alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
OLI MESIN MENGUAP SAAT MACET? INI CARANYA AGAR MESIN TIDAK OVERHEAT
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4d126e26377219cc208cfc/oli-mesin-menguap-saat-macet-ini-caranya-agar-mesin-tidak-overheat

OLI MESIN MENGUAP SAAT MACET? INI CARANYA AGAR MESIN TIDAK OVERHEAT

OLI MESIN MENGUAP SAAT MACET? INI CARANYA AGAR MESIN TIDAK OVERHEATMobil yang berhenti karena macet membuat radiator kurang mendapatkan embusan udara lebih dingin dari arah depan. Radiator akan kesulitan bekerja dan suhu ruang mesin meningkat karena kurang optimal melepas panas.
Kondisi tersebut membuat ruang mesin kepanasan dan sulit bekerja optimal. Bahkan di kondisi ekstrem bisa sampai terjadi overheat dan mesin mobil mati mendadak.

Sebab oli menguap

Saat suhu kerja mesin normal, sebenarnya oli telah membantu tugas mengurangi panas mesin. Masalahnya, oli mesin tidak memiliki sistem pendingin khusus sehingga menemui kesulitan melepaskan panas yang berlebih saat jalanan macet.

Secara alami oli juga mengalami penguapan saat suhu tinggi. Karena pada batas temperatur tertentu, energi dalam yang mengikat molekul hidrokarbonnya tidak sanggup lagi menahan diri akibat adanya energi panas dari luar.

Memang oli mesin mobil modern pada saat ini telah memiliki aditif yang membuatnya lebih tahan panas dan tidak mudah menguap. Masalahnya, tetap ada batas suhu maksimal sampai akhirnya oli akan menguap.
Asal masih dalam kadar aman, penguapan oli mesin masih wajar saja. Itulah mengapa sangat direkomendasikan untuk ganti oli setiap 6 bulan sekali atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Masalahnya jika Anda sama sekali tidak peduli pada kondisi oli mesin, seperti tidak pernah mengecek volume oli lewat tongkat pemeriksa (dipstick). Tanpa sadar, oli mesin berkurang atau bahkan sampai habis.
Akibat oli menguap

Volume oli yang tidak sesuai kebutuhan akan membuat tugasnya melumasi, mendinginkan, membersihkan, dan melindungi mesin semakin berat. Jika dibiarkan akan membuat usia pakai komponen mesin turun dan cepat rusak.


Turunnya kondisi komponen membuat mesin kesulitan mengail tenaga sehingga performanya turun. Selain tentunya membuat boros konsumsi bensin karena Anda akan menekan pedal gas lebih dalam untuk mendapatkan tenaga.


Apalagi kalau sampai oli mesin habis total. Komponen mesin yang bergesekan tanpa ada pelumas akan membuat mesin macet dan rusak parah. Biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki pun tidak murah.

Oleh sebab itu, jangan pernah lupa untuk membawa mobil anda ke bengkel terdekat untuk service secara berkala dan juga oli mesin yang harus diganti.
Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai dunia otomotif ??? kunjungi Auto2000 untuk mendapatkan lebih banyak informasi dalam dunia otomotif.



profile-picture
profile-picture
azidqi dan budimola1990 memberi reputasi
Diubah oleh albernevan08
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
intinya rutin ganti oli mesin sama sering service ke bengkel resmi
mantep pak
Quote:


Ya gitu deh gan emoticon-Ngakak
Wah ane baru tau loh gan oli bisa nguap juga ya? Kirain ane tuh karena kental jadi susah buat nguapnya. Makasih atas tambahan infonya gan emoticon-Cendol Gan emoticon-2 Jempol
bermanfaat neh


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di