alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kenapa Banyak Orang Yang Kurang Disiplin ?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4d21d7c9518b20764483b0/kenapa-banyak-orang-yang-kurang-disiplin

Kenapa Banyak Orang Yang Kurang Disiplin ?

Memang tidak semuanya sih, karena ada juga kok beberapa teman saya yang sangat disiplin. Tapi eh tetapi, kebanyakan orang di lingkungan saya adalah orang yang sangat sulit untuk disiplin, tapi bukan berarti mereka sangat tidak disiplin, hanya saja mereka kurang disiplin.

Mungkin beberapa teman agan sista juga ada yang kurang disiplin. Bisa saja mereka itu kurang disiplin karena memang tidak tau mengenai arti dari sebenarnya disiplin.

Oke, dalam pengertian yang tertulis menurut saya : Orang yang disiplin itu adalah orang punya tanggung jawab, taat aturan, suka mengantri dan suka datang tepat waktu. Nah tanggung jawab disini bisa kesegala hal, misalnya tanggung jawab terhadap waktu atau dalam hal sepele seperti kebiasaan hidup sehari-hari.

Contoh kasus sederhana orang yang disiplin seperti ini gan : Si A punya hobi push rank mobile legend setiap malam, namun karena dia sudah kerja dan punya tanggung jawab atas pekerjaannya yang mengharuskan besok bangun pagi, maka si A ini bisa gadang semalaman tapi bangun tidak kesiangan sehingga bisa datang ke tempat kerja tepat waktu. Ini baru namanya orang disiplin.

Fakta kenyataan yang saya sebutkan ini tidak bersifat subjektif gan, ini nyata dan sangat objektif mengenai kebanyakan orang kita itu masih sangat sulit disiplin. Nyatanya saja, masih banyak orang membuang sampah sembarangan, membuang sampah ke sungai, mencoret-coret fasilitas umum atau vandalisme dan merusaknya, dan masih banyak lagi.

Yang paling sulit dibenahi adalah kemacetan gan, tapi aye kagak mau dah ngebahas macet di jakarta, soalnya itu luas banget penyebabnya, menurut aye enih bukan hanya masalah disiplin pengguna jalannya yang membuat jakarta macet, tapi dimulai dari yang ngasih izin pendirian bangunan, tukang angkot, yang parkir, jalan yang sempit karena pengguna mobil motor yang membludak, dan wah pokoknya banyak banget faktornya.

Namun apa yang bisa kita perbuat ? Gak mungkin kita membuat orang lain jadi mau disiplin, buktinya dengan banyaknya peraturan dibuat malah banyak yang melanggarnya. Padahal aturan itu dibuat untuk membuat kita jadi orang yang disiplin.

Yah mau gimana lagi sih, karena orang-orang kita jadi kurang disiplin itu disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini gan :

1. Masalah keluarga

Kenapa Banyak Orang Yang Kurang Disiplin ?


Ternyata bisa loh orang yang mengalami masalah keluarga menjadikan dirinya menjadi orang yang kurang disiplin. Misalnya broken home, sering ribut sama orang tua atau mertua, sehingga dia jadi kesal atau depresi yang membuat dia melakukan hal yang dia suka secara berlebihan sampai lupa dengan tanggung jawabnya sendiri.

2. Didikan orang tua

Kenapa Banyak Orang Yang Kurang Disiplin ?


Maaf yah, sekolah itu ada untuk membuat siswa nya taat aturan dan jadi orang disiplin. Tapi percuma juga kalau didikan orang tua yang membuatnya jadi karekter orang yang kurang disiplin. Kalau sering dimanja atau kalau ada apa-apa suka ngadu ke orang tua, terus sering buat kesalahan tapi suka dimaklum sama orang tua, dan sikap disiplin juga sering dicontohkan sama orang tua kita, maka ini akan membuat dia jadi orang yang kurang disiplin.

Katanya sih, keseringan dimarahin sama orang tua atau dibentak-bentak sama orang tua waktu kecil juga bisa membuat dia jadi orang yang kurang disiplin.

3. Orang malas

Kenapa Banyak Orang Yang Kurang Disiplin ?


Jadi orang malas boleh saja, asal harus tetap tanggung jawab dong sama kewajiban kita. Maksudanya, boleh aja malas kerja, tapi tanggung jawab sendiri yah kalau misalkan nanti kena SP atau dipecat. Jadi kalau terlalu pemalas maka ini namanya enggak disiplin.

Orang malas juga ada yang disiplin terhadap tanggung jawabnya gan, dan itu adalah orang kreatif gan. Contohnya saja, dia malas kerja sehingga pekerjaannya menumpuk. Tapi karena kreatif dan cerdas, sehingga pas deadline kerjaannya bisa selesai tepat waktu.

