alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
Resep Kerak Telor Mini Khas Warga Betawi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4d4568e83c72463e4667ad/resep-kerak-telor-mini-khas-warga-betawi

Resep Kerak Telor Mini Khas Warga Betawi

Resep Kerak Telor Mini Khas Warga Betawi

Hai sobat pada artikel yang kali ini kita akan membahas tentangresep kerak telor mini dan bagaimana cara pembuatanya. Kerak telor adalah salah satu makanan khas dari daerah Jakarta atau Betawi. Kerak telor bisa dikatakan sebagai fast foodnya masyarakat Jakarta.

Tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk menyajikannya, hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit maka kalian sudah bisa menyantap kerak telor hangat yang nikmat. Makanan yang memiliki rasa gurih dan legit ini memang sejak lama menjadi kebanggaan warga Jakarta.


Kuliner yang terkenal lezat ini bahkan pada masa kolonial Belanda sempat menjadi primadona di kota yang dahulu bernama Batavia ini. Biasanya kerak telor sering dijajakan saat adanya Pekan Raya Jakarta, namun selain acara tersebut kita dapat menemukan pedagang kerak telor di daerah monas.

Kerak telor ada dua yaitu kerak telor ayam dan kerak telor bebek. Saat kalian ingin membelinya pasti ditanya ingin kerak telor ayam atau telor bebek. Ada yang unik dari cara memasak kerak telor, karean telor dimasukan kedalam wajan tanpa menggunakan minyak.

Ketika telor setengah matang, maka wajan akan dibalik menghadap panas arang dari anglo lalu dibiarkan sehingga menjadi kerak. Setelah permukaan telor agak sedikit gosong, kerak telor kemudian diangkat dan diberi bumbu lalu siap dihidangkan.

Kerak telor sama sekali tidak menggunakan kompor dalam proses memasaknya, melainkan anglo dan arang. Cara memasak dengan anglo ini digunakan untuk menjaga rasa khas dari kerak telor agar tetap gurih dan legit.


Meskipun banyak muncul kreasi makanan baru namun tidak membuat penikmat kudapan kerak telor ini semakin sepi. Biasanya kerak telor dijajajkan menggunakan pikulan panjang dengan sisi kedua.



Sejarah Kerak Telor

Ketika zaman penjajahan Belanda dahulu, kerak telor tercipta secara tidak sengaja karena hasil coba-coba sekawanan orang Betawi yang tinggal di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Jakarta yang dulu terkenal dengan nama Batavia memiliki banyak pohon kelapa.


Sehingga masayarakat disana memanfaatkan buah kelapa untuk memasak berbagai jenis makanan, salah satunya adalah kerak telor. Sekitar tahun 1970, masyarakat daerah Betawi baru mulai berani menjajakan kerak telor di kawasan Tugu Monas.

Makanan ini menjadi daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan berdatangan ke Jakarta. Bahkan kelak telor menjadi makanan kaum elite. Resep kerak telor memang beredar dimana-mana salah satunya internet, namun kalian belum tentu bisa membuatnya sendiri.

Persiapan untuk membuat makanan kerak telor membutuhkan waktu kurang lebih selama sehari. Terutama di tahap awal saat membuat beras ketannya lunak tanpa dimasak, yaitu dengan cara direndam semalaman.


Jika kalian penasaran dan ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah, langsung saja kita simak resep kerak telor mini dibawah ini.



1. Resep Kerak Telor Mini Ayam

Resep Kerak Telor Mini Khas Warga Betawi


Bahan-Bahan Yang Digunakan :


- 50 gr beras ketan putih

- 100 ml air

- 1/2 kelapa , diparut kasar dan di sangrai

- 2 butur telur ayam

- udang ebi secukupnya, rendam dan haluskan

- bawang goreng secukupnya

- 2 cabai merah keriting dihaluskan

- 2 cm ruas kencur, haluskan

- 1 cm ruas jahe dihaluskan


Cara Membuat Kerak Telor Mini Ayam :


- Panaskan minyak, tuang dan tumis bumbu yang sudah halus sampai harum

- Sebelum memasakan rendam beras ketan putih dengan air semalam

- Panaskan wajan cekung, tuang 2 sendok makan beras ketan putih yang sudah direndam, lalu siram dengan 3 sendok makan air rendaman beras. Biarkan sampai setengah kering.

- Kocok 2 butir telur ayam, masukkan bumbu halus yang sudah di tumis dan masukkan ebi yang sudah di tumbuk dan taburi bawang goreng kemudian garam , gula

-Tuangkan telur yang sudah di campur bumbu ke atas ketan, Aduk-aduk dan diratakan di penggorengan, Biarkan sampai matang sambil ditutup, dan tunggu hingga matang

- Taburi dengan kelapa sangrai dan bawang merah goreng

- Kerak telor khas betawi siap disajikan.


2. Resep Kerak Telor Mini Bebek

Resep Kerak Telor Mini Khas Warga Betawi


Bahan-Bahan Yang Digunakan :

- 100 gram beras ketan putih

- 250 ml air

- 100 gram kelapa parut disangrai untuk taburan

- 5 butir telor bebek

- 15 gram ebi diseduh, disangrai dan dihaluska

- 30 gram bawang merah goreng

- 1 sendok makan minyak untuk menumis

- Bawang merah goreng untuk taburan

Bumbu Halus :

- 4 cabai merah keriting

- 3 cm kencur

- 1 cm jahe

- 1/2 sendok teh merica


Langkah-Langkah Cara Membuat Kerak Telor Mini Ayam :


-Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum.

