alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
6 Fakta Menarik Octavianus Augustus, Sang Kaisar Pertama Romawi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4bba69c9518b4b6976a094/6-fakta-menarik-octavianus-augustus-sang-kaisar-pertama-romawi

6 Fakta Menarik Octavianus Augustus, Sang Kaisar Pertama Romawi

6 Fakta Menarik Octavianus Augustus, Sang Kaisar Pertama Romawi

Dalam sejarah pemerintahan Romawi Kuno, Julius Caesar dipandang sebagai salah satu pimpinan terbaik. Sebelum tragedi pembunuhannya, ia telah mempersiapkan seseorang untuk menjadi pemimpin Romawi selanjutnya, ia adalah Octavianus Augustus.

Meski sempat diragukan kepemimpinannya, Augustus kemudian bertransformasi sebagai seorang pemimpin ulung dan menjadi sosok kaisar pertama dalam sistem pemerintahan kekaisaran Romawi. Di bawah aturannya, Romawi berhasil merengkuh banyak kemenangan dan kemajuan. 

Di balik itu semua, ia pun memiliki kisah hidup yang menarik. Berikut fakta-faktanya.


1. Julius Caesar merupakan paman buyutnya
6 Fakta Menarik Octavianus Augustus, Sang Kaisar Pertama Romawi
Dilahirkan pada tanggal 23 September, 63 SM, Agustus tumbuh di sebuah kota sekitar 25 mil tenggara Roma. Ayahnya adalah seorang senator yang meninggal secara tak terduga ketika dia berusia empat tahun. Sedangkan ibunya adalah keponakan dari Julius Caesar.

Sebagai seorang anak, Augustus mungkin tidak banyak melihat aksi paman buyutnya yang terkenal itu sedang menyerbu Gaul. Namun, pada akhirnya, ia mendapatkan kepercayaan Caesar dan mulai menghabiskan lebih banyak waktu bersamanya, termasuk selama aksi militer di Spanyol.

Berkat paman buyutnya, Augustus dapat bergabung dengan aristokrasi bangsawan, hanya satu dari banyak penghargaan yang diberikan kepadanya. Kemudian, setelah sekelompok senator membunuh Caesar pada tahun 44 SM, Augustus mengetahui wasiat yang baru saja digubah, di mana ia diadopsi secara anumerta dan diwariskan warisan Julius Caesar.


2. Augustus bukanlah nama lahirnya
6 Fakta Menarik Octavianus Augustus, Sang Kaisar Pertama Romawi
Augustus awalnya terlahir dengan nama Gayus Octavius, tetapi ia mengubah namanya menjadi Gayus Julius Caesar Octavianus, alias Octavianus, setelah diadopsi oleh paman buyutnya.

Tujuh belas tahun kemudian, Senat menghadiahinya dengan nama Augustus, yang berarti "Yang Terhormat." dan divi filius (putra dewa) Augustus tidak pernah menyebut dirinya monarkis atau diktator, dan ia hidup dalam lingkungan yang relatif sederhana. Namun karena ia mengumpulkan kekuatan tertinggi Romawi, para sejarawan kemudian menyebutnya sebagai kaisar pertama Roma.


3. Gagal memperluas kekaisaran Romawi
6 Fakta Menarik Octavianus Augustus, Sang Kaisar Pertama Romawi
Setelah mengalahkan saingannya, Augustus mulai mengkonsolidasikan kekuatannya, meningkatkan infrastruktur Roma dan mempercantik kota. Dia juga ingin memperluas perbatasan kekaisarannya, membawa Mesir, Spanyol utara, Pegunungan Alpen, dan sebagian besar Balkan di bawah kendali Romawi.

Sayang kemunduran terjadi di Jerman ketika tiga legiunnya disapu habis dalam sebuah penyergapan pada 9 M, memaksa orang-orang Romawi untuk mundur di sebelah barat Sungai Rhine. Setelah mendengar berita tentang kekalahan itu, Augustus berulang kali membenturkan kepalanya ke dinding dan berteriak kepada jenderal untuk bertanggung jawab.

Sebagai bagian dari upaya ekspansi ini, Augustus menghabiskan bertahun-tahun di Spanyol, Galia, Yunani, dan Asia. Namun dia sendiri bukan pejuang, sering sakit pada malam pertempuran dan sangat bergantung pada strategi pada teman masa kecilnya Marcus Vipsanius Agrippa.


4. Bulan Agustus dinamai menurut namanya
6 Fakta Menarik Octavianus Augustus, Sang Kaisar Pertama Romawi
Dengan era perdamaian dan kemakmuran yang diraih kaisar Augustus, Senat kemudian memberikan suara pada 8 SM untuk mengganti nama bulan Sextilis dengan Augustus. Bulan itu sendiri merupakan bulan ketika Augustus pertama kali menjadi konsul dan memenangkan pertempuran terakhirnya atas Antony dan Cleopatra.

Sebelum Augustus, Senat juga telah merubah bulan Quintilis menjadi bulan Juli untuk menghormati Julius Caesar.


5. Dia pernah mengasingkan putrinya sendiri
6 Fakta Menarik Octavianus Augustus, Sang Kaisar Pertama Romawi
Sebagai pendukung nilai-nilai tradisional, Augustus membangun dan memperbarui banyak kuil selama masa pemerintahannya, mendorong perkimpoian dan persalinan. Namun pada 2 SM ia harus menerima kenyataan jika putri satu-satunya, Julia, telah berhubungan di luar nikah dengan banyak pria berpengaruh, termasuk putra Mark Antony. Akibatnya, ia pun mengasingkan anaknya itu ke pulau berbatu Ventotene.

Meskipun kemudian dia mengizinkannya untuk pindah ke tempat yang tidak begitu terisolasi, di mana dia tidak pernah melihatnya lagi. Augustus juga membuang cucunya karena tuduhan perzinahan, meskipun dalam kedua kasus tersebut para sejarawan percaya ada faktor-faktor tambahan yang mungkin berperan.


6. Calon penerusnya selalu meninggal dengan misterius
6 Fakta Menarik Octavianus Augustus, Sang Kaisar Pertama Romawi
Tanpa memiliki seorang putra, Augustus menghabiskan banyak waktu dan energi untuk mencoba mempersiapkan seorang penerusnya. Dia memusatkan perhatian awalnya pada keponakannya Marcellus, yang dinikahkan dengan Julia pada 25 SM. Tetapi Marcellus jatuh sakit dan meninggal beberapa tahun kemudian sekitar usia 21 tahun.

Selanjutnya, Augustus menyiapkan Agrippa, teman dan jendralnya, yang, meskipun 25 tahun lebih tua dari Julia, mereka kemudian memiliki tiga putra dan dua putri. Augustus mengadopsi dan membantu membesarkan dua anak lelaki yang lebih tua, Gayus dan Lucius.

Tetapi, lagi-lagi kematian menghampiri mereka. Yang pertama meninggal pada usia 23 setelah terluka di Armenia dan yang kedua meninggal pada usia 19 setelah tertular penyakit yang tidak diketahui di Gaul. Sedangkan putra ketiga Julia dan Agrippa, konon, penuh amarah dan akhirnya dikirim ke pengasingan.

Setelah kematian Agrippa, Augustus memaksa anak tirinya Tiberius untuk menceraikan istri tercintanya dan menikahi Julia, tetapi mereka hanya memiliki satu anak yang meninggal saat masih bayi.

Itulah fakta-fakta kehidupan sang kaisar pertama Romawi, Octavianus Caesar Augustus.


Sumber : https://www.idntimes.com/science/dis...mpaign=network

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di