alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Sistem Ganjil Genap Bukan Hanya di Jakarta, Kota di Negara Lain Juga kok
4 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4bde56b8408824a06a1ae5/sistem-ganjil-genap-bukan-hanya-di-jakarta-kota-di-negara-lain-juga-kok

Sistem Ganjil Genap Bukan Hanya di Jakarta, Kota di Negara Lain Juga kok


Sistem Ganjil Genap Bukan Hanya di Jakarta, Kota di Negara Lain Juga kok
Rabu 7 Agustus 2019, masyarakat Jakarta heboh dengan penerapan perluasan ganjil genap oleh pemprov Jakarta. Ada beberapa jalur baru yang menerapkan sistem ganjil genap. Nah, katanya ini merupakan salah satu langkah buat ngurangin polusi di Jakarta GanSis. Secara beberapa waktu lalu sempat heboh berita tentang kualitas udara di Jakarta terburuk di dunia.

Mungkinkah aturan ini akan berdampak positif terhadap kualitas udara di Jakarta?

Ane gak akan menjawab pertanyaan itu GanSis...hehe

Kali ini Ane mau sharing tentang kota – kota lain diluar Indonesia yang nerapin sistem ganjil genap.

BeijingSistem Ganjil Genap Bukan Hanya di Jakarta, Kota di Negara Lain Juga kok

Selain Indonesia, China juga merupakan negara dengan permasalahan polusi yang gak ada habis – habisnya. Maklum lah, secara dinegara ini banyak banget aktivitas industri yang berlangsung. Dalam rangka menyambut Olimpiade, pada tahun 2008 Beijing menerapkan aturan terkait pelat nomor mobil.

Aturan ini dibuat untuk mengurangi polusi udara di Beijing. Aturannya gak seperti ganjil genap di Jakarta GanSis, tapi mereka membatasi jumlah mobil yang masuk kota dengan hanya membolehkan mobil yang plat nomor sesuai dengan hari pada saat itu, misalnya plat nomor dengan akhiran 4 dan 9 hanya boleh di hari Senin atau 5 dan 0 pada hari Selasa.

Paris
Sistem Ganjil Genap Bukan Hanya di Jakarta, Kota di Negara Lain Juga kok

Kota besar sekelas Paris ternyata juga nerapin aturan yang mirip dengan ganjil genap Jakarta GanSis. Pada Maret 2017, kota mode ini membatasi jumlah kendaraan berdasarkan plat nomor. Mobil dengan plat nomor genap dilarang masuk kota mulai pukul 05.30 pagi hingga tengah malam. Nah, untuk mendukung program ini, pemerintah kota Paris menggratiskan transportasi publik.

Bogota
Sistem Ganjil Genap Bukan Hanya di Jakarta, Kota di Negara Lain Juga kok

Yang belum tahu Bogota, ini merupakan ibu kota dari Kolombia. Aturan yang diterapin di kota ini dikenal dengan istilah Pico y Placa, yang bermakna pembatasan pelat nomor kendaraan yang masuk ke kota. Berbeda dengan sistem ganjil genap, sistem yang diterapin pemerintah Bogota ini terkesan unik GanSis. Jadi, mereka membatasi plat nomor yang berakhiran 5,6,7,8 untuk hari Senin dan 9,0,1,2 untuk hari Selasa, begitu seterusnya GanSis.

Mexico
Sistem Ganjil Genap Bukan Hanya di Jakarta, Kota di Negara Lain Juga kok

Mexico nerapin peraturan ganjil genap yang sebut dengan istilah Hoy no Circula. Aturan ini diterapin pada tahun 1989. Sehari dalam seminggu dari pukul 5 hingga 10 pagi, mobil dibatasi untuk masuk kota berdasarka plat nomor ganjil atau genap. Katanya peraturan ini gak berjalan efektif di kota Mexico GanSis, soalnya banyak masyarakat yang mengakalinya supaya kendaran mereka bisa masuk kota.

