alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kopi Gayo Sukses Tembus Pasar Kanada dan AS
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4d441509b5ca3643582dee/kopi-gayo-sukses-tembus-pasar-kanada-dan-as

Kopi Gayo Sukses Tembus Pasar Kanada dan AS

Spoiler for kopi enak:


Eksportir kopi gayo dari Takengon, Aceh, sukses menembus pasar Kanada dan Amerika Serikat. Para pelaku usaha tersebut sebelumnya telah mengikuti serangkaian program Indonesia-Canada Trade and Private Sector Assistance (TPSA) Project.

Program pembinaan ekspor proyek TPSA dilakukan secara komprehensif kepada calon eksportir kopi gayo di Takengon. Para pelaku usaha asal Aceh yang mendapatkan manfaat dari program TPSA dan meraih sukses yaitu Koperasi Redelong Organik, Koperasi Kopi Wanita Gayo (Kokowagayo), Koperasi Serba Usaha (KSU) Arinagata, PT Meukat Komuditi Gayo, dan PT Orang Utan Kopi Lestari.

Atas keberhasilan tersebut, Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Marolop Nainggolan pekan lalu memberikan penghargaan kepada para eksportir.

"Pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada para pelaku usaha kopi gayo yang sukses menembus pasar Kanada dan Amerika Serikat,” ujarnya.

Ketua Koperasi Kokowagayo Rizkani, program TPSA memberikan manfaat bagi pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk, memenuhi standar internasional, dan melatih perusahaan menjadi lebih profesional dalam menjalin kerja sama bisnis dengan buyer mancanegara. Perusahaan-perusahaan koperasi Kokowagayo telah mendapatkan beberapa kontrak dari Kanada dan sebanyak empat kontainer telah dikirim pada Juli lalu.

Senada, Ketua KSU Arinagata Ara Sibarani bilang, lewat proyek TPSA pelaku usaha dapat memperoleh pengetahuan cara mengembangkan manajemen usaha, efisiensi produksi, cara menjalin kemitraan dengan calon pembeli, serta strategi promosi dan pemasaran produk ekspor. KSU Arinagata mendapatkan kontrak sebanyak 10 kontainer dari hasil proyek TPSA. Kontrak juga didapatkan oleh tiga pelaku usaha lainnya, yaitu Koperasi Redelong Organik, PT Orang Utan Lestari, dan PT Meukat Komuditi Gayo.

Proyek TPSA merupakan kerja sama Indonesia-Kanada yang bertujuan meningkatkan perdagangan dan investasi kedua negara yang berlangsung sejak 2014 hingga 2019. Program tersebut memberi manfaat dalam hal peningkatan kualitas produksi, pemenuhan standar, strategi promosi, dan cara untuk bernegosiasi dengan calon buyers, serta memotivasi pelaku usaha untuk terus maju. Hasilnya, pelaku usaha kopi gayo mampu untuk melakukan ekspor secara langsung.

"Kemendag akan terus menjalin kerja sama dengan para pemangku kepentingan di beberapa negara. Selain itu, kita juga akan memanfaatkan para tenaga yang ahli di bidangnya sebagai upaya peningkatan daya saing pelaku usaha," kata Marolop.

Kemendag juga mendorong para pelaku usaha yang ingin memperluas pasar ekspor dapat berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia (TEI) ke-34 yang dijadwalkan berlangsung pada 16-20 Oktober 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan.

Rujukan

Spoiler for lihat tuh:
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
klo dah dapet pasar, jangan lupa jaga kualitas yak
Kopi Aceh gak ada lawan emoticon-thumbsup

Gw yg bukan orang Aceh aja sampe ketagihan sama kopi Aceh emoticon-thumbsup
profile-picture
youdoyouknow memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mantap jaya kopi luar negeri emoticon-thumbsup
baguslah..
biar jadi daya tarik wisatawan ke takengon
enakan starbuk
Quote:


Sis, bikin meme-nya pakai aplikasi apa?
ganjanya gmn om? top quality gak?
kopi tubruk emang maknyos emoticon-Big Grin
Ayo kopi2 nusantara lain. Mandailing, solok, lintong, kerinci, karo, lampung, malabar, pangalengan, merapi, bondowoso, toraja, lombok, bali, flores, papua, buktikan nikmat kalian! 👏👏👏
untung kopinya, bukan budayanya emoticon-Smilie
Balasan post lupa.nama.
Quote:


Bener
Gw jg demen banget


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di