alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tol Tangerang-Merak Uji Coba Sistem Pembayaran Tanpa Sentuh, Ini Cara Kerjanya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4d388e8012ae1bbf0bd0c1/tol-tangerang-merak-uji-coba-sistem-pembayaran-tanpa-sentuh-ini-cara-kerjanya

Tol Tangerang-Merak Uji Coba Sistem Pembayaran Tanpa Sentuh, Ini Cara Kerjanya

Tol Tangerang-Merak Uji Coba Sistem Pembayaran Tanpa Sentuh, Ini Cara Kerjanya

PT Marga Mandalasakti (MMS) melakukan uji coba sistem pembayaran tanpa sentuh di ruas jalan tol Tangerang-Merak. Pada tahap pertama, uji coba diberlakukan di empat gerbang tol (GT). "Uji coba sudah diberlakukan Serang Timur, Serang Barat, Cikupa dan Cikande, masing-masing satu lajur," kata Presiden Direktur PT MMS Krist Ade Sudiyono di Serang, Kamis (8/8/2019).

Uji coba sistem pembayaran tanpa sentuh tersebut menggunakan sistem Single Line Free Flow (SLFF) dimana pengguna kendaraan bisa langsung melewati gerbang tol tanpa proses tap kartu. Pengguna kendaraan yang melintas di GT ini, sebelumnya harus memiliki sebuah alat yang diletakkan di dalam mobil atau on board unit (OBU). Alat inilah yang kemudian akan dibaca oleh sensor yang terpasang di lajur khusus LSFF.

Serupa dengan e-toll card, alat ini juga berfungsi sebagai alat pembayaran. Oleh karena itu, pengendara yang melintas harus memiliki saldo OBU yang cukup. "Sebelumnya kita hanya uji coba berfungsi atau tidak alatnya, tapi sekarang ada peningkatan ke sistem pembayaran, sudah bisa menggunakan e-money atau e-wallet," kata dia.

Ade mengatakan, jika sistem ini sudah diterapkan, bisa menghemat waktu berkendara di jalan tol lantaran mampu mengurangi antrian kendaraan di gerbang tol. Dengan sistem LSFF, kata dia, kendaraan bisa tetap melaju di gerbang tol dengan kecepatan maksimal 40 kilometer per jam. "Jadi tidak ada berhenti-berhenti lagi, kan kalau pakai kartu harus tap, dan ini bisa berhenti beberapa detik, artinya ada antrian di belakang," kata dia.

Jika uji coba ini berlangsung lancar, kata Ade, penerapan sistem ini secara resmi akan dilakukan pada 2020 mendatang di empat gerbang tol tersebut. "Tapi dalam pelaksanaannya dibutuhkan kesiapan tidak hanya dari pihak pengelola jalan tol saja, namun juga kesiapan dari masyarakat untuk beralih dari sistem manual dan otomatis menuju sistem free flow," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/201...-cara?page=all.

Pertanyaannya.. kalo yg lewat ga punya OBU ato saldonya ga cukup.. mitigasinya spt apa ??.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
sampe kapan sih tol jadi ring gratisan?
ada model scan plat nomor jg..
Diubah oleh sibuk.nyaleg
mitigasi nya suruh bayar pake uang cash tapi biaya tol nya jadi 2x lipat ato 3x lipat sekalian, sediain 1 orang di loket nya.. yakin efektif
Lihat 1 balasan
ini bukannya dulu pernah dicoba di tol mau ke bandara Soetta. OBUnya itu mahal.
Semoga lancar uji cobanya
Balasan post forbidenfive
kalo kejadian ke ente kira2 gmn ?

menurut gw kasus saldo abis itu karena infrastruktur buat cek saldo itu ga bebas, mestinya tiap SPBU punya fasilitas buat cek saldo atau ada cek point dimana driver bs cek saldo sblm masuk ke tol.

jgn blg HP NFC byk krn ga semua org udh pake HP NFC, mana kalo di rest area itu indomart/alfamart sering ga bisanya drp bisanya buat ngisi.
Diubah oleh dr.anonymous
Ga perlu sentuh, cukup dilirik aja.
nah alatnya itu ntar yg ribet emoticon-Hammer2
Lha terus harus beli alat itu lagi..yg e-toll buat apa..saldo apa bisa di pindah ??

Maksud baik juga harus di barengi niat baik...jangan asal untung


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di