alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Tasrif Award 2019 dari AJI Indonesia untuk Baiq Nuril
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4bcff68012ae21d66b5915/tasrif-award-2019-dari-aji-indonesia-untuk-baiq-nuril

Tasrif Award 2019 dari AJI Indonesia untuk Baiq Nuril

 Tasrif Award 2019 dari AJI Indonesia untuk Baiq Nuril
Baiq Nuril Maknun membawa salinan petikan Keppres Amnesti usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (2/8/2019).
Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia memberikan Penghargaan Tasrif Award 2019 kepada Baiq Nuril Maknun. Penghargaan diberikan lantaran Baiq telah berjuang melawan ketidakadilan yang menimpanya.

Dewan Juri menilai mantan pegawai honorer di SMA Negeri 7 Mataram yang menjadi korban pelecehan seksual itu berani melawan ketidakadilan.

"Dewan juri menilai Baiq Nuril berani, teruji komitmen, dan integritasnya dalam melawan ketidakadilan dan menegakkan demokrasi," ungkap Ketua AJI Indonesia Abdul Manan dalam keterangan tertulis yang diterima Beritagar.id, Rabu (7/8/2019) malam.

Tasrif Award diberikan sebagai upaya mendorong kebebasan pers, kebebasan berekspresi dan nilai-nilai keadilan, serta demokrasi di Indonesia. Kasus yang menjerat Baiq dinilai memiliki dampak sosial, politik, dan hukum yang luas.

Bahkan mendapat perhatian dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan para anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Baiq sebelumnya divonis bersalah telah melanggar Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) lantaran dituding menyebarkan rekaman yang menceritakan hubungan seksual M dengan perempuan lain bukan istri pada 2013. M adalah kepala sekolah di tempat Baiq dulu bekerja.

Nuril adalah korban pelecehan verbal yang malah divonis 6 bulan penjara dan denda Rp500 juta subsider 3 bulan kurungan karena rekaman suara terhadap tindakan pelecehan tersebut menyebar.

Dalam upaya hukum kasasi, Baiq Nuril dinyatakan melanggar hukum. Begitu juga (5/7) Mahkamah Agung menolak Peninjauan Kembali yang diajukannya, sehingga amnesti menjadi langkah terakhir.

Jokowi menyetujui pemberian amnesti itu. Pada Senin (29/7), Jokowi menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) amnesti bagi Baiq yang menjadi terpidana pelanggaran UU ITE.
Sumbangkan donasi
Tak hanya berani, sabar, dan tabah, Baiq Nuril juga pantas menyemat sebutan "baik" lantaran berencana menyumbangkan sebagian donasi yang terkumpul lewat kitabisa.com/saveibunuril kepada anak yatim.

Donasi yang awalnya untuk membantu Nuril dalam kasus hukum yang menjeratnya itu telah terkumpul Rp 421 juta. "Untuk donasi, kalaupun itu diserahkan kepada saya, sebagiannya saya akan sumbangkan kembali kepada anak-anak yatim dan orang-orang yang tidak mampu," ungkap Nuril (7/8).

Ia berharap dengan donasi tersebut, kebaikan terus mengalir kepada setiap orang. "Kemarinkan orang-orang memberikan ke saya, jadi sekarang saya akan berikan kepada orang-orang yang tidak mampu, supaya kebaikan dan pahala terus tetap mengalir," ujarnya.

Donasi yang diinisiasi oleh Anindya Joediono awalnya dikumpulkan untuk membayar denda Rp500 juta yang dijatuhkan kepada Nuril, selain vonis 6 bulan penjara. Namun, karena Presiden Jokowi memberikan amnesti, maka dua vonis tersebut tak lagi mesti dijalankannya.
 Tasrif Award 2019 dari AJI Indonesia untuk Baiq Nuril


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...tuk-baiq-nuril

---

Baca juga dari kategori BERITA :

-  Tasrif Award 2019 dari AJI Indonesia untuk Baiq Nuril Sawit yang ganggu kehidupan warga Halmahera Selatan

-  Tasrif Award 2019 dari AJI Indonesia untuk Baiq Nuril Siap-siap, Indonesia bisa kebanjiran ayam dari Brasil

-  Tasrif Award 2019 dari AJI Indonesia untuk Baiq Nuril Ojek daring parkir sembarangan bakal diusir

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di