alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / ... / Stories from the Heart /
3 HARI DI GODOK JADI ANGGOTA PENEGAK - [ CERPEN Hari PRAMUKA ]
4.5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4d45e92637727a5f32b64f/3-hari-di-godok-jadi-anggota-penegak----cerpen-hari-pramuka

3 HARI DI GODOK JADI ANGGOTA PENEGAK - [ CERPEN Hari PRAMUKA ]

Selamat siang, Selamat sore,
Selamat Malam agan - agan semua...

emoticon-Hai

Ini thread pertama ane ikutan sayembara Cerpen Pramuka. 


Cerpen biasa disebut dengan Cerita Pendek. Karena bertema Pramuka ane menyebutnya Cerita Pendidikan, tentunya pendidikan yg ane dapatkan selama ikut Pramuka. Ane ikut Kemah Pramuka 3 kali gan, pertama waktu ane kelas 2 dan kelas 3 SMP dan terakhir waktu ane duduk di kelas 2 SMA gan.

3 HARI DI GODOK JADI ANGGOTA PENEGAK - [ CERPEN Hari PRAMUKA ]

Hampir sama pendidikan dalam Pramuka dari 3 pengalaman ane ikut Perkemahan Pramuka. Jujur saja ane males gan! Tapi karena pihak sekolah mewajibkan ikut Gerakan pramuka jadi ane sebagai Siswa yg baik mentaati peraturan dari pihak Sekolah. emoticon-Big Grin Ane mau Cerita Pendidikan yg ane dapat selama ane ikut pramuka di kelas 2 SMA gan. Semoga bisa menambah pengetahuan bagi adik-adik yg akan ikut berkemah bulan AGUSTUS ini ya!


Quote:

PERSIAPAN KEMAH PRAMUKA

Di SMA ane diadakan wajib pramukasetiap hari sabtu setelah usai pelajaran. Upacara pramuka diadakan setiap sabtu, mulai Pukul 13.00 Wib. Biasanya seusai pulang sekolah ane gak pulang ke rumah gan, ane ngumpul & makan siang dikantin sekolah bersama temen-temen.

Pada hari kamis, tanggal 11 bulan Agustus 2011, sekolah ane akan mengadakan Kemah/camp dihalaman sekolah yg diikuti lebih dari 200 Siswa Pramuka penegak. Hal yg paling ribet menurut ane saat persiapan sebelum tanggal 11 Agustus yaitu mengkoordinasi teman-teman untuk membawa kesiapanPeralatan dan Perlengkapan Pramuka.

Anggota kelompok dibagi berdasarkan kelas, sehingga para siswa mudah berkomunikasi 1 dengan yg lainnya untuk menjamin regu sudah siap mengikuti acara Camp Pramuka dihalaman sekolah. Ane ditunjuk sebagai Ketua regu dikelas. Tapi ane tolak jadi ketua regu, karena tanggung jawabnya berat menurut ane, hhhe... emoticon-Big Grin

Quote:



PERALATAN & PERLENGKAPAN KEMAH

A. Iuaran Anggota Pramuka

Tugas pertama ane minta Ketua buat mencatat semua anggota cowok dikelas yg berminat ikut camp/Kemah dengan membayar iuran Rp25.000 / Anggota. untuk membeli perlengkapan dapur Seperti:  Beras,minyak goreng,  Sayur-sayuran, telur, ikan asin, cabe, garam, bawang merah, bawang putih, kentang dan tak lupa sayur kol emoticon-Big Grin

Selama pramuka kita harus masak sendiribersama regu kelompok masing-masing. Alhamdulilah ane punya koki masak, Jadi ane serahkan uang iuran dari anggota kelompok untuk kemudian dibelikan perlengkapan dapur untuk 2 hari, 3 malam masa kemah Pramuka.

B. Peralatan Masak dan Perlengkapan lainnya

Anggota kelompok yg ikut dalam regu ane ada 12 orang, dari masing-masing Nama Anggota, ane beri tugas untuk memilih membawa Perlengkapan & Peralatan Masak, seperti: Kompor, tabung Gas, wajan, panci atau dandang, ceret, sutel/solet, cowek/ulekan sambal, teko air, tikar/alas tidur & lampu penerangan (lampu teplok/sentir/diyan).
Tidak diperbolehkan memakai penerangan lilin karena bisa menimbulkan kebakaran. 




Quote:


MENDIRIKAN TENDA KEMAH

Tepat tanggal 11 Agustus acara perkemahan dimulai. Semua anak-anak Pramuka penegak jam 8 pagi harus sudah sampi dilokasi untuk mendirikan tenda kemah. Untuk tenda dan tali sudah dipersiapkan pihak Sekolah. Anggota kelompok hanya perlu mendirikan tenda bersama regu masing-masing. Karena ane lupa caranya, ane minta bantuan kakak pembina untuk mendirikan tenda.

