alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Fakta Menarik Bunglon, Merubah Warnanya Bukan untuk Kamuflase
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4d35198d9b173b8e5a5469/5-fakta-menarik-bunglon-merubah-warnanya-bukan-untuk-kamuflase

5 Fakta Menarik Bunglon, Merubah Warnanya Bukan untuk Kamuflase

5 Fakta Menarik Bunglon, Merubah Warnanya Bukan untuk Kamuflase

Bunglon yang bernama latin bronchocela jubata, merupakan sebutan khusus untuk jenis reptil yang memiliki kemampuan mengubah warna kulitnya. Binatang yang umumnya berwarna hijau dan cokelat ini mempunyai habitat hidup di pohon dan juga di semak belukar.

Selama ini kita beranggapan bahwa tujuan bunglon mengubah warna kulitnya adalah untuk berkamuflase atau mengelabui musuhnya. Namun penelitian yang dilakukan sejumlah ilmuwan ternyata mengungkap hal yang berbeda. Penasaran kenapa bunglon mengubah warna kulitnya? Yuk simak ulasannya di bawah ini beserta fakta-fakta menarik lainnya tentang bunglon.


1. Bunglon merubah warna kulitnya untuk menjaga suhu tubuhnya dan juga untuk menunjukkan suasana hatinya
5 Fakta Menarik Bunglon, Merubah Warnanya Bukan untuk Kamuflase
Menurut penelitian, tujuan utama bunglon mengubah warna kulitnya adalah untuk menjaga suhu tubuhnya dan juga untuk menunjukkan suasana hatinya. Ketika bunglon mengalami perubahan suhu tubuh dan suasana hati, sistem sarafnya akan memberitahu kromatofora yang bertugas mengatur sel warna, untuk mengembang atau menyusut yang akhirnya akan mengubah warna kulit.

Bunglon diketahui tidak dapat menghasilkan panas tubuh sendiri, oleh karena itu bunglon tergantung pada suhu di lingkungan sekitar untuk menjaga kehangatan tubuhnya. Ketika suhu tubuh bunglon terlalu panas, mereka merespon dengan mengubah warna kulitnya menjadi lebih terang untuk memantulkan panas matahari, sedangkan ketika suhu tubuhnya dingin, bunglon akan mengubah warna kulitnya menjadi lebih gelap untuk menyerap lebih banyak panas dari luar.

Selain itu, bunglon mengubah warna kulitnya untuk menunjukkan emosi sekaligus berkomunikasi dengan bunglon lainnya. Ketika bunglon jantan mengubah warna kulitnya menjadi lebih terang, mereka sedang menunjukkan sikap agresif, sedangkan ketika warna kulitnya lebih gelap, si bunglon menunjukkan suasana hati yang tak nyaman. Perubahan warna kulit juga dipakai oleh bunglon betina untuk memberitahu bunglon jantan bahwa mereka siap kimpoi.


2. Mempunyai lidah yang panjang dan cepat
5 Fakta Menarik Bunglon, Merubah Warnanya Bukan untuk Kamuflase
Senjata utama bunglon untuk berburu makanan adalah lidahnya yang panjang, hampir dua kali panjang tubuhnya. Selain itu, lidah bunglon juga dilapisi zat lengket agar mangsanya tak mudah lepas ketika sudah ditangkap.

Ketika menangkap mangsanya, lidah bunglon dilontarkan secara balistik menuju sasaran dengan kecepatan yang mengagumkan, menurut penelitian kecepatannya bisa lima kali lebih cepat dari pesawat terbang. Memiliki lidah yang panjang dan cepat, memungkinkan bunglon untuk menangkap serangga yang berada agak jauh ataupun yang sedang terbang.


3. Mata bunglon dapat memutar 360 derajat dan melihat ke dua arah sekaligus
5 Fakta Menarik Bunglon, Merubah Warnanya Bukan untuk Kamuflase
Seperti reptil pada umumnya, kelopak mata atas dan bawah bunglon bergabung, dengan lubang kecil bagi pupil untuk melihat. Mata bunglon sangat unik karena dapat memutar hingga 360 derajat yang memungkinkan bunglon melihat ke sekeliling tubuh mereka. Selain itu matanya dapat bergerak ke dua arah yang berlawanan, sehingga dapat mengamati dua objek yang berbeda secara bersamaan.

Ketika melihat mangsanya, kedua mata bunglon akan melihat secara bersamaan untuk lebih meningkatkan fokus mereka. Mempunyai mata yang istimewa membuat bunglon memiliki penglihatan yang baik. Mereka dapat melihat serangga kecil yang berada 10 meter jauhnya.


4. Bunglon dapat melihat sinar ultraviolet
5 Fakta Menarik Bunglon, Merubah Warnanya Bukan untuk Kamuflase
Bunglon merupakan salah satu hewan yang dapat melihat sinar ultraviolet. Bunglon yang terkena paparan cahaya ultraviolet menunjukkan peningkatan pada perilaku sosial dan mengalami peningkatan aktivitas, sehingga mereka lebih suka untuk makan dan berjemur. Selain itu bunglon juga menjadi lebih aktif bereproduksi, karena paparan sinar ultraviolet memberikan efek positif pada kelenjar pineal mereka.


5. Bunglon memiliki pendengaran yang buruk
5 Fakta Menarik Bunglon, Merubah Warnanya Bukan untuk Kamuflase
Bunglon seperti halnya ular, merupakan reptil dengan sistem pendengaran yang buruk. Bunglon diketahui tidak memiliki bagian telinga luar dan telinga tengah, sehingga tidak ada gendang telinga untuk menangkap gelombang suara. Namun, bunglon tidak sepenuhnya tuli, mereka dapat menangkap suara dengan frekuensi tertentu, dalam kisaran frekuensi 200 sampai 600 Hertz.

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang bunglon, reptil unik yang mempunyai kemampuan mengubah warna yang mengagumkan.


Sumber : https://www.idntimes.com/science/dis...mpaign=network

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di