alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rasulullah Sangat Menjaga Perasaan Orang Kafir
3 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4ba86c5cf6c46873328df7/rasulullah-sangat-menjaga-perasaan-orang-kafir

Rasulullah Sangat Menjaga Perasaan Orang Kafir

Rasulullah Sangat Menjaga Perasaan Orang Kafir

NABI Muhammad selalu menjaga perkataan yang keluar dari lisannya, dalam segala situasi dan kondisi. Bahkan dalam keadaan marah sekalipun, beliau tidak pernah mengeluarkan ucapan-ucapan yang kotor, merendahkan, apalagi bernada melaknat. Sehingga tidak ada orang yang merasa tersakiti atau terhina dengan perkataan Nabi Muhammad.

Nabi Muhammad juga orang yang selalu menjaga kehormatan orang lain. Tidak pernah mengatakan sesuatu yang tidak layak dan membuat orang lain tersinggung meskipun itu betul misalnya. Nabi lebih memilih menggunakan cara lainnya yang tidak membuat orang lain sakit hati. Beliau tahu betul cara menjaga perasaan dam kehormatan orang lain.

Nilai-nilai itu kemudian diajarkan kepada para sahabatnya. Nabi Muhammad langsung mengingatkan apabila ada sahabatnya yang perkataannya menyakiti atau menyinggung perasaan orang lain. Dalam hal ini, Nabi Muhammad pernah menegur Sayyidina Abu Bakar karena ucapannya membuat anak Said bin Ash marah.

Dikutip dari buku Akhlak Rasul Menurut Al-Bukhari dan Muslim (Abdul Munim al-Hasyimi, 2018), suatu ketika Nabi Muhammad bersama dengan Sayyidina Abu Bakar, dua anak Said bin Ash, dan beberapa sahabat lainnya pergi ke Thaif untuk suatu urusan. Di tengah jalan, rombongan melewati sebuah kuburan. Sayyidina Abu Bakar kemudian menanyakan siapa penghuni kuburan itu. Dijawab orang-orang, itu adalah kuburan Said bin Ash.

Mengetahui itu kuburan Said bin Ash, Sayyidina Abu Bakar berdoa kepada Allah agar melaknat penghuni kubur tersebut karena semasa hidupnya memerangi Allah dan Nabi Muhammad. Doa Sayyidina Abu Bakar itu membuat telinga Amr salah satu anak Said bin Ash yang ikut dalam rombongan- memerah. Amr marah dan mengadukan hal itu kepada Nabi Muhammad.

Kepada Nabi Muhammad, Amr membandingkan kebaikan ayahnya dengan ayah Sayyidina Abu Bakar. Menurut dia, Said bin Ash lebih banyak menolong orang yang kesusahan dari pada ayah Sayyidina Abu Bakar, Abu Quhafah.

Wahai Rasulullah, ini adalah kuburan orang yang lebih banyak memberi makan dan banyak menolong orang yang kesusahan dibandingkan Abu Quhafah, kata anak Said bin Ash itu.

Nabi Muhammad kemudian melerai mereka. Di satu sisi, beliau meminta Amr untuk tidak meneruskan perselisihan itu. Di sisi lain, Nabi menasihati Sayyidina Abu Bakar agar menghindari kata-kata yang khsusus jika membicarakan orang kafir. Alasannya, agar anak-anak orang kafir yang dibicarakan itu tidak marah.

"Wahai Abu Bakar, bila kamu berbicara tentang orang kafir maka buatlah kalimat yang masih umum. Bila kamu menyebut seseorang secara khusus, maka anak-anaknya tentu akan marah, kata Nabi Muhammad kepada Sayyidina Abu Bakar. Umat Islam tidak pernah lagi menjelek-jelekkan orang kafir setelah peristiwa itu.



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iwena dan 3 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
Ketika Nabi ditanya siapakah muslim itu?

"Muslim adalah orang yang kehadirannya membuat orang-orang di sekitarnya merasa damai, tak terganggu oleh kekerasan ucapan dan tangannya.”