Spoiler for foto dulu biar Gemes gan!:

Quote:

Setelah selesai mendirikan Tenda/ camp,ane dan teman-teman menata dapur masak, membuat wadah/tempat piring makan, gelas dan sendok, membuat rak sepatu, membuat pagar tenda dari bambu dan Manaburi sekeliling tenda pakai garam. Dari isu yg beredar menaburi Garam disekeliling tenda untuk mencegah tenda/camp dimasuki hewan melata seperti: Cacing dan Ular berbisa..


3 HARI DI GODOK JADI ANGGOTA PENEGAK - [ CERPEN Hari PRAMUKA ]

Hal terakhir yg dipersiapkan, menggelar tikar/kloso atau alas tidur. Menata tas berisi baju perlengkapan sebagai pengganti bantal tidur.

Setelah selesai semuanya, pukul 13.10 Wib selesai dilanjutkan Apel Upacara Pramuka. Dan mendengarkan arahan dari Pembina Pramuka, setelah upacara selesai dilanjutkan dengan kegiatan baris-berbaris pramuka dengan tongkat. Waktu latihan dimulai pukul 14.00 wib sampai 15.00 wib. Kemudian setiap regu akan di uji dengan mendengarkan arahan dari ketua regu masing-masing  untuk dinilai kesiapannya!

Quote:

Ada emosi, canda & tawa saat latihan karena ada yg error/salahmemberikan aba-aba ke anggota regu.  Pukul 17.00 wib kegiatan baris-berbaris pramuka selesai. Semua anggota dipersilahkan istirahat dan mandi. Selepas ba’da isya jam 19.00 Wib diminta berkumpul kembeli di lapangan sekolah.

*Kegitan malam hari ke-1

Setiap regu diminta membuat “lagu yel-yel” agar lebih semangat untuk regunya masing-masing sambil melakukan gerakan baris-berbaris. kemudian di uji Kakak pandega.
Pukul 21.30 wib kegiatan selesai. Semua anggota dipersilahkan istirahat. 



[Nostalgia Malam PRAMUKA]
Ane jadi ingat Waktu ane kemah pertama kls 2 SMP ane susah tidur gan! Karena tidak biasa tidur menggunakan tas ransel berisi pakaian sendiri. Ane bawa pakaian terlalu banyak, jadi terlalu tinggi buat bantalan tidur. Diperkemahan tidak diperbolehkan membawa bantal tidur. Hidup tanpa listrik dan suasana malam gelap gulita, Jam 22.00 Wib Kakak Pandega biasanya berpatroli untuk mengecek anak-anak Pramuka Penegak harus sudah tidur dan gak boleh keluyuran.
Ane lihat temen-temen ane pada tidur pules. Ane masih terjaga diantara kesunyian malam yg panjang. Ane buka ponsel sudah menunjukan pukul 22.35 Wib. Ane coba tidur, tetep gak bisa. dan Ane putuskan untuk coba keluar melihat-lihat tenda cewek gan..
emoticon-Genitemoticon-Genitemoticon-Genit hehe..


Quote:


Kakak Pembina selalu terkenal dengan Bentakan dan Galaknya. Bener gak sih gan? Ya walupun ada juga yg ngomongnya lembek. Sampai ditenda Claudia sudah gelap. Ane pun mengurungkan niat buat minjam senter, gagal ketemu cewek cantik nih gan! Hadeeeh....
“nih pasti karena ditemenin kakak pembina, kayanya Claudia pua-pura tidur!” emoticon-Nohopegumam ane 


Quote:

Ketika pagi hari setelah ba’da Subuh 04.30 Wib semua regu disibuk kan dengan aktivitas masak, mempersiapkan sarapan pagi sebelum Apel Upacara pramuka. Semua anggota harus sudah sarapan dan mandi sebelum mengikuti  Apel Upacara pramuka jam 8 pagi. Di ikuti agenda kegiatan lainnya..

Sebelum upacara, semua Ketua kelompok diminta menghadap Pembina untuk diberikan arahan kegiatan setelah Upacara Pramuka.  Dari informasi ketua regu ane kegiatan hari ke -2 “Outbond”ini dia yg ane tunggu-tunggu gan!

Setelah selesai Apel Pramuka, semua anggota dipersilahkan mengganti pakaian dengan baju olahraga dan celana training kemudian kembali berkumpul dilapangan untuk mendengakan arahan kakak pembina. 

Semua regu menunggu dilapangan menanti giliran untuk dipersilahkan jalan: menempuh perjalanan sejauh 5 kilo meterdengan berjalan kaki. Selama diperjalanan ada lebih dari 7 pos Kakak Pandega, disetiap Pos Anggota regu wajib menyanyikan “lagu yel-yel” dan menjawab teka-teki yg diberikan untuk memperolah tanda tangan Kakak Pandega. Mulai dari tebak-tebakan, tanya-jawab, games sampe memecahkan sandi morse pramuka.


