alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / The Online Business /
Menata Dunia Pemasaran Influencer yang Kian Berkembang Pesat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4b968aa72768413241d621/menata-dunia-pemasaran-influencer-yang-kian-berkembang-pesat

Menata Dunia Pemasaran Influencer yang Kian Berkembang Pesat

Awal 2015. AirBnB meluncurkan serial konten influencer yang menampilkan berbagai opinion leader, kreatif, dan pakar di kota-kota utama Perancis. Dalam content itu. mereka berbagi pandangan tentang pengalaman yang mereka dapatkan di tempat-tempat mereka tinggal atau pernah tinggal.

Sebagai contoh, di Paris. Airbnb bekerja dengan penulis makanan dan traveler dua bahasa local Clotilde Dusoulier untuk menulis posting blog "Local Lens" tentang 10 pengalaman wisata kuliner di Paris. Dia lalu merekomendasikan tempat-tempat berbelanja kue-kue dan baguette terbaik di Paris.

Menata Dunia Pemasaran Influencer yang Kian Berkembang Pesat

Akhir 2015, sebagai bagian dan kampanye ”Night At" dan untuk mendukung rencana ekspansinya ke Korea Selatan, Airbnb bekerjasama dengan kelompok K-Pop sensational G-Dragon. Mereka mengadakan kontes di mana pemenang yang beruntung dapat menghabiskan dua malam di studio rekamannya di iantung kota Seoul. Kampanye ini menyebabkan kehebohan di media social dan perhatian media tradisonal. serta lonjakan pendaftaran pengguna Airbnb di Korea.

Tahun 2016. tim Airbnb di London merancang pengalaman eksklusif mengunjungi sebuah townshouse di London. Disini pengunjung dapat datang dan menikmati makanan dan musik lokal. Tujuannya adalah untuk menunjukkan kepada para pelancong tentang "the Real London" yang tidak ditemukan dalam buku panduan wisata.

Untuk kampanye itu, AianB mengerahkan 25 infuencers lokal untuk memperkuat publisitasnya di media sosial. Sementara 1400 tamu mengunjungi townhouse selama empat hari, terdapat jutaan orang menonton dan mempelajari event itu secara online. Itu merupakan hasil dari keterlibatan infuencer.

Infuencer lokal ini, baik selebritis maupun orang biasa yang memiliki keterlibatan tinggi di jejaring media, membuka pintu bagi AirBnB masuk ke pasar dl seluruh dunia. Mengapa Airbnb harus memberi tahu pelanggan secara langsung tentang baiknya layanan mereka? Mengapa AirbnB memilih influencer lokal untuk berbicara tentang keaslian destinasi?

Menata Dunia Pemasaran Influencer yang Kian Berkembang Pesat

Menurut Brian Chesky, salah satu pendiri dan CEO Airbnb, awal 2011 AirBnB masih dikenal sebagai perusahaan Amerika. Mereka lalu melihat bahwa pasar internasional sangatlah penting. Kenapa? AirbnB adalah perusahaan traveling. Tidak cukup hanya menjadi internasional dengan cara seperti menelepon Anda yang tidak memiliki email, AirBnB memang harus menjadi internasional dan menjadi jaringan perjalanan global. Untuk itulah, strategi yang digunakan Airbnb adalah meniadikan infuencer lokal sebagai pencipta merek asing menjadi merek lokal. Itulah perbedaannya.

Pengelola infiuencer marketing perlu memahami bagaimana memanfaatkan platform media sosial dan menyesuaikan konten dengan baik untuk budaya mereka masing-masing untuk melibatkan konsumen di pasar rumah mereka.

Dunia pemasaran influencer yang kian berkembang pesat perlu ditata, dengan cara mengidentifikasi influencer yang tepat dan menentukan level pengaruhnya. Bukan hanya soal membayar selebritas daring yang nilainya cukup besar untuk memposting konten yang disponsorinya.

Pada akhirnya, orang ingin belajar dari rekan yang dipercaya. bukan perusahaan tanpa wajah. Lebih baik daripada fungsi pemasaran perusahaan. Para pemimpin bisnis harus mempersenjatai diri dengan kemampuan ini untuk memastikan mereka tidak ketinggalan.

Menata Dunia Pemasaran Influencer yang Kian Berkembang Pesat


Spoiler for Referensi:


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di