alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
DKI Wacanakan Kanalisasi Sepeda Motor di Lajur Paling Kiri
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4c294e8012ae4fe3595c01/dki-wacanakan-kanalisasi-sepeda-motor-di-lajur-paling-kiri

DKI Wacanakan Kanalisasi Sepeda Motor di Lajur Paling Kiri

DKI Wacanakan Kanalisasi Sepeda Motor di Lajur Paling Kiri

 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak akan mengenakan kebijakan ganjil genap kepada kendaraan roda dua. Keputusan ini diambil dari simulasi yang telah dilakukan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafri Liputo, pengendara motor rencana bakal dikenakan sistem kanalisasi. Kebijakan kanalisasi hampir sama seperti yang ada di sepanjang Jalan Rasuna Said. Motor akan diarahkan untuk berada di satu jalur yakni kiri jalan.

"Untuk sepeda motor, kami sudah simulasikan semua nah sepeda motor itu tidak dikenakan," kata Syafrin saat dihubungi, Kamis (8/8).

Syafrin menjelaskan kanalisasi akan dikenakan bagi motor untuk tujuan keselamatan, bukan pembatasan jalan. Sebab, menurut Syafrin pada saat perluasan ganjil genap maka kecepatan kendaraan akan meningkat.

"Oleh sebab itu, kebijakan pararel dengan itu ada manajemen dan rekayasa lalu lintas sepeda motor berupa kanalisasi. Mereka wajib menggunakan lajur paling kiri," ujar dia.


Dinas Perhubungan, kata dia, nantinya akan bekerja sama dengan kepolisian untuk penindakan di lapangan bagi mereka yang tidak mentaati peraturan.

"Nanti kami bersama-sama kepolisian begitu melihat ada pelanggaran di luar kanalisasi otomatis dia ditilang karena sudah melanggar marka," jelas Syafrin. 

Harapan dari kebijakan ini ialah kestabilan kecepatan motor dan mobil yang berdampak kepada keselamatan jalan. Kendati begitu, Syafrin belum bisa memberikan detail area mana saja yang terkena kanalisasi.

Ia mengungkapkan Dishub masih sedang melakukan pendalaman lebih lanjut terkait kanalisasi motor.


"Tapi prinsipnya pada saat itu tetap sepeda motor wajib di lajur kiri. Dan itu akan dilakukan bertahap, tidak besok sekaligus langsung," tutup dia.

DKI Jakarta telah memperluas area ganjil genap di Ibu Kota. Perluasan ganjil genap ini seturut dengan Instruksi Gubernur nomor 66 tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. 

Beberapa daerah yang menjadi perpanjangan ganjil genap ialah di Jl. Tomang-Jl. S. Parman-Jl. Gajah Mada-Jl. Fatmawati-Jl. TB Simatupang hingga Jl. Sisingamangaraja.


https://www.cnnindonesia.com/nasiona...r-paling-kiri

ADA-ADA SAJA!
BIKERS JANGAN DIAJARI
MEREKA PALING TAU KAPAN CEPAT SAMPE TUJUAN emoticon-Leh Uga
profile-picture
mansion_999 memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
basi, udah ada dari 2006
Emang selama ini motor lajur kanan ?


emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
imba.ruiner dan aloha.duarr memberi reputasi
polusi gak berkurang, macet gak berkurang....dompet petugas tambah tebel...emoticon-Hammer
perasaan motor kl lewat protokol kudu di sebelah kiri jalannya
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
Harapan dari kebijakan ini ialah kestabilan kecepatan motor dan mobil yang berdampak kepada keselamatan jalan.
jago dah kl bisa bikin motor... para biker ksATRIA BIJI HITAM bisa tertib disebelah kiri emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk


gw salut deh kl bisa wan abud .... emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
takebeer212 memberi reputasi
Pas gw ke Taiwan gw tertarik sama kotak yg ada depan traffic lights.. ga bisa bikin kah? kayaknya paling gampang dibikin...
DKI Wacanakan Kanalisasi Sepeda Motor di Lajur Paling Kiri
Lihat 2 balasan
Bukannya dari dulu aturannya emang motor di lajur kiri ya? emoticon-Bingung (S)
































emoticon-linux2
tujuannya buat mempercepat laju mobil kah? membuat tidak macet kah ? mengurangi polusikah?

peraturan tuh yah mbok yang ringkas ringkas aja tapi langsung ke pointnya untuk apa , kalau dirasa jumlah motor masih banyak dijalur ganjil genap yah coba dipikirkan cara menguranginya bukan malah kasak kusuk bikin aturan baru macam jalan dijakarta itu sudah seindah jalan dinegara maju saja emoticon-Wagelaseh
Wahhh kalo sampe motor diganggu, bisa demo itu pasukan Ojol...

emoticon-Big Grin
lah,,umum sama mobil yang mau masuk gedung tertentu ngalangin motor lewat,,ini negara komuter bukan negara seenak perut luemoticon-Big Grin
biasanya semua lajur dilibas itu
knapa slalu borong kepekok an mulu
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
wan abud kebanyakan anal emoticon-Cape d...
DKI Wacanakan Kanalisasi Sepeda Motor di Lajur Paling Kiri
Quote:


Kagak usah jauh jauh gan...di bandung udh dr kapan tau dan ane merasa lebih rapi aja pemotor di sana..

-----

Ah persetan sama marka jalan...yg sekarang sekatng aja benerin tuh jalan thamrin sampe sudirman..jalur motor cuma kiri trus bus semua ngetem motor lewat mana jer..blm marka jalan yg saling nabrak ckckck

Gak perlu pelican crossing.. emoticon-Ngamuk
Diubah oleh Rendz92
Trus ada bus, angkot, atau metro mini ngetem dikiri, motor wajib nungguin, pas mau hajar kanan di tilang emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
amdfreak dan takebeer212 memberi reputasi
Motor lajur kiri, berebutan sama angkot brenti, mobil parkir, bis ngetem, ojol nunggu order, naik turun penumpang? Udah gitu cuma 1 lajur.

emoticon-Ngakak

Jago klo bisa nurut. Yg di mampang aja abis.
Motor tuh raja jalanan
Trotoar aja dilibas
emoticon-Leh Uga
Balasan post sibuk.nyaleg
Quote:


Di Bandung sudah lama ada RHK (Ruang Henti Khusus) di stopan2 jalanan utama, kotak dan di cat dengan warna merah. Cukup membantu kelancaran selama jumlah motor di stopan itu tidak terlalu banyak.
profile-picture
sibuk.nyaleg memberi reputasi
Quote:


Di bekasi ada bre
RHK namanya klo g salah
profile-picture
sibuk.nyaleg memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di