alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Berlaku 9 Agustus, Ini Daftar Lengkap Tarif Baru Grab & Gojek
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4d261cfacb9559a236db80/berlaku-9-agustus-ini-daftar-lengkap-tarif-baru-grab-amp-gojek

Berlaku 9 Agustus, Ini Daftar Lengkap Tarif Baru Grab & Gojek

Berlaku 9 Agustus, Ini Daftar Lengkap Tarif Baru Grab & Gojek[/font][/size][/color]

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan tarif ojek online baru untuk Grab dan Gojek akan mulai berlaku hari ini (9/8/2019) di 88 kota dan kabupaten lainnya.

"Ini adalah tahap ketiga. Kurang lebih 88 kota/kabupaten yang tarifnya juga akan segera naik mulai tanggal 9 pukul 00.00," kata Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Ahmad Yani di Kantornya seperti dikutip Jumat (9/8/2019).

Aturan mengenai tarif ojol ini ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 348 tahun 2019 yang merupakan turunan atas Permenhub 12/2019. 


Ada dua komponen penyusun tarif. Yakni tarif langsung dan tarif tak langsung. Tarif langsung ditentukan oleh kemenhub dan dievaluasi tiga bulan sekali. Tarif tidak langsung ditentukan Grab dan Gojek dengan besaran maksimal 20% dari total biaya. Berikut rincian tarif langsung ojek online.

Zona I (Sumatra, Jawa, Bali kecuali Jabodetabek): Rp1.850-Rp2.300 per km dengan biaya minimal Rp 7.000-10.000 untuk empat kilometer pertama.

Zona II (Jabodetabek): Rp2.000-Rp2.500 per km dengan biaya minimal Rp 8.000-Rp 10.000 untuk empat kilometer pertama.

Zona III (Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku, dan lainnya): Rp 2.100-2.600 dengan biaya minimal Rp 7.000-10.000 untuk empat kilometer pertama.


Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Ahmad Yani menegaskan bahwa aturan itu memang diterapkan secara bertahap. Hal ini untuk memudahkan penyesuaian terkait dengan aspek pengawasan.

" Target semua kota, September harus bisa semua kota terealisasi," ungkapnya.


Tentu saja, semua kota yang dimaksud adalah kota/kabupaten yang telah mempunyai layanan ojol. Di menyebut, sudah 123 kabupaten/kota yang menerapkan tarif baru. Jumlah itu sudah termasuk 88 kota yang baru menerapkan aturan mulai 9 Agustus besok berikut ini:

Zona I meliputi Jawa (di luar Jabodetabek), Sumatera, Bali:
Kota Sabang
Kota Bukittinggi
Kabupaten Agam
Kabupaten Lima Puluh Kota
Kabupaten Tanah Datar
Kota Padang PanjangKota Payakumbuh 
Kota Duri
Kabupaten Bengkalis
Kota Tanjung Pinang
Kota Jambi
Kabupaten Muaro Jambi
Kabupaten Kisaran
Kabupaten Asahan
Kabupaten Karo
Kabupaten Toba Samosir
Kota Tanjung Balai
Kota Padangsidempuan
Kota Padang Lawas Utara
Kabupaten Tapanuli Selatan
Kabupaten Serdang Bedagai
Kota Pematangsiantar
Kabupaten Simalungun
Kota Tebing Tinggi
Kota Rantau Prapat
Kabupaten Labuhan Batu
Kabupaten Batang
Kabupaten Cilacap
Kabupaten Kebumen
Kabupaten Banyumas
Kabupaten Brebes
Kabupaten Purworejo
Kota Pekalongan
Kabupaten Pekalongan 
Kabupaten Pemalang
Kabupaten Banjarnegara
Kabupaten Purbalingga
Kota Salatiga
Kabupaten Banyuwangi
Kabupaten Bojonegoro
Kabupaten Jember
Kabupaten Bondowoso
Kabupaten Jombang
Kabupaten Kediri
Kota Kediri
Kabupaten Nganjuk
Kota Madiun
Kabupaten Magetan
Kabupaten Ngawi
Kabupaten Ponorogo
Kota Mojokerto
Kabupaten Mojokerto
Kota Serang
Kabupaten Lebak
Kota Cirebon
Kabupaten Cirebon
Kabupaten Garut
Kabupaten Indramayu
Kabupaten Kuningan
Kabupaten Majalengka
Kota Tasikmalaya
Kabupaten Tasikmalaya
Kabupaten Subang
Kota Sukabumi
Kabupaten Sukabumi
Kabupaten Cianjur
Kabupaten Purwakarta
Kabupaten Sumedang
Kabupaten Ciamis
Kabupaten Pangandaran
Kota Banjar
Kota Malang
Kabupaten Malang
Kota Batu
Kota Tegal
Kabupaten Tegal
Kabupaten Demak
Kabupaten Kendal
Kabupaten Pati
Kabupaten Jepara



Zona III meliputi Kalimantan, Sulawesi, NTT, dan Maluku
Kota Bitung
Kota Tomohon
Kota Palopo
Kota Tarakan
Kota Ternate
Kota Sorong
Kabupaten Merauke
Kota Pare-Pare

Selebihnya, sisa daerah yang belum diterapkan akan menyusul pada September. Jumlahnya bervariatif. Go-Jek kini sudah memiliki layanan ojol di 221 kota sehingga tersisa 88 kota yang belum memberlakukan tarif baru. Sedangkan, Grab telah memiliki layanan ojol di 224 kota, dengan begitu sisa 101 kota yang belum memberlakukan tarif baru.


