alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ombudsman RI Desak Pemerintah Revisi Aturan Kompensasi Pemadaman Listrik PLN
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4bd9c6c0cad722e1582aa0/ombudsman-ri-desak-pemerintah-revisi-aturan-kompensasi-pemadaman-listrik-pln

Ombudsman RI Desak Pemerintah Revisi Aturan Kompensasi Pemadaman Listrik PLN

Ombudsman RI Desak Pemerintah Revisi Aturan Kompensasi Pemadaman Listrik PLN
Pekerja saat melakukan perawatan kabel jaringan listrik sutet di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, Senin (5/8/2019). PT PLN (persero) akan mengurangi tagihan kepada pelanggannya. Hal ini dilakukan imbas padamnya listrik pada Minggu (4/8/2019) kemarin. PLN akan memberikan kompensasi sesuai deklarasi Tingkat Mutu Pelayanan (TMP), dengan Indikator Lama Gangguan. Kompensasi akan diberikan sebesar 35 persen dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen golongan tarif adjustment.  | AKURAT.CO/Sopian

AKURAT.CO, Ombudsman RI mendesak pemerintah segera merevisi peraturan menteri terkait besaran kompensasi pemadaman listrik di wilayah Jakarta, Banten, Jabar dan Jawa Tengah terjadi pada Minggu (4/8/2019) lalu.
Hal itu dianggap perlu dilakukan agar ada rasa keadilan bagi masyarakat yang dirugikan akibat terputusnya pelayanan publik.

"Ombudsman mendesak pemerintah meninjau kembali besarnya kompensasi ini," kata Anggota Ombudsman RI, Alvin Lee di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Besaran kompensasi tersebut diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 27 Tahun 2017. Aturan ini pula yang menjadi dasar PLN dalam memberikan kompensasi atau ganti rugi.

Persoalan ganti rugi tersebut tertuang dalam Pasal 6 Permen ESDM No. 27/2017. Dalam ayat 1 pasal 6 Permen tersebut menyebutkan, PLN wajib memberikan pengurangan tagihan listrik kepada Konsumen apabila realisasi tingkat mutu pelayanan tenaga listrik tidak sesuai dengan tingkat mutu pelayanan tenaga listrik yang ditetapkan.

"Besaran terbagi dua yakni ada yang 30 persen dan 20 persen sesuai kategori yang diatur dalam peraturan tersebut," ujar dia.

Menurut Alvin, kompensasi tersebut dinilai terlalu kecil tidak sepadan dengan kerugian yang dialami masyarakat selaku konsumen.

"Misalnya ada konsumen yang memiliki daya 2.200 watt digantinya cuma Rp45.192 saja, itupun dalam bentuk diskon di periode berikutnya," kata Alvin.

Hari ini Ombudsman melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak untuk meminta klarifikasi terkait peristiwa pemadaman listrik (blackout) di wilayah Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Hadir dalam pertemuan tersebut Direktur Strategis PLN, Djoko R Abuhanan, Sekjen Dewan Energi, Djoko Siswanto, Ketua Komunitas Konsumen Indonesia (KKI), David Tobing, Pengurus Harian YLKI, Sularsi.[]



Baca Juga:

Mati Lampu Massal, Wakil Ketua DPR: Harus Ada Investigasi Komprehensif Di Tubuh PLN
DPR RI Beri Waktu 2 Bulan Untuk PLN Dan Polri Selesaikan Investigasi Lanjutan
Karni Ilyas Pertanyakan Alasan PLN Beri Kompensasi Kepada Pelanggan







Sumber

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
nyari keadilan kog setengah setengah

jakarta, banten jabar, jateng.. emangnya jatim ga sering kena pemadaman apa? belum lagi daerah luar jawa...


emoticon-Shakehand2
Demi rasa keadilan bagi masyarakat
Ane pakai token. Kompensasinya gimana ??
Beli di minimart tetap harganya sama.
Lihat 3 balasan
negara lain mati listrik cuma sebentar
bukan sepanjang tahun

kalau di indonesia itu paling parah lakukan pemadaman listrik bergilir sepanjang masa di kota-kota
sampai-sampai warganya kebanyakan udah beli generator

yang tinggal di pulau sumatra ,kalimantan,sulawei dll
.pasti wargaya udah merasakan pemadaman listrik bergilir sepanjang tahun

di pulau jawa aja yg jarang pemadaman listrik makanya warganya langsung heboh

kalau PLN tak mampu urus
kasih saja pada swasta
Balasan post WM777
Quote:


mgkn ada penambahan jumlah KWH
dulu ane jg pernah dpt kompensasi kekurangan KWH, jd pas beli token baru harga token ttp normal tp nanti di struknya ada keterangan tambahan KWH, misal ane beli token Rp.50.000 dpt 30 kwh nanti di bawahnya ada ket tambahan misal 15 kwh sebagai kompensasi ntu
Diubah oleh beenana
Balasan post beenana
@beenana
Oh gitu. Thx infonya.
Tapi tadi beli kaga dapat.
Balasan post WM777
Quote:


kyknya dari PLN nya masih di itung2 ma di liat sapa aja yg harus dpt kompensasi
antara tunggu berita resmi dr PLN yg prabayar pembelian periode tgl brp dpt KWH kompensasi, taw kl beli token skrng2 bisa intip di struknya ada ket kompensasi KWH ga nya, biasanya di sebelah no stroom ada ket kompensasi KWH nya emoticon-Big Grin


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di