alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Kemenhub tetapkan tarif baru ojol di 88 kota mulai besok
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4be0d70577a911f649d95c/kemenhub-tetapkan-tarif-baru-ojol-di-88-kota-mulai-besok

Kemenhub tetapkan tarif baru ojol di 88 kota mulai besok

Kemenhub tetapkan tarif baru ojol di 88 kota mulai besok
Calon penumpang menunjukan tarif ojek daring di Jakarta, Kamis (2/5/2019).
Kementerian Perhubungan menetapkan aturan kenaikan tarif ojek online (ojol) segera berlaku di 123 kota dan kabupaten mulai Jumat (9/8/2019). Pemberlakuan tarif baru akan sama-sama dilakukan oleh dua aplikator transportasi online, Gojek dan Grab.

Kenaikan tarif tersebut merupakan perluasan wilayah dari zonasi yang ditetapkan sebelumnya dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 348 Tahun 2019 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi.

Besaran tarif itu sama dengan angka yang sebelumnya ditetapkan di masing-masing kawasan. Zona I mencakup daerah Jawa (non-Jabodetabek), Sumatra, dan Bali dengan tarif batas bawah sebesar Rp1.850 per kilometer (km) dan batas atas Rp2.300 per km. Sementara tarif minimal atau dalam 4 km pertama adalah Rp7.000 hingga Rp10.000.

Sedangkan untuk Zona II yang meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), tarif yang dikenakan senilai Rp2.000-Rp 2.500 per km.

Dan untuk Zona III yang meliputi Kalimantan dan sekitarnya, Sulawesi dan sekitarnya, Kepulauan Nusa Tenggara dan sekitarnya, Kepulauan Maluku dan sekitarnya, hingga Papua dan sekitarnya akan dikenakan tarif senilai Rp2.100 hingga Rp 2.600 per km.

Pemberlakuan kenaikan tarif ini sudah terjadi di 35 kota. Namun sekarang ditambah 88 kota/kabupaten baru ini sehingga menjadi 123 daerah yang mengalami kenaikan.

Gojek saat ini telah memiliki layanan ojol di 221 kota tapi masih ada 98 kota yang belum memberlakukan tarif baru. Sedangkan Grab masih memiliki 110 kota yang menggunakan tarif lama dari total 224 kota yang telah terlayani.
Display only on mobile
Direktur Angkutan Jalan dan Multimoda Kemenhub, Ahmad Yani, mengatakan pihaknya telah memanggil manajemen Gojek dan Grab terkait persiapan kenaikan tarif yang berlaku mulai besok. Pemberlakuan kebijakan itu dilaksanakan bertahap lantaran dibutuhkan waktu untuk penyesuaian oleh masing-masing penyedia aplikasi ojek online.

Ia mengatakan sejauh ini tidak ada hambatan yang berarti dalam penerapan aturan tarif ojol, karena aplikator hanya perlu melakukan penyesuaian tarif ke dalam sistem di wilayah-wilayah yang sudah diatur.

"Mereka harus menyesuaikan algoritma di aplikasi mereka, sehingga melakukan itu bertahap," ujar Ahmad dilansir dari Akurat.com, Kamis (8/8).

Setelah itu, lanjut Yani, apabila sistem uji coba tersebut berjalan lancar, ditargetkan pada November 2019 mendatang tarif baru akan merata. Dia bilang penerapan tarif ini harus dilakukan secara perlahan dan penuh kehati-hatian dengan memperhatikan dampak sosial yang ditimbulkan.

"Tarif baru ini tidak mesti menunggu uji coba selesai karena pemerintah tetap melakukan pemantauan, yang pasti kita tetap hati-hati untuk melihat dampak sosialnya. Kalau terburu-buru nanti ada keluhan kemahalan," kata dia.
Aplikator wajib perhatikan kualitas
Kenaikan tarif layanan yang diberlakukan Grab dan Gojek dinilai masih ditentukan sepihak oleh aplikator tanpa melibatkan konsumen. Yayasan lembaga konsumen Indonesia (YLKI) menilai perlu adanya keterlibatan konsumen dalam pengaturan tarif.

Dalam hal ini perlu dikaji lebih lanjut terkait kemampuan untuk membayar (berdasarkan penghasilan konsumen) dan kerelaan untuk membayar (atas kualitas layanan dan fasilitas yang didapatkan), sehingga muncul tarif deal dari konsumen.

"Dalam kenaikan tarif, perlu ada benefit yang diterima konsumen," ujar Pengurus Harian YLKI Agus Sujatno.

Menurutnya, tarif promo itu sudah wajar dan tidak salah karena merupakan bentuk strategi pemasaran dalam menarik konsumen.

Terlebih saat ini masih banyak keluhan dari konsumen terkait pelayanan mitra ojek atau taksi online. Pihak aplikator harus memperhatikan kualitas pengemudi yang direkrut. Hal ini dilakukan demi kenyamanan dan keamanan konsumen.

Dia menyampaikan, jika keluhan dari konsumen makin banyak, maka diduga ada kesalahan pada proses rekrutmennya.

"Jadi driver yang direkrut harus punya tanggung jawab, aplikator jangan hanya main banyak-banyakkan driver harus ada kriteria lain yang perlu ditingkatkan," kata Agus.
Kemenhub tetapkan tarif baru ojol di 88 kota mulai besok


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ta-mulai-besok

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kemenhub tetapkan tarif baru ojol di 88 kota mulai besok Peredaran bibit padi unggulan di Aceh masih jadi polemik

- Kemenhub tetapkan tarif baru ojol di 88 kota mulai besok TNI: Tidak benar Enzo Zens Allie terpapar radikalisme

- Kemenhub tetapkan tarif baru ojol di 88 kota mulai besok Balada caleg pindah partai

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di