Wah Lumayan juga ya, gimana menurut agan2 sekalian? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

edit:
oops, lupa sumber:
https://www.cnbcindonesia.com/tech/2...aru-grab-gojek
profile-picture
azirma.ayrus memberi reputasi
Diubah oleh jointo
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
pemerintah juga harus berani menertibkan angkot & bus kota yang asal2an
yg diurusin tarif ojol mulu.....
pembatasan kendaraan pribadi kapan ? emoticon-Embarrassment
Lihat 2 balasan
Balasan post heisennberg
Ane setuju nih, cuman kayaknya bakal susah gan, dibikin ganjil genap orang punya 2 mobil beda plat.

Harus secepatnya tingkatkan angkutan publik lagi kayaknya nih....
Naik ya gan
Mahal? Tinggalin. emoticon-Cool
Balasan post jointo
Quote:


susah coy

mental orang kita itu susah diajak disiplin ama sadar lingkungan


kalo kena efeknya aja baru disiplin
Quote:


Justru ojol diurus baru akhir akhir ini.. kalo pembatasan kendaraan di jakarta, sejauh ini, paling efektif masih ganjil genap aja... Dan waktu jaman Asian Games, di Jakarta sih menurut ane ya lumayan drastis ya... Kalo harga bensin mobil pribadi dinaikin, pada demo semua, pajak dinaikin juga demo semua, parkir dinaikin juga sama demo semua.. serba salah jadi pemerintah sih.. sekarang diterapin parkir mobil harus di garasi aja pasti yang teriak banyak banget, padahal itu Undang Undangnya udah ada dari dulu, dan pemerintah gak berani disiplinkan itu dari jaman dulu... Paling sebel kalo udah lewat gang sempit, mobil pada parkir sembarangan, apalagi ngeliat garasi kosong tapi mobil taro luar... Padahal udah jelas yang namanya jalanan itu, walaupun jalanan komplek, itu milik umum, bukan pribadi...
profile-picture
profile-picture
erwaleste dan anita.sutanty memberi reputasi
Quote:


Angkutan publik mah wajib terus ditingkatkan.. boleh aja punya 2 mobil beda plat asal mampu bayarnya dan punya garasi nya sendiri... Jaman asian games, menurut ane cukup terbukti kok ganjil genap diperluas, pas bawa mobil, langsung berasa banget lebih lancar... Kalo punya mobil tapi disuruh macet2an terus gak worth juga lah, kecuali punya supir pribadi sih.. kalo ane sih mending combo ojek online + MRT / KRL untuk keliling Jakarta udah cukup banget..
emoticon-Hammer2
persaingan makin sengit antar angkutan daring ama luring emoticon-Belo
Quote:


bisnis yg menjanjikan, tinggal kuat apagak jalaninnya
Quote:


Gak setuju om. Jalanan kompleks perumahan itu bukan jalan umum. Kalo jalan umum, kenapa ada satpam nya? Tanah yg di beli oleh developer kompleks itu sudah milik pribadi. Dan itu tergantung pada kemurahan hati sang developer untuk buka itu jalan buat umum. CMIIW
Lihat 1 balasan
sing penting promone
Balasan post mat.piere
Quote:


Yah msute jalanan umum milik semua penghuni kompleklah. Emang mentang2 komplek boleh seenaknya prkirin mobil di jalanan nya? Trus gimana dengan hak penghuni yg lainnya
profile-picture
capcayster memberi reputasi
Quote:


Hmmm umum nya maksud ane bukan buat semua orang, tapi umum untuk warga... jalan itu merupakan fasilitas umum, bukan per orangan, fasilitas umum seperti jalan itu udah kewajiban dari developer, jadi jalan itu sejenis hibah... Jadi, kalau parkir di depan rumah itu sbenernya udah melanggar aturan menurut ane... Karena warga hanya mempunyai hak penuh di atas tanah yang dijadikan bangunan, bukan jalannya.. jadi seharusnya, walaupun di pemukiman, dishub boleh derek mobil yang parkir di jalan, kecuali ada plang resmi boleh parkir...

Perda no.5 tahun 2014 (khusus jakarta yaa)

Pasal 140
(1) Setiap orang atau badan usaha pemilik Kendaraan Bermotor wajib memiliki
atau menguasai garasi.
(2) Setiap orang atau badan usaha pemilik Kendaraan Bermotor dilarang
menyimpan Kendaraan Bermotor di ruang milik Jalan.
(3) Setiap orang atau badan usaha yang akan membeli Kendaraan Bermotor wajib
memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraannya yang
dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari Kelurahan setempat.
(4) Surat bukti kepemilikan garasi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) menjadi
syarat penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.
(5) Ketentuan lebih lanjut mengenai kepemilikan Kendaraan Bermotor diatur
dengan Peraturan Gubernur.
Diubah oleh capcayster
Quote:


Quote:


Nah kalo ini saya setuju. Umum untuk warga sana. Bukan umum dalam artian orang2 dari luar kompleks boleh masuk seenak nya dan komplain kalo banyak polisi tidur. Soal parkir, saya juga setuju. Walaupun itu kompleks, juga gak boleh menghalangi lalu lalang penghuni lain nya.
saling membatu gan..biar juga sama2 enak driver dan aplikator,
Pro Ojol emoticon-Ngakak
Dengan ada nya kabar gembira kenaikan tarif ojol maka para anggota monaslimin dan metrolimin secara otomatis terdaftar menjadi peOjol metropolis guna mendapat peluang penghasilan tambahan untuk demo
emoticon-Leh Uga hidup kenaikan tarip ojol moga minggu depan naik lagi.
Diubah oleh mibmobz
Quote:


Iya, kalo jaman dulu, walau di kota besar, masih ada istilah "tepo seliro", jadi gak usah pake aturan tegas pun semua udah tau diri... Sekarang makin padat bangunannya, apalagi kendaraannya dan tepo seliro tadi udah mulai hilang alias makin individualis...


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di