi-atau-malam

Mending Mana Sih, Olahraga Pagi atau Malam?


Mending Mana Sih, Olahraga Pagi atau Malam?


Olahraga penting banget. Nggak cuma buat kemaslahatan kehidupan kita saat ini aja nih GanSis, tapi juga buat bekal kita di masa depan. Kita pasti udah banyak mendengar manfaat soal olahraga nggak cuma buat fisik tapi juga psikologis. Nggak usah sering-sering, sekali seminggu asal rutin pun sebenarnya udah cukup. Kapan sih waktu yang tepat untuk berolahraga? Pagi atau malam?

Nah untuk yang satu ini, ada beberapa pendapat berbeda yang dikemukakan oleh ahli dari berbagai sumber. Ada yang bilang olahraga itu paling bagus dilakukan pagi hari. Selain karena bisa membantu menyegarkan pagi dan membuat kita terbiasa untuk bangun lebih awal dan bergerak, olahraga pagi juga disebut lebih sedikit distraksi. Tapi di sisi lain ada juga yang bilang kalau olahraga malam justru lebih punya banyak manfaat.

Mending Mana Sih, Olahraga Pagi atau Malam?


Menurut seorang personal trainer dari Right Path Fitness yang berbasis di London bernama Keith McNiven, melakukan kegiatan olahraga di pagi hari terutama buat kamu yang punya kartu membership gym, memiliki keuntungan seperti misalnya ruangan olahraga masih sepi dan kamu bisa lebih leluasa untuk menggunakannya. Selain itu, dengan menyempatkan berolahraga di pagi hari maka di malam harinya kamu bisa lebih punya banyak waktu luang untuk beristirahat atau menikmati waktu bersama keluarga.

Bagaimana dari sisi kebugaran tubuh?

Dari segi kebugaran, berolahraga di pagi hari disebut McNiven bisa membentuk otot dengan lebih cepat. Tentu kamu yang memang sedang "dikejar target" untuk membentuk otot wajib tahu nih. Tapi kenapa olahraga pagi-pagi berpengaruh dengan kecepatan pembentukan otot?

Menurut Keith, tingkat hormon testosteron yang membangun massa otot lebih tinggi di pagi hari dibandingkan dengan malam hari. Makanya kamu harus memanfaatkan keuntungan dari perputaran hormon ini. Karena testosteron sedang berada di puncak-puncaknya, kamu harus terpacu untuk bergerak agar pertumbuhan otot kamu juga jadi lebih maksimal.

Selain itu, berolahraga di pagi hari juga bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Nah yang ini sangat penting untuk yang mau menurunkan berat badan. Berolahraga di pagi hari akan meningkatkan proses metabolisme kita sepanjang hari sehingga kalori yang kita makan pun bisa dibakar lebih cepat sepanjang hari itu. Inilah yang disebut dengan 'afterburn', yaitu efek tubuh yang tetap bisa membakar kalori meski kita sudah tidak berolahraga atau pun sudah berada di sesi istirahat.

Mending Mana Sih, Olahraga Pagi atau Malam?


Lalu bagaimana dengan olahraga malam hari?

Ternyata ada banyak sekali manfaat olahraga malam hari GanSis. Salah satunya adalah tidur lebih nyenyak. Pengaruh dari capek sih kayaknya ya! Dengan tidur nyenyak, tubuh kita akan jadi lebih segar esok harinya. Nah selain itu, ada juga studi yang menyebutkan kalau olahraga di malam hari bisa meningkatkan ketahanan tubuh. Selain itu juga bisa meningkatkan pertumbuhan otot. Tapi nggak dijelaskan apakah berkaitan dengan hormon tertentu.

Manfaat ketiga dari olahraga di malam hari seperti yang ditemukan oleh Journal of Strength Conditioning Research adalah penurunan tekanan darah. Tekanan darah mereka yang olahraga di malam hari akan 15% lebih rendah ketimbang yang berolahraga di pagi hari.

Soal pembakaran kalori, olahraga di malam hari juga menjanjikan hal yang sama kok. Kelebihan lain dari olahraga di malam hari adalah durasinya bisa 20% lebih lama dan intensitasnya bisa lebih tinggi.

