alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
6 Pecel Pithik Khas Banyuwangi, Pedas Tapi Nikmat Banget!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4c0a159a972e68e51f40c2/6-pecel-pithik-khas-banyuwangi-pedas-tapi-nikmat-banget

6 Pecel Pithik Khas Banyuwangi, Pedas Tapi Nikmat Banget!

6 Pecel Pithik Khas Banyuwangi, Pedas Tapi Nikmat Banget!

Sajian hajatan khas suku Osing Banyuwangi ini kini bisa disantap setiap saat. Dengan racikan autentik, bahan yang dipakai harus pithik (ayam) kampung berusia muda. Agar cita rasa yang dihasilkan lebih nikmat dan teksturnya dijamin empuk.

Ayam diolah dengan proses panggang terlebih dulu. Masaknya di atas kayu bakar jadi khas banget aromanya. Setelah matang baru disajikan utuhan, potongan atau disuwir.

Sesaat akan disajikan ayam dibalur urap kelapa. Kombinasi dari bumbu kacang pedas, sedikit air kelapa dan kelapa parut. Mengikut selera lokal, bumbu kelapanya ini gurih dan pedasnya nampol dilidah.

Buat referensi, 6 tempat makan ini sajikan pecel pithik nikmat sebagai menu andalannya.


1. Waroeng Kemarang
6 Pecel Pithik Khas Banyuwangi, Pedas Tapi Nikmat Banget!
Pecel pithik dibanderol Rp15.000 seporsi. Ayam suwir dibalur bumbu kelapa parut pedas. Selanjutnya disajikan bersama nasi, sayur manisah rebus, sambal dan tahu tempe goreng.

Masih banyak sajian khas Banyuwangi yang bisa kalian cicipi juga mulai sego tempong, ayam kesrut, rujak soto dan masih banyak. Kalau gak minat makan berat bisa juga ngemil jajanan tradisional seperti pisang goreng, onde onde, serabi dan cucur.

Di sini baik menu makanannya sekaligus konsep bangunan kental dengan nuansa tradisional khas Osing. Saat makan kalian akan dihibur dengan alunan musik lokal juga.

Untuk spot seru yang banyak disukai pengunjung adalah makan disaung. Selain bisa lebih rileks, hamparan sawah yang membentang di sekitar warung dijamin bikin hati adem.

Alamatnya ada di Jalan Perkebunan Kalibendo Km 5, Tamansuruh, Glagah, Banyuwangi. Buka mulai jam sepuluh pagi sampai sembilan malam.


2. Osing Deles
6 Pecel Pithik Khas Banyuwangi, Pedas Tapi Nikmat Banget!
Kafe ngehits di Banyuwangi ini bisa memanjakan lidah dengan aneka menu makanan lokal. Termasuk pecel pithik yang dihidangkan dengan nasi putih, sambal terasi dan aneka lalapan.

Potongan ayam dibalur kelapa parut berbumbu. Dengan sedikit kuah yang terasa gurih sekaligus pedas. Daging ayamnya sendiri teksturnya empuk. Seporsi cukup ditebus dengan uang sebesar Rp35.000.

Suasana resto juga jadi incaran buat berfoto selfie. Tak sekadar kuliner, kalian bisa sekalian belanja aneka kain batik motif asli Banyuwangi buat oleh oleh.

Alamatnya di Jalan KH Agus Salim No 12A, Taman Baru, Banyuwangi. Bukanya dari jam sembilan pagi sampai dua belas malam.


3. Pesantogan Kemangi
6 Pecel Pithik Khas Banyuwangi, Pedas Tapi Nikmat Banget!
Sediakan uang Rp 20.000 untuk bersantap seporsi pecel pithik. Di sini khas dengan cita rasa sedap karena tersaji di atas daun pisang. Komposisinya adalah ayam kampung muda panggang dicampur parutan kelapa dan bumbu halus kacang sangrai juga sedikit air kelapanya.

Kalau suka berkuah lebih enak pesan ayam kesrut. Potongan ayam kampung dipadukan bersama potongan buncis dan kecombrang. Rasanya segar, gurih dan sedikit pedas. Sembari menunggu bersantap berat kalian bisa ngemil dulu pisang goreng hangat nan nikmat sambil nyeruput kopi.

Tempat makan ini memang cozy dengan suasana pedesaan. Lokasinya di Dusun Krajan, Desa Kemiren, Glagah, Banyuwangi. Bukanya jam dua belas siang sampai sepuluh malam.


4. Ijen Isun
6 Pecel Pithik Khas Banyuwangi, Pedas Tapi Nikmat Banget!
Beralamat di Jalan Raya Lijen, Banjarsari, Glagah, Banyuwangi. Buka jam delapan pagi sampai sepuluh malam. Halaman kafe yang luas sangat seru untuk bersantai. Menghabiskan weekend bersama keluarga tercinta. Sambil mendengar iringan musik tradisional angklung.

Untuk menu pecel pithik merupakan sajian lokal andalan kafe ini. Tampilannya lebih menggugah selera, potongan ayam kampung yang dipanggang dikasih topping parutan kelapa berbumbu agak kering. Untuk nongkrong di sini kalian mesti menyiapkan budget mulai dari Rp5.000 sampai Rp25.000.


5. Resto Srengenge Wetan
6 Pecel Pithik Khas Banyuwangi, Pedas Tapi Nikmat Banget!
Memanjakan lidah dengan sentuhan cita rasa lokal memang jadi daya tarik resto ini. Kalian bisa mencicipi pecel pithik sebagai menu favorit. Juga aneka menu khas Banyuwangi seperti sego cawuk, sego tempong, ayam kesrut, plecing ayam kampung, ayam koro pedas, ayam goreng kampung, sego bakar peda dan ayam geprek sambal matah.

Juga ada menu hybrid seperti rujak soto yang menggoda buat segera disantap. Potongan dagingnya berlimpah beradu dengan lontong, sayuran rebus dan irisan ketimun segar. Tak ketinggalan potongan tahu tempe goreng. Semua bahan diaduk bersama bumbu kacang yang gurih dan beraroma sedap petis. Terakhir disiram kuah soto panas yang gurih.

Kalau mau yang lebih ringan coba menu mix tradisional snack dengan isian campuran klepon, cenil, lanun, pisang goreng dan ketan kirip. Tempat makan instagramable ini alamatnya ada di Jalan PB Sudirman No 175-2, Banyuwangi. Bukanya setiap hari dari jam sepuluh pagi hingga sepuluh petang.


6. Kedai Wakul
6 Pecel Pithik Khas Banyuwangi, Pedas Tapi Nikmat Banget!
Bertempat di Jalan Taman Sari, Licin, Banyuwangi. Buka mulai jam delapan pagi sampai enam malam. Resto baru yang dibuka tahun 2018 lalu ini punya menu pecel pithik seharga Rp20.000 per porsi. Isinya udah lengkap dengan tahu tempe goreng, perkedel jagung, pecel pithik, lalapan ketimun kemangi dan nasi. Spesialnya, pecel pithik disini tersaji dalam wadah cowek.

Jajanan pasar yang bikin rindu rasa jadul ada juga. Mulai petulo, jenang grendul, cucur dan onde onde. Cocok jika ditemani segelas es tape ketan yang segar sekaligus hangat diperut.

Nah, sekarang jadi tahu deh tempat makan pecel pithik yang recommended di Banyuwangi. Memang rasanya terkenal pedas tapi juga nikmat. Cobain yuk!


Sumber : https://www.idntimes.com/food/dining...mpaign=network

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di