alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Siap-siap, Indonesia bisa kebanjiran ayam dari Brasil
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4bb3d85cf6c45a1f1a1a80/siap-siap-indonesia-bisa-kebanjiran-ayam-dari-brasil

Siap-siap, Indonesia bisa kebanjiran ayam dari Brasil

Siap-siap, Indonesia bisa kebanjiran ayam dari Brasil
Pedagang melayani pembeli ayam potong di Pasar Minggu, Jakarta, Senin (15/4/2019). Indonesia kalah dari Brasil dalam gugatan komoditas ayam di WTO.
Indonesia harus membuka keran impor daging ayam dari Brasil karena kalah gugatan di World Trade Organization (WTO). Dengan kekalahan ini, ayam dari Brasil bisa membanjiri pasar Indonesia karena harga produksinya jauh lebih murah.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito mengakui pemerintah telah menyalahi ketentuan WTO terkait perdagangan bebas dengan melarang masuknya ayam dari Brasil.

"Tidak mungkin kita menyatakan tidak bisa (membuka keran impor). Kalau kita melarang, melanggar ketetapan WTO, ya kita pasti salah," jelas Enggartiasto usai rapat di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (7/8/2019) seperti dinukil dari financedetik.

Jika Indonesia masih menutup keran impor daging ayam, Brasil bisa saja menyerang balik ekspor Indonesia ke sana. Langkah ini juga akan diikuti negara-negara lain.

Keran impor hanya dibuka jika ada permintaan dari dalam negeri. Importir juga diberi kesempatan mengimpor daging ayam dari Brasil.

"Kalau ada yang mau minta silakan saja. Kalau tidak (membuka kesempatan impor), ya mereka punya hak melakukan retaliasi (balasan) dengan berbagai produk yang sama atau produk lainnya, dan 19 negara lainnya akan ikut serta," kata Enggar.

Sebenarnya, masalah ini sudah lama bergulir. pada 2014 Brasil menggugat Indonesia terkait perdagangan ayam dan daging olahan turunannya. Tiga tahun kemudian, WTO memutuskan Indonesia melanggar ketentuan dagang, dan harus membuka pasar ayam untuk Brasil.

Namun, Brasil merasa putusan dua tahun lalu itu tak juga dijalankan Indonesia. Maka, dua bulan lalu mereka membawa lagi masalah ini ke WTO. Wasit perdagangan dunia itu memutuskan Indonesia harus segera buka keran impor ayam dari Brasil.

Pengamat Perdagangan Internasional dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Ahmad Heri Firdaus menilai pemerintah sudah selayaknya mengikuti ketentuan WTO untuk tidak menutup keran impor asal Brasil.

Tapi, pemerintah juga perlu mempersiapkan standarisasi yang konkret yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan domestik. “Contohnya kalau barangnya langsung dimakan harus memenuhi sertifikasi halal,” kata Ahmad saat dihubungi Republika, Rabu (7/8/2019).

Direktur Perundingan APEC dan Organisasi Internasional, Kemendag Antonius Yudi Triantoro menyatakan, daging ayam dari Brasil tetap harus halal. Brasil akan berkerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) Kementerian Agama untuk menjamin kehalalan produk daging ayamnya.

"Ada kerja sama, BPJH dengan otoritas di sana. Jadi ada dua pihak untuk menjamin halal," kata Antonius.

Ahmad menilai, walau sesuai dengan aturan WTO, tapi pemerintah tak boleh membiarkan impor ayam masuk begitu saja. Pemerintah dinilai perlu melakukan diplomasi dagang. Misalnya, menyesuaikan data produksi dan kebutuhan ayam di dalam negeri. “Kalau ternyata produksi (ayam) kita surplus, ya untuk apa impor kan,” kata dia.

Menurut anggota Perhimpunan Peternak Unggas Nusantara (PPUN) Guntur Rotua mengatakan, impor ayam bisa merontokkan harga ayam lokal. Beberapa bulan ini, harga daging ayam di Indonesia sedang anjlok.

Jika kedatangan ayam impor, makan bisa rontok. Sebab, kata Guntur, harga ayam Brasil lebih murah, Rp2 ribu per kilogram. Sedangkan Ketua Bidang Peternakan dan Perikanan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Anton J. Supit menilai harga ayam Brasil berkisar Rp9 ribu hingga Rp10 ribu per kg. Lebih murah dari biaya pokok produksi ayam lokal sebesar Rp18 ribu - Rp19 ribu.
Siap-siap, Indonesia bisa kebanjiran ayam dari Brasil


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...am-dari-brasil

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Siap-siap, Indonesia bisa kebanjiran ayam dari Brasil Ojek daring parkir sembarangan bakal diusir

- Siap-siap, Indonesia bisa kebanjiran ayam dari Brasil Serikat Pekerja PLN menentang wacana pemotongan gaji

- Siap-siap, Indonesia bisa kebanjiran ayam dari Brasil Audit BPKP tentukan angka kenaikan iuran BPJS Kesehatan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di