alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menteri Enggar Dinilai Telah Melakukan Pembangkangan Kepada Presiden Jokowi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4bcbd0facb955ed557a530/menteri-enggar-dinilai-telah-melakukan-pembangkangan-kepada-presiden-jokowi

Menteri Enggar Dinilai Telah Melakukan Pembangkangan Kepada Presiden Jokowi

Menteri Enggar Dinilai Telah Melakukan Pembangkangan Kepada Presiden Jokowi

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dinilai telah melakukan pembangkangan dari perintah Presiden Joko Widodo yang melarang perombakan jabatan sementara di tubuh kementerian, BUMN, dan lembaga.

Ketua Presidium Perhimpunan Masyarakat Madani (Prima) Sya`roni menegaskan bahwa Menteri Enggar harus segera dipecat karena telah melakukan perombakan pejabat di Kementerian Perdagangan. Hal itu tak sesuai dengan instruksi Jokowi.

Baca juga : Mantan Menteri Era Soeharto, Cosmas Batubara Telah Berpulang

"Apapun resikonya, Jokowi harus bertindak tegas. Pecat Enggar sekarang juga," katanya seperti dilansir KATTA.id, Rabu (7/8/2019).

Tindakan Enggar merombak pejabat kementerian yang dipimpimpinnya, lanjut Sya`roni, merupakan pembangkangan yang disengaja. Tujuannya untuk menyulut reaksi presiden. Karena itu dia meminta Jokowi segera melakukan pemecatan.

Baca juga : FPI Ingin Bahas Khilafah, Kemendagri: Syaratnya Lengkap Dulu!

"Seorang menteri mestinya tidak berani melawan arahan presiden," ujarnya.

Menurut Sya`roni, apa yang dilakukan Enggar yang merupakan kader Partai Nasdem memiliki motif politik. Karena di saat hampir bersamaan dinamika parpol koalisi sedang bergejolak dimana Ketum Nasdem Surya Paloh melakukan akrobat politik, namun tidak direspon positif oleh Jokowi.

Baca juga : Waspada Mafia Properti Mengincar Anda, Ini Modusnya

Seperti diketahui, Selasa (6/8/2019) kemarin, Enggar merombak susunan pejabat eselon I atau setingkat direktur jenderal di bawah Kementerian Perdagangan. Tak tanggung-tanggung, tujuh pejabat eselon I diganti Enggar sekaligus.

Salah satu pejabat yang dilantik adalah Oke Nurwan. Oke yang sebelumnya Direktur Perdagangan Luar Negeri diangkat menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen).

Selain Sekjen, posisi yang mengalami perombakan adalah Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Direktur Perdagangan Luar Negeri, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga, Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), serta Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional.

Baca juga : Ini Tiga Tantangan PDIP Menyambut "Indonesia 2050"


Sementara itu, sehari sebelumnya, Jokowi melarang menteri melakukan perombakan pejabat, termasuk untuk direksi BUMN, hingga pemerintahan Jokowi-JK berakhir 20 Oktober 2019. Larangan perombakan pejabat di level atas kementerian/lembaga disampaikan Jokowi dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara. Rapat digelar beberapa jam usai Jokowi mendatangi kantor pusat PLN dan memarahi jajaran direksi perusahaan plat merah itu karena pemadaman listrik masal di Jawa dan Bali.

Tindakan merombak formasi pejabat di Kemendag sehari setelah Jokowi mengeluarkan larangan inilah yang disebut Sya`roni sebagai bentuk pembangkangan. Dia menekankan tindakan Enggar meruntuhkan kewibawaan presiden.

"Dalam kasus pembangkangan ini, Enggar lebih menonjolkan sisi politisinya dengan sengaja melawan arahan Jokowi. Di satu sisi, Jokowi memang sedang diuji kepiwaiannya, akan tersulut dalam permainan Enggar atau bisa menahan diri. Namun di sisi lainnya, jika tindakan Enggar dibiarkan maka bisa merontokkan kewibawaan presiden," tutup Sya`roni.


