alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Musim Baru, Peraturan Baru, Inilah Perubahan Yang Akan Terjadi Di Kompetisi EPL
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4b978228c9910a362b20d0/musim-baru-peraturan-baru-inilah-perubahan-yang-akan-terjadi-di-kompetisi-epl

Musim Baru, Peraturan Baru, Inilah Perubahan Yang Akan Terjadi Di Kompetisi EPL

Kompetisi Liga Primer Inggris atau EPL akan dimulai pada hari Sabtu, 10 Agustus 2019, dengan pertandingan perdana akan terjadi antara Liverpool melawan Norwich City pukul 02.00 WIB. Sebagai salah satu kompetisi sepak bola terbesar di dunia, para penggemar akan merasa gembira setelah lama menanti kembalinya pertandingan menarik di layar kaca. Walaupun ada beberapa pertandingan dan kompetisi pramusim saat liburan 3 bulan lalu, terasa ada perbedaan besar karena kurang kompetitif dan tidak semua pemain inti bermain. Penggemar merindukan kembalinya aksi-aksi para bintang yang dapat menghibur. Kini penantian tersebut akan berakhir, namun ada beberapa hal baru yang patut diperhatikan.

Baca juga :
- Wasit Terkenal EPL Berpesta Dengan Wanita Di Batam
- Presiden Klub Sepak Bola Ini Perintahkan Hooligan Serang Pemainnya Saat Berlatih
- Mirip Superhero! Inilah Pesepak Bola Yang Menjadi Pahlawan Di Dunia Nyata
- Jurgen Klopp Rekrut Peselancar Profesional Untuk Atasi Stres Pemain Liverpool

Musim Baru, Peraturan Baru, Inilah Perubahan Yang Akan Terjadi Di Kompetisi EPLEPL Musim 2019-20 (eurosport.com)

Selain munculnya 3 klub baru yang promosi dari Divisi Championship, datangnya pemain yang baru ditransfer dari klub lain, ada juga peraturan baru di pertandingan EPL musim ini. Peraturan ini dibuat oleh International Football Association Board (IFAB) yang merupakan badan yang melakukan standarisasi peraturan di pertandingan sepak bola. Badan yang bermarkas di kota Zürich, Swiss, telah mengumumkan beberapa peraturan baru yang akan mulai diterapkan di Liga Primer Inggris. Perubahan ini dimulai sejak tanggal 1 Juni 2019, jadi mungkin anda sempat melihatnya di beberapa pertandingan pramusim. Seperti apa peraturan tersebut? Yuk kita lihat penjelasannya di bawah.

Musim Baru, Peraturan Baru, Inilah Perubahan Yang Akan Terjadi Di Kompetisi EPLPeraturan baru EPL 2019-20 (dailymail.co.uk)

1. Musim pertama VAR diberlakukan di Inggris

Musim Baru, Peraturan Baru, Inilah Perubahan Yang Akan Terjadi Di Kompetisi EPLVideo Assistant Referee (dailymail.co.uk)

Video Assistant Refereeatau VAR bukan merupakan sesuatu yang asing, karena para penggemar sepak bola telah sering melihatnya saat dicoba di beberapa kompetisi sejak tahun 2018. Kini fitur ini akan diluncurkan untuk pertama kalinya di EPL, dan akan memberi keputusan tentang situasi yang mengandung "kesalahan yang jelas dan nyata", serta "insiden yang luput terlihat" misalnya gol, keputusan penalti, kartu merah, atau kesalahan identitas dalam pemberian hukuman.

Musim Baru, Peraturan Baru, Inilah Perubahan Yang Akan Terjadi Di Kompetisi EPLMonitor VAR (riddle.com)

Jika dahulu penggemar sepak bola bisa menyalahkan dan mengkritik wasit yang memberi keputusan yang tidak tepat, kini mereka harus menujukan kepada tim yang berisi juri yang mengawasi monitor VAR. Artinya terjadinya kesalahan keputusan mungkin akan semakin kecil, karena lebih banyak orang yang mengawasi. Namun efek negatif dipakainya VAR adalah alur pertandingan menjadi tidak lancar karena akan banyak terjadi interupsi.