- Rendam beras ketan putih dan air semalam. Tiriskan.

- Panaskan wajan cekung. Beri 1 1/2 sendok makan beras ketan putih. Siram dengan 3 sendok makan air rendaman beras. Biarkan sampai setengah kering.

- Kocok 1 butir telur bebek, 1/2 sendok teh bumbu halus, 1/2 sendok teh ebi, 1/2 sendok makan bawang merah goreng, 1/8 sendok teh garam, dan 1 /8 sendok teh gula pasir.

- Siram ke atas ketan. Aduk-aduk sambil diratakan di penggorengan. Biarkan sampai matang sambil ditutup. Balik penggorengan di atas bara api. Biarkan sampai matang. Angkat.

- Tabur kelapa sangrai dan bawang merah goreng.


Manfaat Kerak Telor Bagi Kesehatan


1. Bisa Mencegah Anemia

Alasan kenapa kerak telur ini sangat efektif untuk mencegah anemia dikarenakan kandungan vitamin B6 yang terkandung di dalamnya. Kandungan vitamin B6 ini memiliki kemampuan untuk memproduksi sel-sel darah merah.


Untuk itulah kenapa kerak telor ini merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan untuk para penderita penyakit anemia.



2. Bisa Membantu Mengontrol Nafsu Makan

Lagi-lagi kandungan vitamin B6 yang berada pada kerak telur ini bisa memberikan manfaat yang besar untuk kalian. Sebab kandungan vitamin B6 pada kerak telor ini bisa membantu mengatur nafsu makan dan bisa membantu untuk menjaga suasana hati kita juga.


Maka dari itu bagi kalian yang merasa nafsu makannya kurang atau bahkan sedang tidak nafsu makan, pilihlah menu kerak telor ini supaya nafsu makan kalian akan bertambah atau bisa pulih kembali.


3. Dapat Menyehatkan Sistem Pencernaan

Serat sangat diperlukan oleh tubuh kita untuk memperlancarkan sistem pencernaan. Dikarenakan pada kerak telor ini mengandung serat yang cukup tinggi, maka secara otomatis kerak telor adalah salah satu menu makanan yang bisa membantu memperlancar sitem pencernaan.


4. Sebagai Sumber Energi

Kerak telor juga dikenal sebagai salah satu makanan sumber energi yang cukup baik. Hal ini tidak lain dikarenakan di dalam kerak telor ini terkandung karbohidrat yang cukup tinggi. Dan tentunya kita paham betul jika karbohidrat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi.


5. Mengatur Aktivitas Hormon Tiroid

Agar supaya hormon tiroid yang ada di dalam tubuh kita bisa bekerja secara optimal, ternyata bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan kerak terlor ini. Alasannya adalah dikarenakan pada kerak telor ini mengandung zat yang bernama selenium.


Kandungan selenium pada kerak telor ini memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan kerja kelenjar tiroid dengan cara mengatur aktifitas dari hormon tiroid dan juga memiliki kemampuan untuk membantu pembuluh darah supaya bisa berfungsi secara baik.


6. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan selenium yang cukup tinggi pada kerak telor bisa memberikan pengaruh yang sangat besar terutama untuk kesehatan tubuh kita. Hal ini dikarenakan selenium yang terkandung di dalam kerak telor juga memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas.


Selenium ini sangat diperlukan oleh tubuh agar supaya dapat melindungi sel-sel tubuh kita dari kerusakan yang umumnya diakibatkan oleh radikal bebas. Untuk itulah kenapa kerak telor bisa dikatan sebagai menu makanan sehat untuk menangkal radikal bebas.


7. Menjaga Kesehatan Tulang

Untuk menjaga kesehatan tulang, selain kalsium, tubuh kita juga membutuhakan zat yang bernama protein. Protein ini memiliki manfaat untuk menjaga tulang dan juga jaringan tulang supaya tetap sehat.


Dan kabar baiknya adalah di dalam kerak telor ini juga mengandung protein yang cukup tinggi. Itulah kenapa dalam hal ini kerak telor dikatakan juga sebagai menu makanan untuk menjaga kesehatan tulang.


8. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita bisa melakukannya dengan cara rutin mengkonsumsi kerak telor. Kandungan yang berada di dalam kerak telor sudah terbukti dapat menjaga sistim kekebalan tubuh kita sehingga tidak akan mudah terjangkit oleh kuman ataupun penyakit.


9. Menjaga Sistem Metabolisme Tubuh

Untuk menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap sehat kita bisa dilakukan dengan rajin mengkonsumsi kerak telor. Kandungan yang ada dalam kerak telor terbukti mampu menjaga sistem metabolisme agar berfungsi secara maksimal.


10. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Jika kalian penderita jantung maka untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi kerak telor. Kandungan serat yang ada di dalamnya bisa membantu menurunkan resiko penyakit jantung sehingga jantung kalian akan tetap sehat.


Banyak yang belum menyadari akan khasiat atau manfaat yang terkandung di dalam kuliner khas Betawi yang satu ini. Maka dari itu mulailah untuk memanfaatkan khasiat kerak telur. Apalagi selain rasanya lezat, secara harga kerak telur juga terbilang sangat murah.


Demikian artikel tentang resepkerak telor ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih.












Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di