Hal terekstrim yg pernah ane lalui menuruni sungai dengan tali, kemudian berjalan menyebrangi sungai dengan batuan licin...
3 HARI DI GODOK JADI ANGGOTA PENEGAK - [ CERPEN Hari PRAMUKA ]
karena batuan sungai yg licin sering kali anak putri terpeleset yg mengakibatkan baju dan celana menjadi basah. Agan tau kan artinya BASAH? Ngecap !
emoticon-Leh Uga

waktu menunjukan pukul 17.00 Wib kegiatan outbond selesai. semua anggota regu kembali dengan selamat & anggota regu dipersilhkan mandi, makan dan istirahat. Berkumpul kembali setelah ba’da isya dilapangan sekolah.

*Kegiatan Malam hari ke-2
Kegiatan malam diawali dengan apel Upacara pramuka. Agenda kegiatan malam setiap regu dipersilahkan untuk membaca puisi, bernyanyi atau berpantun dihadapan semua anggota pramuka sekolah termasuk pembina dan Majelis pembimbing.
Pukul 21.30 Wib kegiatan selesai. Semua anggota dipersilahkan istirahat. Kali ini ane langsung pules tidur malam, karena ane capek banget jalan kaki 5 kilo, nyebrang sungai. Udah kaya ninja Hatori nih ane... bedanya ane gak mendaki Gunung, melewati lembah sih emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin hhe..

Quote:


Ketika pagi hari setelah ba’da Subuh 04.30 Wib sama seperti kemarin. Semua regu disibuk kan dengan aktivitas masak, mempersiapkan sarapan pagi sebelum Apel Upacara pramuka. Semua anggota harus sudah sarapan dan mandi sebelum mengikuti  Apel Upacara pramuka jam 8 pagi. Di ikuti agenda kegiatan lainnya..

Kegiatan hari ini berjalan menelusuri desa melewati sawah-sawah dengan jarak tempuh 3 kilo Meter, berjalan kaki.bedanya kali ini memakai pakaian lengkap seragam Pramuka + lengkap dengan Atribut pramuka dan tongkat, dalam perjalan ada 5 pos Kakak Pandega.  

Quote:

Pukul 17.00 Wib kegiatan selesai. semua anggota regu kembali ke tenda masing-masing kemudian mandi, makan dan istirahat. Berkumpul kembali setelah ba’da isya dilapangan sekolah. Hari ke 3 merupakan hari terakhir. 

Malam perpisahan dengan api unggun... Ane merasa haru/sedih GAN !!
kakak Pandega yg galak mulai meminta maaf akan semua keslahan-kesalahannya, dan ane mulai rindu rumah gan.. badan Ane pegel-pegel pengen dikerokin.... emoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frown
*Kegiatan Malam hari ke-3

Kegiatan malam diawali dengan apel Upacara Pramuka dan sambutan rasa terimakasih Pembina Pramuka. Agenda malam, setiap regu dipersilahkan Mementaskan kegitan dengan 1 pilihan: membuat drama, minimal 5 Tokoh dihadapan semua anggota pramuka sekolah termasuk pembina dan Majelis pembimbing dan ditengah api unggun yg menyala. Berlomba-lomba menampilkan pertunjukan terbaik setiap regu untuk memperoleh hadiah. 

3 HARI DI GODOK JADI ANGGOTA PENEGAK - [ CERPEN Hari PRAMUKA ]
Pukul 23.30 Wib kegiatan selesai. Semua anggota Pramuka dipersilahkan istirahat. 





Quote:


Tepat pada hari minggu, tanggal 14 agustus 2011, diadakan Apel Pagi Upacara memperingati hari Pramuka Jam 07.00 Wib. Dihadiri oleh Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing dilapangan sekolah. Sambutan dari Pembina pramuka menandakan kegiatan perkemahan telah usai.

Ane dan temen-temen bergegas membereskan semua peralatan dan Perlengkapan masing-masing. Merobohkan tenda camp, mencabuti pagar bumbu, membuang sampah yg berserakan disekitar tenda. Lelah belum hilang, hari senin kegiatan belajar-mengajar disekolah sudah dimulai..

Quote:


Demikian thread ane kali ini...
sampai jumpa pada Thread ane lainnya,
emoticon-Repostemoticon-I Love Indonesiaemoticon-Rate 5 Star

Jangan lupa ane minta Rate 5 + Cendol ya gan! 


Sumber gambar: Google
jaman itu HP ane jadul, buat moto malah BURAM - Mirip penampakan emoticon-Ngakak



profile-picture
profile-picture
alizazet dan Bangdedoy memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di