2. Liburan tengah musim pertama di EPL

Musim Baru, Peraturan Baru, Inilah Perubahan Yang Akan Terjadi Di Kompetisi EPLHore liburan! (premierleague.com)

EPL dikenal sebagai salah satu kompetisi sepak bola yang tersibuk dan terkeras di dunia. Saat kompetisi negara lainnya mempunyai masa liburan tengah musim atau mid-season player break, pemain di tim EPL harus melupakan masa liburan dan terus bermain. Tapi kini masa liburan tersebut akan diterapkan untuk pertama kalinya di negara tersebut, setelah FA, Premier League, dan EFL, melakukan persetujuan di bulan Juni 2018 lalu. Masa liburan tersebut akan terjadi di putaran ke 26 sekitar bulan Februari 2020, dan akan berlangsung selama 2 minggu. Dengan adanya masa liburan ini, diharapkan tim EPL dapat lebih segar dalam berkompetisi di turnamen Eropa seperti Liga Champions atau Europa League.

3. Tak boleh ada pemain lawan di tembok saat tendangan bebas

Musim Baru, Peraturan Baru, Inilah Perubahan Yang Akan Terjadi Di Kompetisi EPLTembok pemain saat tendangan bebas (dailymail.co.uk)

Peraturan baru mengatakan bahwa kini tidak boleh ada pemain lain selain pemain tim yang bertahan di sekitar tembok saat berlangsung tendangan bebas. Jika tembok tersebut berisi tiga pemain atau lebih, tak boleh ada pemain lawan di sekitar satu yard (0,914 meter) di daerah tersebut. Biasanya rekan penendang akan berusaha masuk dan mengganggu tembok agar terjadi lubang yang dimanfaatkan, namun kini hal tersebut tak bisa dilakukan lagi. Jika peraturan ini dilanggar, letak bola untuk tendangan bebas akan dimajukan ke daerah tembok pemain sehingga lebih dekat ke gawang.

4. Pemain bertahan bisa menerima bola goal kick di dalam kotak penalti

Musim Baru, Peraturan Baru, Inilah Perubahan Yang Akan Terjadi Di Kompetisi EPLMenerima bola goal kick (bbc.co.uk)

Sebelumnya peraturan mengatakan saat terjadi goal kick, semua pemain harus berada di luar kotak penalti untuk menerima bola dari kiper. Namun kini peraturan tersebut telah dirubah, pemain bertahan bisa menerima bola dari kiper di dalam kotak penalti, sedangkan pemain lawan tetap harus di luar. Peraturan baru ini akan sangat membantu tim yang sering membangun penyerangan dari dekat gawang seperti klub Manchester City serta Liverpool.

5. Pemain harus keluar dari titik terdekat saat diganti

Musim Baru, Peraturan Baru, Inilah Perubahan Yang Akan Terjadi Di Kompetisi EPLPergantian pemain (bbc.co.uk)

Sering terlihat beberapa pemain yang sengaja memperlambat jalan saat diganti, dengan tujuan mengulur waktu, apalagi saat timnya menang. Kini hal tersebut bisa diminimalisir setelah terdapat peraturan baru ini. Saat terjadi pergantian pemain, pemain yang ditarik keluar tidak harus berjalan ke tepi lapangan yang jauh untuk menghampiri ofisial dan pemain yang baru masuk di technical area. Kini dia diharuskan keluar dari lapangan dari titik terdekat, sama seperti saat pemain sedang cedera. Setelah keluar dari lapangan, dia dapat berjalan ke ruang ganti tanpa mengganggu jalannya pertandingan. Ada peraturan tambahan yaitu dia harus langsung menghampiri ruang ganti dan tak boleh berinteraksi dengan penonton atau pemain lain jika tidak mau dikenakan sanksi.

6. Wasit dapat menunda pemberian kartu kuning dan merah

Musim Baru, Peraturan Baru, Inilah Perubahan Yang Akan Terjadi Di Kompetisi EPLDapat menunda pemberian kartu (dailymail.co.uk)

Kadang penonton gemas karena wasit meniup peluit dan memberhentikan pertandingan untuk memberikan kartu saat terjadi kesempatan mencetak gol. Akibatnya kesempatan tersebut hilang, dan sebuah tim harus membangun serangan lagi dari awal. Kini hal tersebut juga akan diminimalisir setelah terjadi perubahan peraturan. Wasit dapat menunda pemberian kartu kuning dan merah setelah terjadi pelanggaran, apalagi saat akan terjadi tendangan bebas. Pemberian kartu bisa dilakukan setelah tendangan bebas dilakukan.