Tapi...

Hal ini kembali lagi nih ke availability masing-masing orang. Mau pagi atau malam hari sebenarnya olahraga tetap bermanfaat. Yang penting dilakukan dan rutin. Nah, salam olahraga!



Spoiler for Reference:



profile-picture
profile-picture
profile-picture
koi7 dan 15 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 10
Quote:


Iyaa kalo di gbk mah banyak. Juga ngadain olahraga gann... Asal jangan langsung jajan juga atau makan malem, entar percuma olahraga nyaa wkwkwkk

Haha iyaa olahraga dirumah jugaa sabi tuh gannn, kalo gamau keluar ya paling bisa workout aja dirumahh
Quote:


Nahhh sabi tuh ke gbk karena banyak juga kan yg olah raga malem di sono. Kalo ngga ya di komplek rumah sendiri aja, minimal kan tau tetangga hehe
Quote:


Benerr sihhh bareng temen palingan wkwkkwk... Tapi jarangg ada temen yang mau buat diajak lari begitu... Paling sih ane suka liat di gbk suka ngadain senam malem malem gitu... Mungkin ini bisa jadi alternative kalo mau olahraga malem wkwkwkwkwk
Quote:


Wkwkwk kalo takut digodain di jalan ajak temen buat nemenin sist kalo bisa ramean minimal 3 orang. Cuma agak susah nyari temennya kali ya:")
kalau saya sih mending pagi.
karna udara pagi hari itu kebih baik terus juga sinar mataharinya masih bagus untuk tulang. kalo malem kan udaranya udah ga baik jadi kebih baik pagi hari
kalo ane lebih suka olahraga pagi, apalagi mulai olahraganya sekitar jam setengah 6, itu udaranya masih seger enak banget
Quote:


Wahhhh gituu gann??? Jadi tips bagus nihhh gan... Ane juga sbenernya lebih suka olahraga malem... Biasanya ane skipping malem malem... Mau nyobain lari sihh... Tapi takut gan ahahahaha... Takut juga di goda godain pas lewat wkwkwkkwk
Quote:


Samaa samaaa. Ane pun cuma berdasar pengalaman aja kok gan, ane pernah nyobain nge gym pagi sama malem (beda hari ya tapi wkwk) dan lebih capek yg pagi


Quote:


banyak gan, futsal, bulu tangkis, renang, bowling, billyard dll emoticon-Jempol


Quote:


wah klo kaya gini olahraga favorit bapak" gan wkwk emoticon-Ngakak


Quote:


haha iya gan, terlebih futsal. wkwk beh auto pegel sebadan wkwk emoticon-Ngakak
pagi sih kalo ane... nice info nih gan... ditunggu thread2 lainnya yg informatif...
Quote:


Ohhhh ngelakuin nyyaa yang berat ya gann?? Anee sihh belom pernah ngerasain lari malem... Paling pernahnya lari pagi sama lari sore ajaa.... Jadi kurang tau perbedaannya gan.. Baru tau infonyaaa gann... Thank u gaann ahahahhaha
Quote:


emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
Quote:


Hmmm kayaknya bukan jam tidur deh soalnya tidur 6 jam tuh menurut ane udah cukup itungannya. Kayaknya ada yg salah gan tapi gatau apa heheheemoticon-Frown
Quote:


Berat pas dilakuinnya gan. Kalo bangunnya masih gampang. Jadi kayak biasanya lari pagi cuma kuat 3 putaran pas lari sore jadi kuat 4-5 putaran. Kayak beda rasanya
lebih bagus pagi hari:ad
Quote:



Serotonin adalah neurotransmitter yang ada di otak dan usus, dan terkait dengan kesehatan mental. Hormon ini juga berfungsi untuk membantu mengatur tidur, nafsu makan, dan mood.
profile-picture
nyimak92 memberi reputasi
Balasan post dirtyweekend
Quote:


wuanjir wkwkwkkwkwk emoticon-Ngakak btw untuk TS nice info emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh Yantaru
yang penting mah jangan olah raga lari dari kenyataan aja bre....
Halaman 1 dari 10


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di