alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / ... / Sport Games /
Fantasy Premier League dan Bagaimana Cara Memainkannya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4c1c0ac82084583406733d/fantasy-premier-league-dan-bagaimana-cara-memainkannya

Fantasy Premier League dan Bagaimana Cara Memainkannya

Fantasy Premier League dan Bagaimana Cara Memainkannya

Permainan Fantasy Premier League atau FPL sekarang sudah menjadi tren di kalangan para penggila bola di seluruh dunia khususnya Liga Inggris. Permainan ini adalah sebuah game online yang dibuat oleh Barclays Premier League sebagai salah satu pelengkap kegembiraan menyambut musim baru.

FPL adalah permainan berbasis situs dan aplikasi. Peserta diharuskan menyusun kesebelasan impiannya yang berasal dari pemain Liga Primer Inggris setiap pekannya. Pemain pilihannya tersebut kemudian akan menghasilkan poin berdasarkan performanya di lapangan.

Game ini akan berlangsung semusim penuh, dan sangat disarankan jika bermain dari awal musim. Tentu saja game ini tidak akan menyita banyak waktu layaknya memainkan game manajerial lain seperti Football Manager. Selain menguji kemampuan manajerial sebuah tim sepakbola, FPL juga ajang unjuk gigi kita sebagai manager karena tim yang kita kelola akan berlomba menjadi yang terbaik pada tingkat dunia, negara, maupun fans berdasarkan klub atau juga sesama teman.

Bagaimana Cara Memainkannya?

Setelah melewati proses registrasi di situs resminya https://fantasy.premierleague.com atau aplikasi mobile (Android dan iOS) maka akan langsung diminta untuk menyusun tim. Tim ini berjumlah 15 orang termasuk cadangan, yang terdiri dari 2 kiper, 5 bek, 5 gelandang, dan 3 penyerang. Seluruh skuat tak boleh bernilai lebih dari 100 juta paun. Serta maksimal mengambil 3 pemain dari 1 kesebelasan yang sama.

Selanjutnya kita bisa memasang pemain ke dalam formasi 5-3-2, 4-4-2 atau 3-5-2 untuk menghasil skor setinggi-tingginya dalam satu minggu kompetisi. Poin diperoleh oleh setiap formasi dihitung dari performa tiap pemain yang dipasang dalam kehidupan nyata. Nilai tiap pemain akan naik turun seiring berjalannya musim. Singkatnya, FPL adalah game manejemen keuangan dengan sistem poin sederhana yang berdasarkan apa yang terjadi selama satu musim kompetisi Premier League. Semuanya harus dilakukan sebelum tenggat waktu setiap pekannya yaitu satu jam sebelum kick-off.



Lamanya seorang pemain beraksi di lapangan berpengaruh pada skor akhir tim kita. Misalnya, jika 11 pemain yang dipilih tak satupun diturunkan dalam suatu minggu, maka empat orang pemain cadangan kita akan "menggantikan" mereka secara berurutan. Tak usah ribet mengganti pemain, semua dilakukan oleh algoritma yang menjadi tulang punggung permainan ini. Namun, pergantian tersebut baru bakal terjadi setelah semua skor akhir dalam satu minggu keluar.

Jangan lupa untuk memilih kapten beserta wakilnya. Kapten adalah pemain yang poinnya akan digandakan, sehingga harus dipilih dengan cermat sesuai performa. Sementara wakil kapten adalah pemain yang menggantikan posisi kapten jika tak bermain, persis seperti pemain cadangan tadi.

Peraturan Singkat

Aturan permainan ini sederhana: poin diberikan untuk setiap gol, assist dan clean sheet. Poin akan dikurangi jika pemain menerima kartu kuning, kartu merah, klub kebobolan setiap dua gol dan gagal mengeksekusi penalti. Kapten yang kita pilih tiap minggunya bakal mendapat poin ganda dan tiap pekan akan diberi jatah 1 transfer gratis yang bisa diakumulasi menjadi maksimal 2 transfer gratis untuk merotasi pemain. Jika lebih dari itu maka total poin akan dikurangi 4, berlaku kelipatan.

Bonus Poin

"Pemberian poin berdasarkan statistik Opta", ujar Mark Hughes (gamer FPL, bukan pelatih yang malang melintang di Inggris). "Tapi tak semua data statistik opta dipakai dalam game, yang jelas data tentang gol dan assist jelas dipakai, tapi ada juga data tambahan tentang tackle dan interseps. Ada banyak data-data di dalam Opta. Nah, poin bonus itu sebenarnya cuma dihitung berdasarkan data tambahan ini. Lalu, tiga pencetak skor dalam tertinggi akan dapat bonus point sebanyak tiga, dua dan satu. Tak ada campur tangan manusia dalam perhitungan ini. Semuanya sepenuhnya berdasarkan data statistik".

Bergabung atau Membuat Liga dan Hadiah

Setelah memahami uraian diatas maka selanjutnya adalah bergabung ke liga yang ingin diikuti. Pada dasarnya setiap peserta otomatis bergabung ke beberapa liga di dalam Global League. Liga itu beranggotakan keseluruhan peserta FPL, berdasarkan negara peserta, kesebelasan favorit, pekan memulai main FPL, dan Fantasy Cup. Di FPL ada juga Private League yang dapat kalian ikuti. Kalian dapat bergabung dengan komunitas yang ada dengan cara meminta kode untuk bergabung.


Sumur: premierleague, fplindonesia, vice
Diubah oleh sukiver
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Apa perbedaan private league dengan private head to head league?
Titip jejak dulu emoticon-Traveller
Ini benar ga ya ?
Bila selama dua pekan atau lebih tidak mengganti pemain, manajer FPL nantinya bisa melakukan transfer sebanyak dua pemain tanpa potongan poin.

https://m.kumparan.com/amp/info-bola/5-kiat-menjadi-manajer-andal-di-fantasy-premier-league-2019-20-1rUDDdQWSjS


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di