Aneh aja yang merasa muslim tapi membela pembangkang ajaran nabi:

Rasulullah Sangat Menjaga Perasaan Orang Kafir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
oh gitu

kalo yg bersikap keras2 itu kata siapa dong ?

nunggu id jalan cinta pajang ayat andalan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 3 lainnya memberi reputasi
masa?
klo sangat menjaga perasaan umat lain
kenapa ada " dilarang di pimpin kafir" ?

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Ah, babi kau!
Babi mau komentar, baris yang rapi ya! emoticon-Mad (S)
Bersikaplah layaknya babi.

Take emoticon-Angkat Beer!
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan youdoyouknow memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post b3jo.asoy
Quote:


Ente babi yg pertama Take emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan youdoyouknow memberi reputasi
Balasan post youdoyouknow
Nah,,berarti mereka2 ini meneladani sikap nabi yg mana bre???

emoticon-Bingung
profile-picture
youdoyouknow memberi reputasi
Kalo mau jujur, semua agama adalah kafir di mata agama yg lain. Jadi siapa yg kafir ? Ada 4200 agama di dunia dgn jutaan Tuhan dan dewanya, berapa persen kemungkinan agama mu mu dan mu mu yg lain adalah yg paling benar ? emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
berylucu dan 7 lainnya memberi reputasi
Oh gitu jadi siapa yuh muslim klo rata2 muslim membuat minoritas hidup tdk aman.

Btw, gue liat manual booknya sj, yg mengatakan bunuh2 pengal.

emoticon-Traveller
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
Quote:


Y
A
K
I
N

L
O
E ????

emoticon-Ngakak

Lah trus yang belakangan ini ribut2 soal Kafir tuh meneladani Nabi yang mana hayo ?

Bahkan termasuk yang sodara sendiri di kafir2an pula, maka nya, again, yakin loe ??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post mimicat
Quote:


yagn menggal 800 kepala qurayza emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
general.maximus dan 2 lainnya memberi reputasi
sesuatu yg patut diteladani.
Rasulullah Sangat Menjaga Perasaan Orang Kafir


Rasulullah Sangat Menjaga Perasaan Orang Kafir

profile-picture
profile-picture
profile-picture
general.maximus dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
gak ikut komen.
Ane dah murtad duluan.
emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan pasti2periode memberi reputasi
Balasan post theJizyah
@theJizyah ane kira nabi yg di arab ga fulang2 ya akhi
Balasan post mimicat
Balasan post spotify.user
Quote:


emoticon-Mewek
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
yg gak mau hidup berdampingan ya pindah negara aja.
Balasan post pasti2periode
Quote:


Gada larangan d pimpin oleh kafir.. emoticon-Malu (S)

Yang bener jangan menjadikan kafir menjadi pemimpin.. emoticon-Malu (S)

Buat gw.. Artinya pemimpin itu ga punya atasan selain Rasul dan Allah.. kalo masih punya atasan selain Rasul dan Allah ya bukan pemimpin namanya.. emoticon-Malu (S)

Makanya gubernur buat gw bukan pemimpin.. ini menurut gw.. bodo amat ma pendapat lo semua.. emoticon-Malu (S)

emoticon-Ngacir
emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
unfuck.8 dan agh05t memberi reputasi
Islam yg diajarkan oleh Rasulullah itu indah...

Taat beragama, menjauhi segala hal yg ditentang, menjauhi segala kemaksiatan...

Bertutur kata sopan dan halus, melarang berkata kasr, menghina, dan mencaci maki...

Memiliki akhlak yg mulia, sifat yg lembut, lebih mengutamakan akal ketimbang otot, tidak mudah emosi...


Fpi, hti, pa212, dan konco2nya, mereka menghancurkan harga diri Islam dengan segala tindakan dan perkataan mereka yg sangat bertentangan dengan ajaran Rasulullah SAW


Mana ada orang yg mengaku ulama ngomong kasar, mencaci, menghina, provokasi, mesum, bikin rusuh ?


Itu mah bukan ulama, tapi mengaku sok ulama, alias ulama kw

emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iwena dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh prince.cerberus
Balasan post valkyr1
@valkyr1

berarti harus revisi
perjelas mksdnya
jgn multi tafsir

emoticon-Traveller
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di