alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Lompatin Batu Setinggi 2 Meter? Pulau Kembarannya Hawaii? Cuma Ada Di Indonesia!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4be79c65b24d60616b9f7b/lompatin-batu-setinggi-2-meter-pulau-kembarannya-hawaii-cuma-ada-di-indonesia

Lompatin Batu Setinggi 2 Meter? Pulau Kembarannya Hawaii? Cuma Ada Di Indonesia!

Lompatin Batu Setinggi 2 Meter? Pulau Kembarannya Hawaii? Cuma Ada Di Indonesia!

🇲🇨🇲🇨 Indonesia adalah surganya dunia, menyimpan ratusan juta keindahan alam baik dari ujung barat hingga ke ujung timur.

Lompatin Batu Setinggi 2 Meter? Pulau Kembarannya Hawaii? Cuma Ada Di Indonesia!


Tak hanya alam namun juga budaya adat-istiadat yang beragam. Budaya dan adat istiadat yang beragam inilah yang menjadikan Indonesia sempurna dengan perbedaan yang ada diantara setiap masyarakatnya. Engga ada tandingannya deh dibandingkan negara manapun!

Gue bangga jadi Indonesia. Indonesia mampu memikat siapa saja, tak hanya warga lokal tetapi juga wisatawan mancanegara.

Alam Indonesia yang luas berpadu dengan budaya itu mengagumkan banget Gan! Gue salah satu penikmat keindahan tanah air kita.

Gue yang udah menginjak kepala dua ini aja mungkin baru bisa mengunjungi 5% dari keindahan yang ada di Nusantara. mungkin butuh seribu tahun untuk menikmati negara kita yang sangat istimewa ini. Kalau ingin menceritakan Indonesia secara keseluruhan mungkin tak akan ada habis-habisnya, bisa-bisa jadi 10.000 halaman tulisan. Oleh karena itu, Gue akan nyeritain satu daerah yang pernah pernah gue kunjungin yang kental banget dengan budaya adat-istiadat dan pastinya tidak kalah juga dengan keindahan alamnya.

Daerah yang akan gue ceritain ini berada di baratnya Indonesia, yaitu Pulau Nias.

Agan-agan semua pasti udah tau kan tentang pulau ini? Pulau yang ditempati oleh mayoritas suku Nias ini memiliki keindahan yang luar biasa, Gan. Pulau ini masih sangat kental dengan budaya adat-istiadat yang melibatkan bebatuan, atau yang lebih dikenal sebagai budaya megalitik.

Tak hanya budaya adat-istiadat, tapi pulau ini juga menyajikan wisata alam yang begitu indah sehingga tak banyak turis lokal maupun mancanegara datang kesini, termasuk Ane salah satunya.

Berikut akan Ane jelasin hal-hal yang menarik tentang pulau Nias ini.

1. Surganya Surfing

Lompatin Batu Setinggi 2 Meter? Pulau Kembarannya Hawaii? Cuma Ada Di Indonesia!

Yang harus Agan-agan semua tau, kalau mau surfing gak harus ke Bali, cukup ke Nias aja, disini surganya surfing Ane jamin deh, gelombang air lautnya sangat pas untuk olahraga surfing, waktu Ane kesini banyak banget turis lokal dan turis mancanegara lagi surfing, Ane pengen ikutan juga tapi sayangnya Ane engga pandai surfing dan keburu takut duluan 😅 dan kabarnya akan ada festival surfing internasional lho, jadi harus diragukan apalagi? Bahkan salah satu turis mancanegara bilang Nias ini Hawainya Indonesia.

2. Rumah adat yang begitu kaya akan filosofi

Lompatin Batu Setinggi 2 Meter? Pulau Kembarannya Hawaii? Cuma Ada Di Indonesia!

Jadi Gan Sis, rumah adat yang ada di Nias itu gak cuma 1 macam, tapi ada 2 macam tergantung daerahnya, kalau bagian utara itu cenderung berbentuk oval sedangkan yang selatan itu bentuknya hampir menyerupai persegi panjang, kalau yang di foto ini sih gue dapetin di kecamatan gunungsitoli barat.

Kata warga setempat rumah adat ini bahkan sudah mencapai umur 100 tahun, tapi masih sangat kokoh. Ciri khas rumah adat Nias ini adalah berkolong dan tidak mengganggu pasak besi sedikitpun untuk persambungannya.
Jadi, kurang unik apa coba?

3. Nah, yang ketiga ini nih paling diminati dan paling kental akan adat istiadat, namanya itu Hombo Batu.

Lompatin Batu Setinggi 2 Meter? Pulau Kembarannya Hawaii? Cuma Ada Di Indonesia!

Jadi Hombo batu atau lompat batu ini adalah budaya adat-istiadat masyarakat Nias. Lompat batu ini cuma ada di kepulauan Nias lho!

Familiar banget gak sih lompat batu ini? Ya pasti dong, lompat batu ini ternyata menjadi salah satu gambar pada pecahan uang kertas 1000 rupiah.

Sejarah budaya lompat batu ini diawali ketika terjadi peperangan antar desa sehingga setiap desa membentengi wilayah mereka dengan batu besar, untuk itulah para prajurit diharuskan memiliki keahlian untuk melompati batu yang bahkan tingginya 2 meter, wow kan?

Tapi simbol budaya ini sudah jarang dilakukan, hanya dilakukan ketika ada upacara adat sebagai simbol budaya. Bisa sih menyaksikan lompat batu ini walaupun sedang tidak ada upacara adat, tapi harus merogoh dompet.
Kalau gue sih dulu ngikut turis mancanegara yang ingin melihat pertunjukan lompat batu.

4. Masyarakatnya yang masih memegang teguh budaya adat-istiadat, dan keramahan warga sekitar kepada turis.

Lompatin Batu Setinggi 2 Meter? Pulau Kembarannya Hawaii? Cuma Ada Di Indonesia!
Ini contoh baju adat dari Nias, foto dari temen Ane.

4 hal tersebut yang paling gue kagumi dari Nias, sebenarnya ada banyak lagi sih cuma gue kurang ngedokumentasiin, ada juga snorkeling, pulau-pulau kecilnya yang indah, gunung yang sangat menantang, maupun pantainya yang sangat klasik dan kental akan budaya.

Indonesia memang luar biasa indahnya, gue bangga jadi Indonesia! Satu permintaan gue, jika Agan-agan mengelilingi Indonesia, pastikan Agan-agan tidak membuang sampah sembarangan dan menghargai budaya yang ada didaerah itu, Salam Lestari! !
profile-picture
ziont memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Diubah oleh online.addict
Quote:


Nias emang mengagumkan banget soalnya, bikin jatuh cinta
tempat di indonesia yg paling pengen ane kunjungi
Quote:


Ayo Ane jadi guidenya Gan
Lihat 1 balasan
Balasan post tomteam
ga punya duit gan emoticon-Frown
Quote:


pengen kesono Gan, tp bokektita 😭
Quote:


Tunggu Ane banyak uang Gan, ntar Ane ajakin
Quote:


aseeek emoticon-Wow emoticon-Ngakak
ane jadi pengen berkunjung ke nias, penasaran juga soalnya disana kayaknya bagus banget yak, good luck buat TS emoticon-Big Grin


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di