alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Wajib Ditonton, 7 Film Perang Dunia II Berdasarkan Perspektif Jepang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4be1c2349d0f20e7389d2c/wajib-ditonton-7-film-perang-dunia-ii-berdasarkan-perspektif-jepang

Wajib Ditonton, 7 Film Perang Dunia II Berdasarkan Perspektif Jepang

Wajib Ditonton, 7 Film Perang Dunia II Berdasarkan Perspektif Jepang

Perang Dunia II memang memiliki banyak spekulasi yang masih belum jelas hingga masa kini. Selain itu banyak dari karya film cenderung mengarahkan kebenaran pada negara pemenang PD II, seperti Amerika Serikat, Inggris dan Uni Soviet. Namun terdapat juga beberapa film yang berdasarkan pada perspektif negeri yang kalah perang seperti Jepang. Negeri Sakura tersebut sudah menyerah kepada Sekutu setelah dua kota pentingnya di bom atom oleh Amerika Serikat pada Agustus 1945.

Bagi kalian yang penasaran dengan berbagai film PD II yang berdasarkan dari pandangan Jepang. Maka kalian harus menyimak beberapa ulasan film di bawah ini. 


1. Grave of the Fireflies (1988)
Grave of the Fireflies merupakan film produksi dari Studio Ghibli yang sudah dirilis pada tahun 1988. Film ini sangat populer karena mengangkat kisah perjuangan dua kakak beradik bernama Seita dan Setsuko, yang mana mereka berdua harus menghadapi kerasnya kehidupan ketika Jepang berada di ambang kekalahan pada PD II. Kakak beradik tersebut harus bertahan hidup dengan kondisi negeri yang tidak pasti dan kekurangan pangan. 

Film animasi ini juga sudah dibuat versi live action yang diluncurkan pada tahun 2005 dan dibuat kembali pada tahun 2008. 


2. Yamato (2005)
Yamato merupakan film yang sudah dirilis sejak tanggal 17 Desember 2005, yang berdasarkan dari kisah dari buku karangan Jun Henmi. Film ini menceritakan tentang kru kapal Yamato, yang merupakan kapal Battleship terbesar yang ada pada masa Perang Dunia II. Selain itu kisah dari film perang ini berfokus pada saat terjadinya Operasi Ten Go, yang dilakukan oleh armada AL Kekaisaran Jepang untuk mempertahankan wilayah Okinawa dari AS.

Film ini juga untuk mengenang sebuah kapal kebanggaan bangsa Jepang yang sudah tenggelam saat operasi tersebut. Serta mampu meraup sukses dengan mendapatkan keuntungan sampai 5,8 Milliar Yen. 


3. Sea Without Exit (2006)
Sea Without Exit atau judul aslinya Deguchi no nai umi adalah film perang asal Jepang yang sudah diluncurkan pada tahun 16 September 2006. Film ini berkisah mengenai seorang anak SMA, bernama Koji Namiki yang memiliki prestasi kejuaraan Baseball dan ia akan masuk Universitas. Namun pecahnya Perang Dunia II, menyebabkan Koji harus masuk dalam anggota AL Jepang dalam kapal selam. Meski berada dalam situasi yang tidak pasti, namun Koji tetap berkeinginan melanjutkan mimpinya. 


4. Letters From Iwo Jima (2006)
Selanjutnya terdapat film Letters From Iwo Jima yang mengisahkan Pertempuran Iwo Jima menurut pandangan tentara Jepang, yang disutradarai oleh Clint Eastwood. Kisah film ini berfokus pada dua orang yakni Jenderal Tadamichi Kuribayashi dan seorang prajurit Jepang, bernama Saigo yang harus berjuang untuk mempertahankan Pulau Iwo Jima yang menjadi salah satu pulau penting milik Jepang di Pasifik. 

Film ini sudah dirilis pada tanggal 9 Desember 2006 di Jepang dan 20 Desember 2006 di AS. Letters from Iwo Jima juga meraih sukses dengan memenangkan berbagai penghargaan dalam ajang Academi Awards ke 76 dan Golden Globe Awards ke 64, pada beberapa nominasi. 


5. Isoroku (2011)
Kemudian terdapat film berjudul Isoroku yang mengisahkan mengenai biografi dari seorang Jenderal Besar Angkatan Laut Jepang, bernama Isoroku Yamamoto. Selain itu mengangkat kisah seorang Yamamoto yang berusaha untuk menghindari konflik dengan Amerika Serikat saat Perang Dunia II. Serta mengisahkan mengenai usaha yang dilakukan dalam rencana serangan ke Pearl Harbour. 

Film ini sudah diluncurkan pada 23 Desember 2011 yang dibintangi oleh aktor Jepang, bernama Kōji Yakusho sebagai Jenderal Isoroku Yamamoto. 


6. Oba: The Last Samurai (2011)
Masih di tahun yang sama juga diluncurkan film asal Jepang yang berjudul Oba: The Last Samurai. Film yang disutradarai oleh Hideyuki Hirayama ini mengisahkan sebuah kisah nyata seorang Kapten Sakae Oba yang berjuang untuk mempertahankan Pulau Saipan, di mana terjadinya operasi banzai terbesar di Perang Pasifik. Hingga kemudian ia menyerah pada Tentara AS setelah berperang secara gerilya selama 3 bulan setelah menyerahnya Jepang. 

Film ini sudah dirilis pada tanggal 11 Februari 2011, dan menggunakan dua bahasa yakni Jepang dan Inggris. 


7. The Eternal Zero (2013)
Terakhir ada The Eternal Zero yang merupakan film asal Jepang yang sudah dirilis pada tanggal 21 Desember 2013. Cerita film ini berdasarkan dari kisah novel karangan Naoki Hyakuta dengan judul sama yang dirilis tahun 2006. Film ini menceritakan mengenai seorang pemuda dengan saudara perempuannya yang berusaha mencari informasi tentang kakeknya yang meninggal saat bertugas sebagai pilot pesawat Zero fighter, ketika Perang Dunia II. 

Nah itu dia beberapa film Perang Dunia II dengan perspektif Jepang yang perlu kalian tonton. Mana nih yang sekiranya mau kalian tonton duluan?


Sumber : https://www.idntimes.com/hype/entert...mpaign=network

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di