alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Yuan Dilemahkan, JK: China Tak Bodoh
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4bca55a7276843b4450dae/yuan-dilemahkan-jk-china-tak-bodoh

Yuan Dilemahkan, JK: China Tak Bodoh

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengomentari langkah China yang melemahkan mata uang Yuan. Menurutnya, langkah pelemahan Yuan membuktikan bahwa China adalah negara pintar.

Hal itu disampaikan JK saat memberi sambutan pada perayaan ulang tahun ke-24 INDEF di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (7/8/2019) malam.

Awalnya, JK berbicara tentang dilema persaingan pasar dalam negeri akibat serbuan produk China. Ia kemudian membandingkannya dengan China yang tengah berperang dagang dengan Amerika Serikat.


"Begitu AS kenakan bea masuk kepada komoditi China, terjadi (peningkatan) harga barang-barang konsumsi dari China yang dikenakan (bea) 20 persen. China tidak bodoh. Dia melemahkan Yuan, maka harga turun 20 persen di Amerika," kata JK di hadapan para ekonom INDEF dan tamu undangan.

Sebagai catatan, dengan melemahnya mata uang Yuan, maka produk ekspor China akan menjadi lebih kompetitif di pasar global.

Karena itu jika merujuk pada penjelasan JK, harga barang impor dari China yang beredar di AS akan kembali normal setelah sempat melambung akibat bea masuk yang ditetapkan negeri Paman Sam. Ini menunjukkan peta ekonomi dunia sudah berubah, China kini kian liberal, dan AS yang makin protektif. 



Dari fenomena ini, JK pun menganggap perlunya gagasan-gagasan ekonomi dari para ahli untuk menjawabnya. Termasuk INDEF yang merupakan lembaga independen yang fokus mengamati perekonomian Indonesia.

"Artinya bagaimana barang impor murah, barang ekspor akan kemahalan, hal itu akan menjadi pemikiran-pemikiran. Bagaimana hal itu teratasi di masa mendatang. Karena itulah kita butuh INDEF dengan pemikiran independent. Kita (pemerintah) menjaga kepentingan semua pihak, masyarakat konsumen dan produsen agar bayar pajak," kata JK. 


[url]https://www.cnbcindonesia.com/news/20190808064419-4-90570/yuan-dilemahkan-jk-china-tak-bodoh [/url]

ga bodoh gan
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Keren ya cinak, bisa melemahkan atau menguatkan mata uangnya seenak jidatnya emoticon-Belo

Disini mati-matian nguatin idr malah gak naik-naik emoticon-Malu













































emoticon-Hammer
Lihat 1 balasan
Kenapa di China tidak ada yg komplen kl devaluasi? Beda sama disini?
Dolar mahal di China malah senang disini mau dolar balik 10 rb.

Ada yg salah?
profile-picture
raul.garcia memberi reputasi
Lihat 24 balasan
Perang mata uang
ditunggu 1 dolar = rp 10rb

dua periode gak bisa, auto malu harusnya
profile-picture
trirestya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sudah frontal perang dagang ya. emoticon-Big Grin

sudah cukup berprestasi itu, david lawan goliath.

kalau bangsa lain yang anti amerika sih masih bermimpi bisa seperti itu. emoticon-Big Grin
Balasan post Betutubali
disono orientasinya eksport.... jual barang ke luar negeri, disini konsumennya masih doyan sama barang import, gitu rupiah turun harga jadi naik pada menjerit dah wkwkwkwk
profile-picture
profile-picture
Betutubali dan aftadizca memberi reputasi
Balasan post rp.1000000
kita juga sengaja di lemahkan
Ada sebab akibatnya dong. Melemahkan mata uang sendiri, akan berdampak ke negaranya sendiri. Kalau menurutku, rakyat di cina semakin ditekan oleh pemerintahnya karena uang yang mereka dapat makin sedikit. Menunggu kuat-kuatannya saja.
profile-picture
Bukan.Arab memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Emang berani bilang goblog ke cipiters (baca : majikan) ? emoticon-Ngakak
profile-picture
alungstiff memberi reputasi
Quote:


