alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Negara yang Terancam Tenggelam, Bukti Nyata Pemanasan Global
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4c0b7ed4397277f52c1ddc/5-negara-yang-terancam-tenggelam-bukti-nyata-pemanasan-global

5 Negara yang Terancam Tenggelam, Bukti Nyata Pemanasan Global

5 Negara yang Terancam Tenggelam, Bukti Nyata Pemanasan Global

Pemanasan Global dan Perubahan Iklim adalah isu terbesar lingkungan saat ini. Dampaknya telah banyak dilihat saat ini, salah satunya yaitu permukaan air laut yang terus meningkat. Akibatnya banyak pulau yang terancam tenggelam bahkan sudah tenggelam.

Beberapa organisasi internasional, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terus melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi dan mencegah agar masalah ini tidak semakin parah. Namun, nyatanya risiko pemanasan global malah semakin nampak seiring waktu. Berikut ini negara-negara yang terancam tenggelam:


1. Tuvalu
5 Negara yang Terancam Tenggelam, Bukti Nyata Pemanasan Global
Dua dari sembilan pulau di Tuvalu sudah hampir tenggelam akibat naiknya permukaan air laut dan erosi. Tinggi daratan di banyak pulaunya bahkan sudah berada kurang dari tiga meter di atas permukaan air laut. Pemerintah berusaha menaikkan tinggi daratan namun biaya yang dibutuhkan sangat besar dan belum terkumpul hingga sekarang.

Situasi ini mengancam kehidupan masyarakat. Air laut terus membanjiri pantai dan mematikan pohon-pohon kelapa. Air tanah (sumur) juga terkontaminasi air laut sehingga masyarakat Tuvalu harus bergantung sepenuhnya pada air hujan.


2. Kiribati
5 Negara yang Terancam Tenggelam, Bukti Nyata Pemanasan Global
Daratan Kiribati hanya berada 2 meter dari permukaan laut pada titik tertingginya. Ilmuwan memprediksikan bahwa 32 pulau di Kiribati akan tenggelam sepenuhnya dalam 50 tahun kedepan. Banyak yang percaya bahwa Kiribati tidak akan bisa diselamatkan dan warganya harus bermigrasi.

Salah satu wilayah di Kiribati yaitu Tarawa selatan dilindungi oleh dinding di pinggir lautan yang dibangun oleh masyarakat dari batu. Terdapat juga dinding yang dibentuk dari karung-karung berisi pasir. Namun, kedua jenis dinding yang dibangun ini tidaklah efektif menghalang ombak dan justru mengarahkannya ke tempat yang tidak terlindungi.


3. Bangladesh
5 Negara yang Terancam Tenggelam, Bukti Nyata Pemanasan Global
Bangladesh dijuluki sebagai “ground zero for climate change.” Bangladesh bahkan berada di posisi ke-enam sebagai negara yang paling berisiko terhadap perubahan iklim. Bahkan bagi banyak masyarakat pedesaan di pesisir, risiko-risiko tersebut sudah tidak tertangani lagi.

Risiko masih terus meningkat seiring berjalannya waktu. Menurut penelitian, level air laut akan meningkat 0,4 hingga 1,5 di pantai-pantai Bangladesh pada tahun 2100. Frekuensi datangnya badai akan semakin meningkat, yang awalnya terjadi sekali dalam satu dekade menjadi 15 kali setiap tahun.


4. Papua Nugini
5 Negara yang Terancam Tenggelam, Bukti Nyata Pemanasan Global
Kepulauan Carteret adalah bagian dari Papua Nugini yang harus mengalami risiko pahit pemanasan global. Kenaikan permukaan air laut membuat salah satu pulau di Carteret terbagi menjadi dua, sementara pulau-pulau lainnya sudah tenggelam sepenuhnya.

Sebagian besar penduduk kepulauan Carteret telah bermigrasi ke tempat lain. Masyarakat yang tersisa berusaha membangun dinding di tepi laut dan menanam mangrove untuk menahan ombak. Namun, masyarakat setempat percaya bahwa suatu saat mereka semua harus pindah sepenuhnya dari kepulauan Carteret.


5. Filipina
5 Negara yang Terancam Tenggelam, Bukti Nyata Pemanasan Global
Berdasarkan penelitian dari University of Philipines, sekitar 167.000 hektar daratan Filipina diperkirakan akan terendam air laut dalam waktu beberapa tahun. Masyarakat di pesisir Filipina tentunya menjadi korban pertama dari kenaikan permukaan air laut.

Dampak lain juga akan sangat terasa bagi perekonomian nasional Filipina. Hal ini karena wisata laut dan pantai merupakan pemasukan yang sangat besar bagi Filipina. Jika keadaan di lautan dan pantai terus memburuk, Filipina akan kehilangan wilayah destinasi bagi turis.

Itulah negara-negara  yang terancam tenggelam. Sudah banyak masyarakat di Indonesia bagian pesisir yang juga sudah merasakan sedikit dampak pemanasan global. Bahkan, Jawa sebagai Pulau dengan penduduk terbanyak juga sudah mengalami dampaknya, misalnya air tanah yang sudah terasa asin.

Oleh karena itu, kita harus melakukan berbagai upaya maksimal untuk meminimalisir dampak pemanasan global. Contoh kecil yang bisa kita lakukan misalnya dengan mengurangi penggunaan plastik dan menghemat listrik. Mari bergerak bersama sebelum terlambat.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/world/...mpaign=network

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di