alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Serikat Pekerja PLN Tolak Gaji Dipotong untuk Kompensasi Listrik Mati
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4b73ac0577a975486d5eb0/serikat-pekerja-pln-tolak-gaji-dipotong-untuk-kompensasi-listrik-mati

Serikat Pekerja PLN Tolak Gaji Dipotong untuk Kompensasi Listrik Mati

Katadata Reporter Ameidyo Daud Upload Date & Time
Diterbitkan 15.24, 07/08/2019

Serikat Pekerja PLN Tolak Gaji Dipotong untuk Kompensasi Listrik Mati
INSTAGRAM/PLN.ID

Serikat Pekerja PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) menolak pemotongan gaji dan bonus karyawan sebagai bentuk kompensasi kepada pelanggan atas matinya listrik pada hari Minggu (5/8) dan Senin (6/8) di sebagian wilayah Jawa. Direksi PLN sebelumnya menyatakan pembayaran kompensasi listrik mati sebesar Rp839 miliar dengan memotong gaji 40 ribu karyawan secara tanggung renteng.

Ketua Umum Serikat Pekerja PLN Eko Sumantri beralasan pemotongan gaji karyawan berpotensi melanggar sejumlah aturan. Di antaranya Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

"Saya sangat yakin pekerja tidak setuju gaji dipotong, potensi melanggar UU," kata Eko kepada Katadata.co.id, Rabu (7/8).

Eko merujuk pada Pasal 93 UU 13 Tahun 2003 serta Pasal 24 PP 78 Tahun 2015 yang mengatur upah tidak dibayarkan hanya jika pekerja tidak melakukan pekerjaan. Dalam Pasal 24 PP 78 juga menyebut pekerja yang tidak bekerja karena sakit, menikah, hingga mengambil hak istirahat juga tetap harus dibayar upahnya.

"Ada perlindungan upah dalam PP," kata dia.

Eko menganggap pernyataan pemotongan gaji hanya baru terlontar dari Direktur Pengadaan Strategis 2 Djoko Rahardjo Abumanan. Ia menjelaskan pemberian gaji di PLN sudah memiliki prosedur sendiri. "Kami belum klarifikasi, mungkin hanya spontanitas dari salah satu direksi," ujarnya.

Alih-alih memotong gaji, dia juga menyarankan manajemen PLN mengambil sumber kompensasi dari tempat lain yang tidak melanggar aturan. "Persisnya kami belum tahu, tapi tidak diambil dari hak pekerja," kata dia.

Djoko sebelumnya menjelaskan PLN tak memiliki sumber dana untuk membayar kompensasi pemadaman listrik, selain dari memotong gaji karyawan. PLN tak dapat menggunakan dana Penanaman Modal Negara (PMN) 2019 sebesar Rp6,5 triliun dari pemerintah. Apalagi menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dana PMN dan APBN tersebut hanya dapat digunakan untuk investasi dan biaya operasional. "PMN itu untuk investasi pembangunan, tidak boleh (bayar kompensasi), apalagi APBN," kata Djoko.

Serikat Pekerja PLN Tolak Gaji Dipotong untuk Kompensasi Listrik Mati

Kompensasi pengurangan tagihan listrik kepada konsumen mengacu Peraturan Menteri ESDM Nomor 27 Tahun 2017 tentang tingkat mutu pelayanan dan biaya yang terkait dengan penyaluran tenaga listrik oleh PLN.

Dalam Pasal 6 disebutkan sejumlah indikator mutu pelayanan tenaga listrik yaitu, lama gangguan, jumlah gangguan, kecepatan pelayanan perubahan daya tegangan rendah, kesalahan pembacaan kilowatt hour (kWh) meter, waktu terkoreksi kesalahan rekening, dan kecepatan pelayanan sambungan baru tegangan rendah.

Ada pun bagi golongan yang terkena penyesuaian tarif listrik atau tariff adjustment akan mendapatkan pengurangan sebesar 35% dari tagihan listrik. Sedangkan, bagi konsumen golongan yang tidak terkena penyesuaian tarif akan mendapatkan pengurangan sebesar 25% dari total tagihan listrik.

Meski demikian, PLN juga memberi kompensasi kepada pelanggan prabayar dengan menyetarakan potongan sesuai golongan tariff adjustment. Potongan lantas akan diberikan pada saat pembelian token selanjutnya. "Dapat dilihat pada bukti pembelian token bagi yang prabayar," kata Plt Direktur Utama PLN yakni Sripeni Inten Cahyani beberapa hari lalu.

sumbre

Spoiler for tambahan:
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
hmmmmm...
menyelesaikan masalah dengan masalah
emoticon-Big Grin
profile-picture
codot.1 memberi reputasi
bonusnya di ilangin emoticon-Big Grin

yang wajib khan gaji menurut UU
bonus gak wajib emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
codot.1 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


bener bonus nya diilangin slamanya emoticon-2 Jempol
profile-picture
codot.1 memberi reputasi
Bener mending ga usah digaji aja.
enak aja kemaren mati listrik mau digaji.

oh iya sekalian itu swasta juga kasih perizinan biar bisa jual listrik ke konsumen rumahan.
biar PLN dungu-dungu ini ga keenakan monopoli emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
codot.1 dan masmomon memberi reputasi
Ini sih cuma pemilihan bahasa aja, agar terkesan berkorban untuk ganti rugi.

Ngga mungkin lah motong gaji pegawai, karena bisa melanggar UU tenaga kerja. Palingan bonus atau remunerasi akhir tahun nanti yg akan dikurangi. Kalo ini ya wajar aja, perusahaan kan ngitung bonus berdasarkan profit. Kalo profitnya berkurang karena alasan apapun, pasti nominal bonusnya juga berkurang.
profile-picture
codot.1 memberi reputasi
Quote:


coba diitung pabrik ga bisa produksi, rmh makanan pada basi dikulkas, dagang online, ojek online mati smua 1 harian kerugian konsumen yg diderita parahhh......emoticon-Cape d...
profile-picture
codot.1 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Serikat Pekerja PLN Tolak Gaji Dipotong untuk Kompensasi Listrik Mati
profile-picture
codot.1 memberi reputasi
Balasan post musafhir
Quote:


iya gan banyak banget kerugiannya.
contohnya aja sobat gw yg punya toko ikan hias.
ikan-ikan harga jutaan banyak yg mati, kan kampret bener mati listrik nya selama itu.
Quote:
.

dengan kemajuan teknologi kayak sekarang masih mau ngeles?
kalo ga mampu ya udah kasih jalan ke swasta, bukan monopoli terus dan bahkan dijadikan ladang korupsi kayak yg dilakukan dirut nya!

profile-picture
codot.1 memberi reputasi
Tunjangan jabatan yang dipotong
profile-picture
codot.1 memberi reputasi
Mestinya kemarin ngomong: akan dipotong dari profit PLN.
Meskipun ujung2nya mengurangi bonus pegawai, setidaknya mengurangi miskomunikasi
profile-picture
codot.1 memberi reputasi
Serikat Pekerja PLN Tolak Gaji Dipotong untuk Kompensasi Listrik Mati

rompi yang dipakai kok sepertinya mengingatkan sesuatu yang mirip. emoticon-Takut
profile-picture
codot.1 memberi reputasi
bayar gk subsidi, telat diputus listrik giliran kompensasi mumet gini kok bumn mau go internasional
profile-picture
codot.1 memberi reputasi
pantesan brengsek
buruh lebih berkuasa daripada direksi / komisaris
profile-picture
codot.1 memberi reputasi
belum jelas skemanya.
profile-picture
codot.1 memberi reputasi


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di