Ada juga yang lebih parah gan, dia malas mengikuti pelajaran dan suka tidur dikelas waktu pelajaran berlangsung. Tapi ajaibnya dia bisa mendapatkan nilai bagus pas ujian. Walau ini tanda orang yang kurang disiplin, tapi dia masih bisa mempertanggung jawabkan apa yang dia perbuat gan.

Intinya, selama yang orang malas bisa hasilkan sebuah hasil pencapaian yang bagus dan memuaskan, maka biasanya orang yang disekitarnya tidak terlalu peduli dengan sikapnya yang kurang disiplin. Tapi kayaknya enggak juga sih.

4. Faktor lingkungan dan pergaulan

Kenapa Banyak Orang Yang Kurang Disiplin ?


Sudah jelas gan, kalau agan hidup di lingkungan pergaulan bebas maka agan bisa jadi orang yang kurang disiplin gan. Lingkungan sekitar yang teramat sangat nyaman pun malah membuat kita jadi kurang disiplin. Karena cara kita hidup tentu akan menyesuaikan dengan lingkungan sekitar. Jika hidup dikorea utara, maka kamu akan teramat sangat disiplin terhadap atasan kamu gan, terus kalau hidup di jepang, maka kamu akan jadi orang yang disiplin kerja dan jadi suka mengantri. Karena mau tidak mau harus menyesuaikan dengan lingkungan kan !!

Kemudian teman pergaulan juga berpengaruh, misalnya kamu itu orang yang disiplin waktu, tapi karena bergaul dengan orang yang suka ngaret waktu, maka secara tidak sadar kamu akan terpengaruh menjadi orang yang suka ngaret juga kalau kamunya tidak punya prinsip yang kuat.

5. Terlalu lama dijajah

Kenapa Banyak Orang Yang Kurang Disiplin ?


Menurut buku sejarah yang saya baca : Indonesia merdeka setelah lepas dari penjajahan Belanda selama 350 tahun dan dijajah Jepang selama 3,5 tahun. Tapi saya heran, banyak teman saya yang nyeletuk ngomong kalau orang Indonesia susah diatur dan kurang disiplin itu karena dulunya terlalu lama dijajah.

Bukankah dulu orang Belanda itu menyuruh kita untuk kerja keras dan sangat disiplin agar dapat mengeruk habis kekayaan bumi Indonesia ? Seharusnya hal disiplin ini terwariskan dong kepada kita semua yang sudah menikmati lama Indonesia merdeka. Entahlah saya juga gak ngerti, hanya saja kita itu harus bisa meniru nenek moyang kita yang punya sifat pekerja keras dan disiplin tinggi.

Kesimpulannya :

Menurut saya hidup disiplin itu sangat tidak enak dan membosankan, lagipula disiplin tidak menjamin kita sukses kokk. Tapi kalau kita disiplin maka kita akan terhindar dari hal-hal yang nantinya bisa merugikan kita.

Dulu Jepang dan Jerman itu negara hancur karena kalah perang dunia, tapi sekarang sudah maju karena mereka itu orang-orangnya mau disiplin.

Singapur dan Korea Selatan juga dulunya negara kumuh dan saya juga waktu itu masih ingat ketika tahun 2000-an kalau tidak salah, waktu itu bandara di Korea Selatan masih kayak terminal bis di kita, kecil dan jauh dari kata modern kekinian. Tapi sekarang berubah jadi bagus, bersih dan terlihat modern banget karena mereka mau disiplin.

Indonesia kalau mau maju ya harus disiplin. Memang susah sih membuat orang lain disiplin, makanya paling tidak kita itu mulai disiplin dari diri kita sendiri gan.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!

Bacaan ringan lainnya :

"Namun apa yang bisa kita perbuat ? Gak mungkin kita membuat orang lain jadi mau disiplin, buktinya dengan banyaknya peraturan dibuat malah banyak yang melanggarnya. Padahal aturan itu dibuat untuk membuat kita jadi orang yang disiplin."

manusia memang lagi membuat neraka nya sendiri, biarkan saja emoticon-Embarrassment
no 1 setuju ane bre emoticon-Malu

Kenapa Banyak Orang Yang Kurang Disiplin ?
Lihat 2 balasan
Balasan post ridwan811951
Quote:


niat banget bikinnya emoticon-2 Jempol
Balasan post whyyoubannedme
Jepang itu disiplinnya sudah tradisi setelah kejadian apa ya lupa..

Namanya juga negara maju😎👍
Lihat 1 balasan
alasan no.4 paling banyak ditempat ane...
emoticon-Mewek
Balasan post monkeydfarly
Quote:

restorasi meiji ??
Disiplin itu seperti kesanggupan kita untuk menaati Kewajiban dan menghindari Larangan dalam Sebuah PERATURAN.
Tanpa hal ini kita Hidup seperti Hewan.
Diubah oleh abahpride
Lihat 1 balasan
Salfok sama ibu2 baju biru emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Balasan post abahpride
Quote:


mantap kopinya emoticon-2 Jempol
Balasan post snipiscope
Quote:


scene dari brazer emoticon-Malu


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di