alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Pasteurisasi Susu dengan Kejut Listrik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4d361d28c9912dad5dd4bd/pasteurisasi-susu-dengan-kejut-listrik

Pasteurisasi Susu dengan Kejut Listrik

Pasteurisasi merupakan sebuah proses yang bertujuan untuk membunuh/mengurangi log organisme merugikan seperti bakteri protozoa, kapang, dan khamir sehingga pertumbuhan mikroba pada makanan/minuman menjadi lambat dan menjadikan makanan/minuman tersebut lebih tahan lama (dengan syarat produk yang telah dipasteurisasi didinginkan dan digunakan sebelum tanggal kedaluwarsa).

Pada dasarnya Pasteurisasi dilakukan dengan cara memanaskan makanan/minuman pada suhu tertentu sehingga organisme merugikan yang tidak tahan akan mati. Biasanya pemanasan dilakukan dengan menggunakan api kompor. Namun menggunakan cara tradisional tersebut kandungan protein dalam susu rentan rusak jika panasnya terlalu tinggi, kurang lebih kadarnya hanya mencapai 50% saja.

Untuk mengatasi kelemahan tersebut, saat ini sudah dikembangkan teknik pasteurisasi susu dengan cara "Kejut Listrik". Selain mikro organisme jahat pada susu mati seperti Escherichia Coli, Klebsiella, Shigella, Enterobacter, Pseudomonas, dan Staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan diare, teknik tersebut juga mempertahankan mikro organisme baik dan kandungan protein pada susu tetap terjaga di 95 - 98%.

Dari segi pemakaian listrik juga lebih hemat karena hanya menggunakan daya 90 watt, sedangkan pasteurisasi biasa memakai listrik 1.000 watt-1.500 watt. Ketahanan susu juga lebih tahan lama yang biasanya 3 hari bisa sampai 1 minggu.

Ini dia alatnya: 

Pasteurisasi Susu dengan Kejut ListrikPasteurisasi Susu dengan Kejut ListrikPasteurisasi Susu dengan Kejut ListrikPasteurisasi Susu dengan Kejut Listrik
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
profile-picture
bonga69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post kreator.9.ES
Quote:


Thanks gan
Iya foto sendiri emoticon-Ngakak
Okee gan


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di