alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
7 Petualang Legendaris Ini Menghilang Saat Menjelajahi Dunia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4c074bb8408853486229dd/7-petualang-legendaris-ini-menghilang-saat-menjelajahi-dunia

7 Petualang Legendaris Ini Menghilang Saat Menjelajahi Dunia

7 Petualang Legendaris Ini Menghilang Saat Menjelajahi Dunia

Panggilan dari "Dunia Baru" telah memaksa jiwa-jiwa pemberani ini untuk mengarungi lautan dan menjelajahi hutan belantara. Banyak di antaranya yang menjadi terkenal karena membangun rute perdagangan penting atau mendeklarasikan kekuasaan atas wilayah baru untuk negaranya.

Tetapi untuk setiap penjelajah yang sukses, ada pula penjelajah yang malah menghilang di tempat-tempat terpencil yang belum pernah dipetakan. Berikut 7 penjelajah terkenal yang menghilang saat sedang melakukan petualangan ke ujung dunia.


1. Percy Fawcett
7 Petualang Legendaris Ini Menghilang Saat Menjelajahi Dunia
Hutan Amazon mungkin telah merenggut nyawa banyak petualang, tetapi tidak ada yang setenar Kolonel Percy Fawcett, yang menghilang pada tahun 1925 saat sedang mencari kota yang hilang.

Sebagai salah satu tokoh paling terkenal di zamannya, Fawcett telah membuat serangkaian ekspedisi pembuatan peta ke alam liar Brasil dan Bolivia. Selama perjalanannya, ia merumuskan teori tentang kota hilang yang disebut "Z," yang ia yakini ada di suatu tempat yang belum dijelajahi di Brasil, Mato Grosso.

Dilansir dari Mentalfloss.com, pada tahun 1925, Fawcett, putra tertuanya Jack, dan seorang pemuda bernama Raleigh Rimmell, berangkat mencari kota yang hilang tersebut. Tetapi setelah mengirim surat terakhir yang berisi bahwa mereka sedang menjelajah ke wilayah yang belum dipetakan, kelompok itu menghilang tanpa jejak.

Sementara bukti menunjukkan bahwa mereka dibunuh oleh suku lokal yang sedang berperang, teori-teori lain menyebut malaria, kelaparan, bahkan serangan jaguar sebagai penyebab kematian mereka. Beberapa bahkan berspekulasi bahwa mereka bergabung dengan suku lokal dan menghabiskan sisa hidupnya di hutan.

Apa pun penyebabnya, hilangnya kelompok itu masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Bertahun-tahun setelah Fawcett menghilang, ribuan petualang melakukan misi penyelamatan, dan sebanyak 100 orang meninggal ketika mencari dirinya di dalam hutan Amazon.


2. George Bass
7 Petualang Legendaris Ini Menghilang Saat Menjelajahi Dunia
Pelaut Inggris, George Bass, dikenang karena menemukan selat antara Australia dan Tasmania, tetapi ia menjadi terkenal karena menghilang setelah melakukan perjalanan ke Amerika Selatan pada tahun 1803.

Bass memulai karirnya sebagai ahli bedah kapal di Angkatan Laut Kerajaan Inggris, dan mendapatkan reputasi sebagai penjelajah yang berani setelah menyurvei pantai timur Australia dengan kapal kecil bernama Tom Thumb.

Berharap menjadi kaya sebagai pedagang swasta, Bass kembali ke Australia pada awal 1800-an dengan kapal dagang yang disebut Venus. Ketika muatannya gagal terjual dengan harga yang cocok, Bass mencoba peruntungan untuk pergi ke Amerika Selatan — yang kemudian menjadi wilayah Spanyol — dalam sebuah misi perdagangan.

Dia berlayar pada Februari 1803, dan langsung menghilang bersama krunya di Samudra Pasifik.

Venus mungkin hilang di laut, tetapi banyak yang berpendapat bahwa Bass dan krunya berhasil sampai ke pantai Chile, namun ditangkap karena dianggap sebagai penyelundup dan dipaksa menghabiskan sisa hidupnya dengan bekerja di tambang perak Spanyol.