Nah, itulah beberapa kota yang juga nerapin aturan pembatasan jumlah kendaraan berdasarkan plat nomor. Kira – kira untuk Jakarta peraturan ini akan berjalan efektif gak ya? bakalan ngurangin kemacetan gak ya? atau ngurangin polusi?



profile-picture
profile-picture
profile-picture
forbidenfive dan 5 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
oke pak eko
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Tegakkan saja dulu aturan misalnya harus punya garasi jika ingin punya mobil supaya mereka yg tidak punya garasi urung membeli mobil, lalu aturan angkutan umum dilarang menaikkan dan menurunkan dan menunggu penumpang di sembarang tempat selain tempat atau halte yg lokasinya sudah dirancang agar tidak menghalangi kendaraan lain, atau jam pengiriman barang kendaraan beroda 6 atau lebih yg kecepatannya sangat rendah dibatasi hanya boleh jam 20:00 keatas agar tidak mengganggu pengendara yg lajunya lebih cepat.

Kalo soal ganjil genap menurut saya ini sama sekali BUKAN SOLUSI, ini hanya memindahkan kemacetan dari jalan besar ke jalan kecil.

Sekian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrygusnardry dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Keren dah Paris, transportasi gratis biarpun nomor genap dibatasi waktu lewatnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kojiro7x dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Setuju ama agan ini
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
terapkan genap ganjil untuk menangulangi kemacetan kan . . ,

tapi apakah sebelum di terapkan ente ada pikir ??

sebelum nya ane ada 1 mobil saja.., karna ada genap ganjil

ane beli lagi 1 mobil

biar genap ato ganjil tetep dapat bawa mobil..,

nah terus yang tadi nya cm 1 mobil ini jadi 2

skrg pengaruh ga ke macet nya ???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
untuk orang yang hariannya pakai mobil pribadi, bukan hal yang susah punya 2 mobil dengan 2 plat berbeda ...

kalo di sini kayanya gak efektif, karna buat orang tertentu lebih baik beli 1 mobil tambahan dari pada pakai angkutan umum yang belum nyaman

cmiiw
profile-picture
profile-picture
diandraps dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


Nah ini baru bnerr..
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


Bener gan, saya aja karna kebutuhan harus punya 2 kendaraan, dan kebetulan juga nomernya satu ganjil satunya genap ...

Saya rasa malah bikin tambah penjualan mobil, secara depe 9 juta bisa bawa mobil balik emoticon-Cape d...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Aturan ganjil genap ditambah peraturan pembatasan jumlah pemilik kendaraan shg tdk membeli mobil lg.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


setujuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 2 lainnya memberi reputasi
Ah trit hoax ini
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post harmonyzen
Quote:


Ko ente paham derita ane bre emoticon-Mewek

Banyak orang sinting ga punya garasi taro mobil depan pintu rumah ane

Di tegur malah marah balik kaya kesetanan emoticon-Marah

profile-picture
profile-picture
profile-picture
deathpond dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post Betjanda
Quote:

Eh..... Apa?!
Ttep bisa diakali deh gan, 1 org punya 2 mobil, 1mobil genap dan ganjil, jdinya ttep bisa dipake 2 2 nya setiap harinya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
klo heli ane masih boleh lewat kan?
Quote:


Gamparin gan pake sendal bata.. emoticon-Leh Uga
Quote:


Di tempat Ane, malah ada tempat parkir berjemaah utk org2 yg ada di lingkungan terdekat emoticon-Cape d...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Tapi negara lain gak jadi nomor 1 kota paling polusi sedunia kayak Jakarta ya. emoticon-Turut Berduka
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


Kok yang punya tanah gak marah gan? emoticon-Cape d...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


Justru yg punya tempat mmg buat utk bisnis jd ada iuran bulanannya.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan itufiksi memberi reputasi
Diubah oleh Big Bholo
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di