Sumber: Law-Justice
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Pecat saja. Kalau sama kim jong un sudah ditembak mati

Quote legend rini sumarno - presiden ga ngerti apa-apa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh buncitbubar
ini menteri yg nyuruh impor baja china kualitas rendah itu ya

profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 2 lainnya memberi reputasi
jangan sok hebat dah nggar emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Nunggu reaksi jokowi, bisa tegas ngga. Ini mentri dibiarin seenaknya dari dulu.
Nasdem kalau mulai nyolot mending dibungkam dari sekarang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kabel.Hangus dan 2 lainnya memberi reputasi
Mentri nasbung
profile-picture
profile-picture
pdt.henderson dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Pelantikan 7 pejabat tinggi madya di lingkungan Kementerian Perdagangan sempat dipersoalkan karena dilakukan setelah Presiden Joko Widodo melarang menteri membuat keputusan strategis dan perombakan jabatan di tiap kementerian. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan perombakan tersebut sudah disetujui Jokowi sejak medio bulan lalu. Bahkan, ia bilang hal tersebut telah tertuang dalam Keputusan Presiden (Kepres) yang diteken pada Juli 2019. Aturan yang dimaksud adalah Keputusan Presiden RI No. 78/TPA Tahun 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Perdagangan yang ditetapkan pada 15 Juli 2019. "Itu sudah ada dari tanggal 15 Juli Keppresnya. Sudah diberitahukan (ke Presiden)" ujar Enggar singkat di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2019).

Politikus Partai Nasdem, Irma Suryani Chaniago mengatakan, apa yang dilakukan oleh kadernya, Enggartiasto Lukita memang tidak melanggar perintah Presiden Jokowi. "Kemendag menjelaskan pada saya bahwa alasan pelantikan tujuh pejabat eselon I atau setingkat direktur jenderal tersebut telah sesuai dengan regulasi. Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 78/TPA Tahun 2019 yang ditetapkan pada 15 Juli 2019," ucap Irma saat dihubungi reporter Tirto pada Rabu (7/8/2019). Menurut Irma, meskipun pelaksanaannya dilakukan usai larangan Jokowi dikeluarkan, namun hal itu tidak menjadi soal. Sebab, Keppres yang menjadi dasarnya sudah disetujui presiden sebulan yang lalu. "Keppresnya tanggal 15 Juli 2019, hanya saja pelaksanaannya baru sempat sekarang, Jadi tidak ada yang dilanggar," ucap Irma.

Kasus ini bermula saat berbagai pihak mendesak pemerintah segera menentukan Direktur Utama definitif PT PLN menyusul kasus pemadaman listrik massal. Namun, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan hal tersebut belum dapat dilaksanakan. Sebab, menurut Luhut, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan agar tidak membuat keputusan strategis hingga Oktober 2019 ketika masa jabatan para menteri kabinet berakhir. “Presiden beri arahan kepada kami. Rapat paripurna untuk semua menteri jangan buat keputusan sampai Oktober 2019. Kecuali ada hal khusus presiden akan kasih arahan,” ucap Luhut kepada wartawan pada Senin (5/8/2019).

https://tirto.id/nasdem-bela-menteri...-kemendag-efRp
Ditunggu keberanian pak jokowi presiden ke tujuh dan delapan indonesia menghadapi cipiter

emoticon-Cool
profile-picture
itkgid memberi reputasi
besar kepala dia karena dibeking si bewok. joko mana berani emoticon-Traveller



Menteri ga jelas

Sukanya impor melulu

Smntara kinerja ekspor melempem jauh di bawah nilai impor

Udh hampir 1th devisit perdagangan kok ya ga ada tindakan dari presiden.
Skuat itukah Paloh di hadapan Jokowi?


profile-picture
esaka.kedua memberi reputasi
salah satu menteri yang saya ga suka dr dulu, knp ga masuk daftar resuffle pas jaman anis msh menjabat ya.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di