alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Cara Menkominfo Ramaikan Industri eSports Tanah Air
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4b907fa2d195273142dd62/cara-menkominfo-ramaikan-industri-esports-tanah-air

Cara Menkominfo Ramaikan Industri eSports Tanah Air


Cara Menkominfo Ramaikan Industri eSports Tanah Air


VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara terus memberikan dukungan kepada perkembangan eSports di Tanah Air melalui beragam instrumen. Menurutnya, eSports bukan sekadar permainan tapi sudah menjadi ajang profesional.


“Ini peluang bagi Indonesia. Tidak hanya untuk mengembangkan game lokal tapi menjadi wadah bagi anak muda kita mengukir prestasi eSports di level internasional,” ungkap dia, lewat keterangannya, Rabu, 7 Agustus 2019.


Lebih lanjut Rudiantara menyampaikan bahwa dalam urusan games dan eSports, peran pemerintah lebih sebagai fasilitator dan akselerator, bukan sebagai regulator.


Cara Menkominfo Ramaikan Industri eSports Tanah Air


“Satu-satunya regulasi yang diterbitkan Kominfo terkait games hanya Permenkominfo No 11 Tahun 2016 tentang Klasifikasi Umum Permainan Interkatif Elektronik. Ini menunjukkan bahwa pemerintah ingin industri games dan eSports berkembang cepat," katanya.



Berdasarkan laporan yang dirilis Newzoo, Indonesia menjadi salah satu pasar video game terbesar di Asia Pasifik, dengan angka mencapai US$941 juta (sekitar Rp13 triliun). Melihat angka tersebut, bukan hal mengherankan apabila industri eSports juga ikut berkembang pesat.



eSports adalah permainan video game yang bersifat kompetitif. Apabila sebelumnya eSports identik dengan game untuk PC dan konsol, kini telah menjamah ranah game mobile.

Selain itu, Rudiantara juga berencana menjadi pembicara utama dalam The International 9th di Games Land Party (GLP) 2019 yang akan digelar di Surabaya, Jawa Timur, pada 24-25 Agustus 2019, sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam perkembangan eSports.


Cara Menkominfo Ramaikan Industri eSports Tanah Air

Direktur Pengembangan Bisnis PT Electronic Sports Indonesia, Christian Suryadi, menyebut Games Land Party (GLP) 2019 akan diikuti lebih dari 10 ribu pengunjung dan menjadikan ajang ini sebagai kopi darat semua komunitas gamers terbesar yang diadakan di Indonesia tahun ini.



"Yang menarik dari eSports adalah mayoritas game yang dipertandingkan membutuhkan kerja sama dan kolaborasi berbagai karakter dengan sebuah tujuan dan objektif yang sama, yaitu juara," ujar Christian.

Menurut pria yang telah berkecimpung di dunia eSports selama 13 tahun ini menambahkan Games Land Party 2019 adalah event yang diadakan sebagai wadah berkumpulnya para gamers dari berbagai platform sekaligus.

Hal ini juga menunjukkan bahwa eSports adalah salah satu industri baru yang berkembang dengan pesat, baik dari sisi ekonomi maupun sosial.

“Ajang ini kami hadirkan untuk memberikan wadah bagi pelanggan yang mencintai game dan eSports serta sebagai salah satu upaya kami untuk membangun ekosistem digital entertainment lifestyle bagi masyarakat Indonesia. Kami ingin para gamers Tanah Air saling berinteraksi dan berbagi pengetahuan dan pengalaman," paparnya.

SUMURRRR
profile-picture
falin182 memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Moba analog mainan bocah emoticon-Ngakak

Moba kok beli hero pay to win
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan skiesman memberi reputasi
hmmmmm ...
susunya neng kimi salah satu daya tarik esports lho
knapa diributin
apa biar rame??
hmmm... gua tidak heran kalau disini,, ada id yg saking bencinya sama mnkeminfo,, sampai pengen nyantet tuh menteri... emoticon-Smilie
profile-picture
skiesman memberi reputasi
Diubah oleh cellato
bulan lalu, lihat penyisihan SEA untuk TI 9

team indo, boom id vs mineski, baru menang 1x di babak regu, para netizen 62 langsung menghina mineski di live chat

abis itu giliran boom id yang dibantai ama team lain, langsung ilang tuh para netizen 62

gile kita bangsa besar di SEA, ga menghasilkan satu pemain dota 2 yang mampu maen di TI

malay, sing, ama filipina bahkan teamnya udah ada yang lolos masuk TI

selama mental kita yang menganggap game itu cuma buang2 waktu dan permainan anak kecil, ga usah ngarap lihat nama team indo di ajang esport international

profile-picture
profile-picture
Can354dra dan nievmizzet memberi reputasi
Lihat 1 balasan
beritanya esports mulusnya kimi hime emoticon-Leh Uga
besok mulustrasi lebih dari 15. emoticon-Cool
mendukung eSport perlu berbenah dari sisi infrastruktur (kecepatan dan coverage internet misalnya) kemudian didukung event2nya..
setuju sama agan di atas, jika masih dianggap sebagai "game buat bocah / buang2 waktu dsb" ga akan maju eSport di Indonesia

btw, izin memperkenalkan salah satu eSport favorit ane:

MTG Arena

Sejauh ini MTG Arena masih dalam tahap PC mode.. semoga dalam waktu (sangat) dekat, sudah bisa merambah iPad/Tablet Android dan tentunya mobile phone (ga yakin karena ukuran layar)

kapan nih setiap 17-an ada cabang esport juga di tiap rw atau kelurahan... atau bisa jadi ada piala presiden lah.. jamannya udah berubah lah, dulu kompak, teamwork di lapangan, sekarang bisa kompak di gadget atau dunia maya
emoticon-Hammer2
Diubah oleh capcayster
kimi hime jos


Quote:


TI9 itu apaan bre ?
Maklum saia mbah2 emoticon-Hammer
Esport tanpa Hime, bayangkan..
kimi hime bakal jadi menkominfo breeemoticon-Leh Uga
Balasan post tpenoel
Quote:


Makanya nntn di twitch lah bebas netijing 62


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di