alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Sri Mulyani perpanjang aturan bea impor pelat baja dari 3 negara
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4d3961b8408868234bb698/sri-mulyani-perpanjang-aturan-bea-impor-pelat-baja-dari-3-negara

Sri Mulyani perpanjang aturan bea impor pelat baja dari 3 negara

Sri Mulyani perpanjang aturan bea impor pelat baja dari 3 negara
Pekerja memotong lempengan baja panas di pabrik pembuatan hot rolled coil (HRC) PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Cilegon, Banten, Kamis (7/2/2019).
Pemerintah memperpanjang pengenaan bea masuk anti-dumping (BMAD) terhadap produk Hot Rolled Plate (HRP) atau pelat baja dari tiga negara; Tiongkok, Ukraina dan Singapura. Pengenaan bea masuk anti-dumping tersebut dilakukan di tengah langkah pemerintah Tiongkok yang menghambat masuk beberapa produk baja asal Indonesia lewat pengenaan tarif serupa.

Perpanjangan aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 111/PMK.010/2019 yang diteken oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan mulai efektif diterapkan tanggal 14 Agustus 2019.

Adapun tarif BMAD yang dikenakan untuk Tiongkok sebesar 10,47 persen, kemudian Singapura 12,5 persen dan Ukraina 12,33 persen. Beleid baru ini adalah turunan dari PMK 50/2016 dan efektif berlaku mulai 14 Agustus 2019.

Aturan ini sebenarnya memperpanjang aturan terdahulu yang telah habis masa berlakunya. Pengenaan BMAD merupakan tambahan bea masuk umum atau tambahan bea masuk preferensi berdasarkan skema perdagangan barang internasional yang berlaku dalam impor.

Beleid itu menyebutkan, pengenaan bea masuk anti-dumping dilakukan berdasarkan hasil penyelidikan Komite Anti Dumping Indonesia (KADI) terhadap produk pelat baja. KADI telah melakukan penyelidikan sejak 5 Maret 2018 lalu dengan kode HS 7208.51.00 dan 7208.52.00.

KADI menyimpulkan masih ditemukan marjin dumping untuk perusahaan eksportir yang berasal dari ketiga negara tersebut. Apabila pengenaan bea masuk anti-dumping dihentikan maka kerugian negara dinilai akan berulang.

Impor pelat baja dari Tiongkok, Singapura, dan Ukraina secara absolut terus meningkat meskipun telah dikenakan BMAD sejak 1 April 2016. Dari catatan UN Comtrade, tren impor pelat baja dari tiga negara sempat anjlok pada 2015 dan meningkat sejak 2016.

Per 2018, impor tertinggi dari Ukraina sebanyak AS $55,54 juta, disusul Singapura senilai AS $39,75 juta, kemudian Tiongkok sejumlah AS $10,29 juta.

Pertumbuhan impor dari Ukraina melejit hingga 140,31 persen per 2018 dibandingkan tahun sebelumnya, sementara Singapura meningkat 17,37 persen dan Tiongkok 25,69 persen.

Pelat baja biasa digunakan sebagai bahan baku untuk membuat produk stainless steel cold-rolled, atau digunakan dalam pembuatan kapal, kontainer, rel/jalur, listrik dan industri lainnya.

Sementara itu pelaku industri baja menyambut baik perpanjangan pengenaan BMAD yang dilakukan oleh pemerintah. Chairman Indonesia Iron and Steel Industry Association (IISIA), Silmy Karim, mengatakan perpanjangan penerapan BMAD ini cukup efektif untuk mengurangi impor, walau pengawasannya masih perlu ditingkatkan.

"Perpanjangan ini sangat baik dan pengenaan BMAD cukup efektif walaupun efektivitasnya ditentukan juga oleh pengawasan," kata Silmy dikutip dari Bisnis.com.

Menurut Silmy, yang juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk., saat ini yang paling berdampak pada industri baja adalah pembatasan dalam pemberian izin impor oleh Kementerian Perdagangan, termasuk di dalamnya rekomendasi teknis dari Kementerian Perindustrian.

Selain itu juga diperlukan Peraturan Menteri Keuangan yang mengikutsertakan bea cukai dalam pengawasan menindaklanjuti Permendag No.110/2018.

"Hal ini karena sebelumnya pada Permendag No.22/2018 tidak ada lagi peran bea cukai," jelasnya.
Sri Mulyani perpanjang aturan bea impor pelat baja dari 3 negara


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-dari-3-negara

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Sri Mulyani perpanjang aturan bea impor pelat baja dari 3 negara Gubernur Jabar jamin nelayan Karawang segera dapat ganti rugi

- Sri Mulyani perpanjang aturan bea impor pelat baja dari 3 negara Lampu kuning defisit neraca dagang kuartal II/2019

- Sri Mulyani perpanjang aturan bea impor pelat baja dari 3 negara Urus impor bawang putih, Nyoman diduga minta imbalan Rp3,6 M

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di