alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Programmer Forum /
MENGENAL LEBIH JAUH SISTEM DAN KONSEP ERP
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4bcdd29a972e0e4162c49c/mengenal-lebih-jauh-sistem-dan-konsep-erp

MENGENAL LEBIH JAUH SISTEM DAN KONSEP ERP


Ketika ERP baru dikenal pertama kali, sistem ini memiliki tiga elemen utama. Ketiga elemen tersebut adalah perusahaan atau enterprise, sumber daya atau resource, dan perencanaan atau planning. Saat menggunakan sistem ERP ini konsep-konsep pada pemahaman di dalamnya harus diketahui. Nah, untuk mengetahui lebih jelas ini dia penjelasan singkat dari tahapan konsep ERP yang ada saat ini.

Tahap 1, yakni material requirement planning yang menjadi cikal bakal ERP dan memiliki area fungsional berupa inventory management dan production saja.
Tahap 2, yakni close loop MRP yang tidak terbatas pada konsep perencanaan kebutuhan material, namun juga pada alat bantu penyelesaian masalah dan memiliki area fungsional inventory management production dan engineering.
Tahap 3, yakni manufacturing resource planning untuk menyempurnakan tahap 2 dengan menambhkan 3 elemen utama sepereti inventory managemen productionenginnering finance, dan human resource management.
Tahap 4, dilakukan perluasaan sistem ERP sampai melintasi batas fungsi organisasi sehigga pengelolaan bisnis bisa dilakukan dengan mudah. Dibanding tahap sebelumnya, area fungsional hanya ditambah delivery saja.


Konsep ERP ini sendiri lebih sering digunakan dalam konteks software yang perlu dikembangkan lagi sehingga menjadi popular dan digunakan oleh banyak perusahaan. Tujuan utama software ini adalah memfasilitasi arus informasi dalam perusahaan sehingga keputusan bisa diambil keputusan yang sesuai dengan data.

Apa Saja Kelebihan Sistem dan Konsep ERP?


Penerapan sistem dan konsep ERP pada suatu bisnis pada dasarnya akan memberikan berbagai keuntungan. Jika biasanya perusahaan menggunakan sistem database secara terpisah, maka dengan adanya ERP ini data yang dimiliki bisa lebih terintegrasi dalam satu wadah. Dengan itu, semua pihak juga dapat mengakses data dengan mudah dan lengkap sehingga pengelolaan perusahaan akan berjalan dengan efektif dan efisien. Tak hanya integrasi data yang baik, kelebihan atau keuntungan lain bisa didapatkan jika menggunakan ERP, seperti:

Meningkatan efisiensi dan produktivitas


Keberadaan sistem ERP dapat membantu meningkatkan efisiensi dan juga produktivitas dalam suatu perusahaan. Aktivitas suatu perusahaan yang rutin dilakukan, seperti order, pengiriman barang, profil pemasok, manajemen keuangan, manajemen gudang, realisasi penjualan hingga akuntansi menjadi dapat berjalan dengan baik dan cepat.

Perencanaan dan manajemen sistem informasi


Sistem ERP memiliki berbagai alat pendukung untuk mengambil keputusan, seperti alat perencanaan dan alat simulasi. Alat pendukung ini secara tidak langsung bisa membantu perusahaan untuk memanfaatkan sumber daya secara lebih efektif fdan efisien. Tak hanya itu, penyajian laporan dalam sistem ERP jauh lebih mudah diakses oleh pihak-pihak terkait kapan pun.
Integrasi bisnis dan akurasi data lebih baik


Sebuah perusahaan yang menggunakan ERP, ketika ada perubahan yang terjadi di setiap modul maka pihak terkait bisa melihatnya secara langsung. Hal ini dapat terjadi karena pembaharuan yang terjadi bersifat real-time. Tidak hanya itu, penggunaan ERP bisa pula meminimalisir terjadinya duplikat data atau hilangnya data akibat human error.
Biaya manajemen dan operasional


Cara terbaik agar biaya manajemen dan operasional tidak terlalu membebani adalah dengan memangkas atau meminimalisirnya. Nah, dalam sistem ERP ini proses bisnis yang ada di dalam perusahaan bisa dirampingkan melalui sistem yang seragam dan terintegrasi.
Menyempurnakan kolaborasi


Dalam suatu bisnis, argumen dalam perusahaan dari bagian satu ke lainnya menjadi hal yang lumrah. Jika hal ini dibiarkan maka bisa mempengaruhi kondisi dan lingkungan kerja. Namun, dengan menggunakan sistem ERP setidaknya perselisihan ini bisa diminimalisir.

Pemilik usahaperlu mengembangkan sistem dan konsep ERP agar perusahaannya bisa berjalan dengan baik tanpa adanya kendala. Namun, perlu konsistensi agar tidak gagal di tengah praktiknya ya!




Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di