3. Gaspar dan Miguel Corte-Real
7 Petualang Legendaris Ini Menghilang Saat Menjelajahi Dunia
Dalam suatu kebetulan yang mengerikan, dua pelaut bersaudara asal Portugis, Gaspar dan Miguel Corte-Real, menghilang dalam perjalanan terpisah ke garis pantai Kanada. Pada tahun 1501, Gaspar memimpin armada tiga kapal dalam ekspedisi ke pantai Newfoundland, Kanada.

Setelah mengklaim sekitar 60 penduduk asli sebagai budak, Gaspar menugaskan saudaranya, Miguel, untuk membawa mereka kembali ke Portugal. Gaspar diharapkan kembali setelahnya, namun dia dan kapalnya tidak pernah terlihat lagi sejak saat itu.

Pada tahun 1502, Miguel Corte-Real kembali ke Newfoundland untuk menyelamatkan saudaranya. Namun setelah tiba di sana, tiga karavelnya berpisah dan mulai mencari garis pantai dengan panik.

Sementara dua kapal lainnya berhasil kembali ke titik pertemuan mereka, kapal Miguel menghilang tanpa jejak. Nasib Corte-Real bersaudara ini tetap menjadi misteri, tetapi ada beberapa bukti bahwa Miguel mungkin tidak mati setelah menghilang.

Pada tahun 1918, seorang profesor dari Universitas Brown menemukan tulisan di atas batu besar di Dighton, Massachusetts, yang ditulis pada tahun 1511. Pesannya tertulis: "Miguel Corte-Real, atas kehendak Tuhan, berbaring di sini sebagai pemimpin orang Indian."

Jika benar, tanda-tanda ini menunjukkan bahwa Miguel berhasil bertahan di Dunia Baru selama setidaknya sembilan tahun setelah menghilang. Lebih menakjubkan lagi, mereka menyiratkan bahwa ia akhirnya bergabung dan mungkin menjadi pemimpin suku asli di sana.


4. Sir John Franklin dan Francis Crozier
7 Petualang Legendaris Ini Menghilang Saat Menjelajahi Dunia
Sir John Franklin dan Francis Crozier adalah penjelajah kutub paling terkenal di abad ke-19, dan hilangnya mereka memicu serangkaian misi penyelamatan ke Kutub Utara selama puluhan tahun.

Pada tahun 1845, keduanya memimpin dua kapal dalam ekspedisi untuk menemukan Passage Northwest, sebuah rute laut yang menghubungkan samudra Atlantik dan Pasifik. Tetapi setelah melewati Pulau Baffin pada bulan Juli 1845, mereka menghilang tanpa jejak.

Beberapa tahun setelahnya, detail mengerikan dari nasib mereka akhirnya terungkap. Investigasi mengungkapkan bahwa kapal Franklin dan Crozier terperangkap dalam es selama musim dingin pada tahun 1846-1847.

Walau mereka memiliki persediaan selama tiga tahun, semua makanan telah tercemar dengan timah sehingga merecuni makanan tersebut. Para kru menjadi lemah dan mengigau karena keracunan, dan setidaknya 20 orang — termasuk Franklin — tewas pada pertengahan tahun 1848.

Penduduk asli yang melakukan kontak dengan mereka kemudian mengklaim bahwa Crozier mencoba untuk memimpin orang yang selamat ke selatan untuk mencari bantuan. Diyakini banyak dari mereka yang mati saat perjalanan itu, dan bukti terbaru menunjukkan bahwa mereka terpaksa menjadi kanibal untuk bertahan hidup. 

Terdorong oleh permintaan janda Franklin, sebanyak 50 kapal melakukan perjalanan ke Kanada dalam upaya untuk menemukan mereka, tetapi mayat Franklin dan Crozier — bersama dengan kedua bangkai kapal mereka — tidak pernah ditemukan.


5. Jean-Francois de Galaup Lapérouse
7 Petualang Legendaris Ini Menghilang Saat Menjelajahi Dunia
Pada tahun 1785 Raja Prancis, Louis XVI, mengirim seorang penjelajah, Jean-Francois de Galaup Lapérouse, dalam sebuah ekspedisi untuk membuat peta besar seluruh dunia.

Setelah berlayar dari Brest, Lapérouse mengitari Cape Horn dan menghabiskan beberapa tahun berikutnya untuk mengamati garis pantai California, Alaska, Rusia, Jepang, Korea, dan Filipina.