Oh begitu emoticon-Malu





































emoticon-Hammer
Balasan post Betutubali
kayaknya nggak ada deh yang nulis china seneng dollar naik 10000. dalam dunia bisnis dan buku ekonomi dikenal dengan istilah dumping. ibaratnya menguasai pasar walau merugi harga bisa naik belakangan atau ketika semua kompetitornya tewas
profile-picture
CumiGorengManis memberi reputasi
Cina adalah negara leluhur yg kebhinekaan emoticon-Smilie
profile-picture
pdt.henderson memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post buncitbubar
dumping dilarang justru karena efektif tentunya ada perhitunganya ibarat kata restoran keluar harga promosi atau ngasih undian berhadiah tentunya gak bisa setiap hari dan tergantung kemampuan penjual dalam memanfaatkan surplus pembeli yang ada. Ada maksud tertentu ibarat kau ngiklan bayar ratusan milyar cuman muncul sejam di tv tetapi mereka anggap itu perlu walau itu merugi banyak.
Balasan post buncitbubar
ngelag
Diubah oleh slider88
Balasan post Betjanda
Quote:


china memang bhineka kok kebebasan negaranya bisa dilihat dari betapa berkembang industri kreatif mereka. nggak ada negara terkekang yang industri kreatifnya sesakti itu
Balasan post slider88
Makanya saya bilang kuat-kuatan nya saja. Melemahkan mata uang, akan punya dampak negatif nya juga. Dampak positif nya bisa menangkal jurus kenaikan bea masuk dari amerika. Tapi dampak negatif nya juga ada, salah satunya orang perlu berkerja lebih keras untuk mendapatkan jumlah uang yang sama seperti sebelum mata uang dilemahkan.

Meski memiliki keuntungan, namun praktik dumping juga berisiko menimbulkan kerugian. Sebenarnya kerugian dari praktik dumping ini tak hanya menyerang negara importir saja, tetapi juga eksportir. Berikut kerugian yang muncul dari praktik dumping.

Merusak tatanan harga produk sejenis. Harga ekspor komoditas yang lebih rendah dari harga produk sejenis dalam negeri negara importir dapat mengakibatkan diskriminasi harga. Hal ini jelas merugikan produsen pesaing di negara importir.
Menumbangkan produsen-produsen pesaing baik di dalam maupun luar negeri. Praktik dumping yang dinilai sebagai wujud dari persaingan tidak sehat bisa jadi bertujuan untuk menumbangkan bisnis pesaing baik di dalam maupun di luar negeri. Harapannya, dengan menjual produk ke pasar internasional dengan harga lebih rendah, perusahaan eksportir mampu merebut pangsa pasar.
Eksportir terancam bangkrut. Sebenarnya kerugian dari praktik dumping ini tidak hanya dirasakan oleh produsen pesaing di negara importir saja, tetapi juga perusahaan eksportir. Penjualan produk atau komoditas dengan harga lebih rendah justru tidak mampu menutup biaya produksi yang dikeluarkan.
Diubah oleh buncitbubar
Balasan post slider88
@slider88 iya bisa begitu kayak besi noh, ancur besi amrik dan sekarang ancur besi kita. dan dumping itu juga buat membuka lapangan pekerjaan bagi rakyatnya, kalau industri jalan dan butuh banyak ekspor otomatis perlu tenaga kerja
Quote:


kok 10rb gan ga 2500 kaya jaman pas ane sd? emoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
Balasan post buncitbubar
sebenernya kurang tepat karena ketika devaluasi dengan asumsi semua pakai barang lokal tidak ada sama sekali perubahan keuntungan karena harga lokal masih stabil. kalau berbicara perubahan kejadian ekonomi harusnya kau bicaerra dalam asumsi.ketika devaluasi sebenarnya yang rugi kan cuman yang punya hutang luar negeri dalam dollar dan suka beli import. kalau cuman pake produk lokal dan bayar hutang lokal tak ada pengaruh sama sekali. lagipula mana ada penjual mau jual rugi pada akhirnya. promo ya promo gak mau jual lah kalau merugi tanpa timbal balik yang akhirnya juga akan bikin harga naik kembali. baik karena banyak orang nuker dollar ke yuan dan yuan naik atau dinaikan pemerintah atau karena harganya dinaikan ma produsen karena konsumen berani harga lebih tinggi
Diubah oleh slider88
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di