7. Saat tendangan penalti, salah satu kaki kiper harus menginjak garis

Musim Baru, Peraturan Baru, Inilah Perubahan Yang Akan Terjadi Di Kompetisi EPLKaki kiper tidak menginjak garis (dailymail.co.uk)

Salah satu cara kiper menghadang tendangan penalti adalah dengan sengaja maju untuk mempersempit sudut tembakan. Untuk melakukan hal itu, kadang kiper sengaja berada lebih jauh dari gawang. Namun kini mereka tak boleh melakukannya lagi setelah peraturan baru ini diumumkan. Mulai musim 2019-20, kiper di EPL harus berdiri dekat garis gawang dengan minimal satu kaki menginjak garis tersebut. Jika kiper meninggalkan garis sebelum bola ditendang, akan dilakukan tendangan ulang.

8. Manajer dan pelatih dapat diberi kartu kuning dan merah

Musim Baru, Peraturan Baru, Inilah Perubahan Yang Akan Terjadi Di Kompetisi EPLManajer diberi kartu merah (dailymail.co.uk)

Sebelumnya banyak manajer yang diberi kartu merah dan harus meninggalkan bangku cadangan, namun kini pelatih atau staf lainnya juga dapat diberi kartu oleh wasit. Ada lagi peraturan baru yang mengatakan jika terjadi tawuran antar pemain dan provokator atau penyebabnya tak dapat diidentifikasi, staf paling senior dari tim tersebut akan diberi kartu. Juga jika salah satu staf melakukan tindakan tidak terpuji, manajer dapat diberi kartu.

9. Peraturan baru handball

Musim Baru, Peraturan Baru, Inilah Perubahan Yang Akan Terjadi Di Kompetisi EPLHandball di Final Liga Champions 2019 (dailymail.co.uk)

Ada beberapa peraturan baru yang memperjelas detail pelanggaran saat terjadi handballdi dalam kotak penalti. IFAB mengatakan bahwa tangan atau lengan di atas bahu adalah situasi handball yang disengaja, dan akan mendapat hukuman tendangan penalti atau tendangan bebas sesuai kondisi. Hal ini terjadi karena tangan atau lengan tidak berada dalam "letak yang tidak alami". Namun perkecualian akan diberikan jika bola terpantul dan tidak langsung mengenai tangan atau lengan. Selain itu, sebuah gol yang tercipta dari sentuhan tangan atau lengan, walaupun tidak disengaja, akan dianulir.

10. Drop ball tak boleh dihalangi lawan

Musim Baru, Peraturan Baru, Inilah Perubahan Yang Akan Terjadi Di Kompetisi EPLDrop ball (trollfootball.me)

Wasit sering memberhentikan lawan saat seorang pemain cedera kesakitan, dan memberi kesempatan kepada staf medis untuk masuk lapangan. Setelah itu, akan dilakukan drop ball, dan bola diberikan kepada tim yang terakhir menguasainya. Namun ada beberapa tim yang terlalu kompetitif dan menghalangi tim lawannya agar dapat menguasai bola secepat mungkin. Kini peraturan baru mengatakan bahwa saat terjadi drop ball, tim lawan tak boleh mengganggu dan merebut bola. Pemain lawan harus berada minimal 4 meter dari bola. Jika terjadi di kotak penalti, bola akan diberikan kepada kiper.

11. Pilihan lebih banyak saat lempar koin

Musim Baru, Peraturan Baru, Inilah Perubahan Yang Akan Terjadi Di Kompetisi EPLLempar koin (yahoo.com)

Lempar koin adalah hal yang pertama dilakukan sebelum bertanding, untuk memilih gawang sebelah mana yang akan mereka serang. Tim yang kalah dalam lempar koin akan melakukan serangan pertama. Namun kini peraturan baru mengatakan bahwa kapten tim yang menang adu lempar koin, bisa memilih antara arah gawang yang akan diserang, atau melakukan penyerangan pertama.

Referensi :

- Dailymail.co.uk/sport/football/article-7326299/The-rule-changes-coming-Premier-League-season.html

- Bbc.co.uk/newsround/49236534
Diubah oleh Dragon
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di