Lapérouse mencapai Australia pada 1788, tetapi setelah meninggalkan Botany Bay, armadanya menghilang. Ekspedisi penyelamatan tiba pada tahun 1791, tetapi mereka tidak menemukan jejak Lapérouse, dua kapalnya atau 225 awaknya.

Setelah hampir 40 tahun berlalu, pada tahun 1826, seorang kapten laut Irlandia bernama Peter Dillon mengetahui dari penduduk asli bahwa sepasang kapal pernah tenggelam di dekat pulau Vanikoro.

Setelah berlayar ke lokasi, Dillon menemukan jangkar dan bangkai kapal lainnya yang kemudian dikonfirmasi sebagai milik Lapérouse.

Dengan cara yang aneh, penduduk setempat juga mengklaim bahwa beberapa lelaki, termasuk “ketua” kelompok itu, telah bertahan di Vanikoro selama beberapa waktu sebelum membuat kapal bobrok dan kembali berlayar ke laut.

Jika "ketua" misterius ini memang Lapérouse, itu berarti sang navigator berhasil bertahan selama beberapa tahun setelah dinyatakan hilang.


6. Peng Jiamu
7 Petualang Legendaris Ini Menghilang Saat Menjelajahi Dunia
Mungkin Peng Jiamu adalah contoh paling terkenal dari seorang penjelajah yang hilang di masa modern. Peng adalah seorang ahli biologi Tiongkok yang menghilang selama ekspedisi di gurun Lop Nor pada tahun 1980.

Sebagai salah satu petualang paling dicintai di Tiongkok, Peng memulai perjalanannya di akhir tahun 1950-an. Dia berpartisipasi dalam beberapa ekspedisi ilmiah ke gurun Lop Nor di barat laut Tiongkok, yang sering digambarkan sebagai salah satu tempat paling kering di dunia.

Pada 1980, Peng memimpin tim ahli biologi, geologi, dan arkeolog ke Lop Nor untuk melakukan penelitian terbaru. Tetapi beberapa hari setelah perjalanan, Peng tiba-tiba menghilang dari kemahnya setelah meninggalkan pesan yang mengatakan bahwa dia sedang keluar untuk mencari air.

Pemerintah Tiongkok melakukan pencarian besar-besaran di gurun tersebut, tetapi tidak pernah menemukan tanda-tanda kehidupan dari Peng.

Menurut mereka yang sudah akrab dengan bahaya Lop Nor, Peng mungkin terkubur hidup-hidup oleh badai pasir atau longsoran tanah. Sebanyak enam kerangka telah ditemukan di Lop Nor sejak kepergiannya, tetapi tidak ada satu pun yang cocok dengannya.


7. Naomi Uemura
7 Petualang Legendaris Ini Menghilang Saat Menjelajahi Dunia
Berdasarkan dokumen dari Everesthistory.com, penjelajah dan petualang modern, Naomi Uemura, adalah bagian dari tim Jepang yang pertama kali mendaki Gunung Everest pada tahun 1970.

Uemura berhasil mencetak banyak prestasi luar biasa selama hidupnya, termasuk mendaki gunung tertinggi di masing-masing benua, menjelajahi Kutub Utara dan menjadi orang pertama yang mencapai Kutub Utara sendirian, serta melakukan arung jeram di sungai Amazon.

Pada Februari 1984, Uemura berangkat untuk mendaki Gunung McKinley di Alaska dalam upaya untuk menjadi orang pertama yang mencapai puncaknya saat musim dingin. Pada akhirnya, Uemura berhasil mencapai puncak.

Hanya itu saja yang kita ketahui, karena dia tidak pernah berhasil turun dari gunung sejak saat itu. Pihak penyelamat mencoba mencarinya, tetapi yang ditemukan hanyalah beberapa peralatan dan buku hariannya yang tersembunyi di dalam gua bersalju. Sampai saat ini tubuhnya belum ditemukan, dan penyebab pasti dari kematiannya masih menjadi misteri.

Nah itu tadi 7 petualang terkenal yang menghilang saat menjelajahi dunia. Hilangnya mereka masih menjadi misteri yang belum bisa dipecahkan sampai saat ini.


Sumber : https://www.idntimes.com/science/dis...mpaign=network

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di